Selasa 09 Juli 2019, 12:23 WIB

Rekatkan Kembali Persaudaraan Pascapilpres 2019

Eni Kartinah | Politik dan Hukum
Rekatkan Kembali Persaudaraan Pascapilpres 2019

Istimewa
Para ibu membawa spaduk yang mendukung persatuan Indonesia.

 

Pengurus Ma'arif Institute, Muhammad Sofyan, mengajak umat Islam untuk bersatu kembali pascapemilihan presiden 2019 yang memanas. Karena itu, persaudaran yang sempat merenggang harus kembali direkatkan.  

"Persaudaraan sesama manusia, manusia sebagai satu keturunan yang sama yakni Adam dan Hawa. Pasca pilpres kemarin yang membuat kita terpecah harus kembali merekatkan ukuwah Islamiah," ungkap Sofyan di Jakarta, Selasa (9/7).

Terkait hubungan persaudaraan di masyarakat yang meregang, Sofyan dan Direktur Student Peace Institute Doddy Abdallah bersama ratusan emak-emak se-Jabotabe menggelar acara pengajian di Gedung Joeang 45, Jakarta, Jumat (5/7) lalu.
 
"Kita tau selesai pilpres, polarisasi di masyarakat masih sangat keras. Itu sebabnya kita undang ibu-ibu. Kita berharap mereka pulang bisa berbicara dengan keluarga mereka. Kepada suami dan anak-anak mereka tentang pentingnya menjaga kedamaian dan persatuan," ujar Direktur Student Peace Institute Doddy Abdallah.

Setelah pengajian dilanjutkan dengan deklarasi dengan tema 'Memperteguh Ukhwah Islamiyah & Ukhwah Wataniyah Pasca Pilpres 2019'. Dalam kegiatan pengajian tersebut, para ibu mendengarkan ceramah mengenai pentingnya persatuan dan  menghindari ujaran kebencian.

'Kami Emak-emak pendukung Jokowi-Amin dan Prabowo-Sandi mendukung rekonsiliasi demi Persatuan Indonesia' demikian kalimat yang tertera pada spanduk yang dibentangkan ibu-ibu saat deklarasi.

"Saya ke sini mau damai, saya berharap antara 01 dan 02, bisa bersama-sama lagi", ungkap Niar, 59, warga Cikini, Jakarta Pusat yang merupakan pendukung pasangan capres 02 pada pilpres lalu. (OL-09)

 

Baca Juga

Medcom

Tindaklanjuti Pemilu 2024, Komisi II Agendakan RDP dengan KPU

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 04 Juli 2022, 04:45 WIB
“RDP nanti terkait dengan rancangan Peraturan KPU (PKPU), pendaftaran, verifikasi, dan penetapan calon partai politik (parpol)...
Dok pribadi

Leter C Kerap Jadi Alat Bukti Kendati Tidak Ada yang Asli

👤Media Indonesia 🕔Minggu 03 Juli 2022, 22:50 WIB
KASUS perdata yang menyangkut masalah pertanahan tak lepas dari masih digunakannya alat bukti hak-hak lama seperti Leter C atau...
Antara

KPU Berkomitmen Perkuat Literasi Pemilih

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 03 Juli 2022, 22:09 WIB
Menurut Komisioner KPU, Idham Holik, pendidikan pemilih itu merupakan hak politik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya