Senin 11 Juli 2022, 21:37 WIB

Kiat Berkendara Motor Matik di Jalan Perbukitan

RO | Otomotif
Kiat Berkendara Motor Matik di Jalan Perbukitan

ASTRA HONDA MOTOR
.

 

BERKENDARA di jalanan dengan tanjakan terjal ataupun turunan curam di kawasan perbuklitan tidak sama dengan lalu litas sehari-hari di perkotaan. Pemotor tidak hanya dituntut meningkatkan kewaspadaan namun juga keterampilan dan kesabaran, terutama pengguna motor matik. 

Pada dasarnya, berkendara menggunakan sepeda motor matik berbeda dengan sepeda motor yang menggunakan kopling. Sepeda motor tipe sport atau bebek (cub) ketika melewati jalur turunan dapat memanfaatkan engine brake dengan memposisikan gigi rendah untuk membantu mengurangi kecepatan. Hal itu tentu tidak bisa dilakukan di motor matik.

“Setiap pengendara wajib memahami teknik berkendara yang tepat agar mampu menghadapi berbagai kontur dan kondisi jalan. Hal ini sangat membantu kita untuk dapat tetap fokus dalam berkendara agar selamat sampai tujuan dan berkendara pun menjadi menyenangkan”, ujar Safety Riding Manager PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky.

Berikut kiat #Cari_aman dari AHM menggunakan sepeda motor matik ketika berada pada jalur tanjakan dan turunan.

Periksa kendaraan yang akan digunakan

Untuk menjaga performa kendaraan dan mengurangi potensi terjadinya insiden dari faktor kendaraan, lakukanlah pemeriksaan pada kendaraan yang digunakan mulai dari bahan bakar, oli, rantai, ban, kopling, dan perangkat lainnya, terutama rem.

Kenali kondisi rute yang akan dilalui

Pastikan kita mengetahui rute atau kondisi jalan agar kita dapat antisipasi berbagai macam jalur yang akan dilewati. Pengendara sepeda motor dapat mengatur jadwal dan rute perjalanan untuk menghemat jarak, waktu, tenaga serta menghindari kemacetan.

Memasuki jalan menanjak         

Sebelum memasuki jalan menanjak, sebaiknya memanfaatkan akselerasi atau momentum dengan menambah kecepatan jauh sebelum menapaki jalan menanjak dengan memperhatikan kondisi jalan. Kurangi kecepatan ketika mendekati ujung tanjakan dengan tetap memperhatikan kecepatan saat menanjak sebelumnya guna mencegah roda depan lepas kontak dengan jalan ketika mencapai ujung tanjakan.

Memasuki jalan yang menurun          

Pada saat akan memasuki jalan menurun, sebaiknya kurangi kecepatan jauh sebelum memasuki jalan menurun dengan cara menurunkan gas dan pertahankan kecepatan sepeda motor dengan menggunakan rem depan/belakang. Bila dirasakan pengereman kurang optimal, berhentilah atau menepi sejenak ketika melewati jalan turunan dengan rute yang panjang untuk mendinginkan rem.

Posisi berkendara yang tepat

Posisis saat berkendara di jalur tanjakan posisikan tubuh condong ke depan untuk meningkatkan traksi roda depan terhadap permukaan jalan, demikian pula pada saat berkendara jalur turunan, posisikan tubuh condong ke belakang.

Berhenti di tanjakan     

Ketika harus berhenti di tanjakan, komposisi rem belakang sebaiknya lebih besar yang berguna untuk menahan gaya dorong kendaraan ke belakang. Hindari berhenti di belakang kendaraan berukuran besar, seperti truk dan bus, namun bila terpaksa ambilah posisi di sebelah kiri atau mengambil posisi paling aman di belakangnya.

Dalam kondisi apapun setiap pengguna jalan sebaiknya mengetahui teknik berkendara termasuk di tanjakan dan turunan, hal ini diperlukan guna menjaga keselamatan pengendara dan sekitar serta dapat menerapkan etika #Cari_aman dalam berkendara.. (S-4) 

Baca Juga

KTB

Meriahkan GIIAS 2022 Fuso Tampilkan Produk Ramah Lingkungan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 01:49 WIB
KTB juga mengajak masyarakat untuk menyaksikan dan merasakan langsung teknologi Fuso e-Canter melalui acara test...
TAM

Toyota Hadirkan Sports Car All New GR86 dan Lima Model GR Sport di GIIAS

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 23:52 WIB
TGR sudah dimulai sejak 2007 ketika para karyawan Toyota bergabung dalam tim balap yang diberi nama GAZOO Racing untuk mengikuti balap...
Dok. Gajah Tunggal

Hadir di GIIAS 2022, Gajah Tunggal Bawa Ban Khusus Motif Batik

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 23:34 WIB
Tak kalah menarik di GIIAS 2022, GT Radial memperkenalkan dan menjual ban edisi khusus dengan jumlah terbatas yakni ban batik Savero...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya