Sabtu 17 Agustus 2019, 18:54 WIB

Mahfud MD Anggap Ide RI Bersyariah Berlebihan dan Picu Konflik

Melalusa Susthira K | Politik dan Hukum
Mahfud MD Anggap Ide RI Bersyariah Berlebihan dan Picu Konflik

MI/Pius Erlangga
Mantan Ketua MK Mahfud MD

 

KETUA Umum Gerakan Suluh Kebangsaan Mahfud MD menyebut gagasan untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara syariah sebagai berlebihan. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut justru menilai Indonesia sudah bersyariah.

"Kalau ada ide Indonesia bersyariah itu berlebihan, karena Indonesia ini tanpa dikatakan pun sudah bersyariah. Bersyariah itu apa sih artinya? Bersyariah itu percaya pada agama Islam sebagai agama tauhid," ujar Mahfud di Jakarta, Jumat (16/8).

Baca juga: FPR Tolak Usulan NKRI Bersyariah

Menurut Mahfud, penyebutan Indonesia negara syariah suatu konsep yang percuma dan akan memantik konflik sosial di tengah masyarakat. Mahfud pun lantas menganalogikan penyebutan Indonesia negara syariah seperti memasang pengumuman menjual ikan di dalam pasar ikan.

"Karena kalau menyebut Indonesia bersyariah itu sama dengan memasang plang 'kami menjual ikan' di dalam pasar ikan. Jadi yang dijual ikan, enggak usah ditulis penjual ikan. Itu berlebihan, bagi orang tertentu itu menimbulkan emosi," tegas Mahfud.

Lebih lanjut, Mahfud menjelaskan, bersyariah dimaksudkan dalam kehidupan bernegara di Indonesia banyak terkandung pengimplementasian dari nilai-nilai kebaikan dalam Islam yang menjunjung tinggi toleransi.

"Hidup saling menghormati, hidup itu harus antikorupsi, penegakan hukum dengan adil, hidup itu harus melindungi, dan sebagainya itu syariah," imbuhnya.

Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) tersebut menceritakan dalam dialog-dialognya dengan para tokoh bangsa, seluruhnya sependapat berharap agar negara Indonesia tetap terpelihara sebagai negara kebangsaan yang aman dan nyaman.

"Religious nation state, negara kebangsaan yang berketuhanan, jadi bukan beragama tertentu. Jadi seluruhnya harus rukun dan damai meskipun agamanya beda seperti dulu negara yang dibangun Nabi Muhammad," pungkas Mahfud. (X-15)
 

Baca Juga

MI/ADAM DWI

JK Sebut Pindahnya IKN Beri Otonomi Daerah Lebih Baik

👤Lina Herlina 🕔Kamis 27 Januari 2022, 17:47 WIB
Otorita adalah pemerintah daerah setingkat provinsi, tempat penyelenggaraan ibu kota negara, yang sama halnya dengan pembentukan provinsi...
Dok.MI

PDI Perjuangan Ajukan Ahok untuk jadi Kepala Otorita IKN

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 27 Januari 2022, 16:35 WIB
Terkait pengajuan Ahok sebagai calon Kepala Otorita IKN di Kalimantan, kata Hasto, semua hal itu disampaikan dalam dialog antara Presiden...
MI/Cri Qanon Ria Dewi

Kemenag Libatkan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Awasi Lembaga Amil Zakat

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 27 Januari 2022, 16:10 WIB
Tarmizi mengatakan langkah sinergi ini dibuat untuk mencegah kasus seperti Lembaga Amil Zakat Abdurrohman Bin Auf (LAZ ABA) kembali...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya