Selasa 30 November 2021, 15:30 WIB

Bamsoet Apresiasi Pelatihan Berkendara Sepeda Motor Besar yang Aman

Mediaindonesia.com | Otomotif
Bamsoet Apresiasi Pelatihan Berkendara Sepeda Motor Besar yang Aman

DOK HOG Anak Elang Jakarta Chapter.
Bambang Soesatyo.

 

HARLEY Owners Group (HOG) Anak Elang Jakarta Chapter, grup wadah para penggemar motor Harley-Davidson yang bernaung di bawah Dealer Resmi Harley-Davidson yakni Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta, menggelar Motorcycle Safety Riding Training di Kompleks MPR/DPR pada Minggu (28/11). Ini merupakan giat safety riding pertama yang dilakukan oleh HOG Anak Elang Jakarta Chapter di bawah pengurus periode 2021–2024. 

Kegiatan bertajuk HOG Anak Elang Jakarta Chapter Safety Riding Training diselenggarakan oleh Anak Elang Harley-Davidson bekerja sama dengan HOG Anak Elang Jakarta Chapter. Pelatihan ditangani oleh Jakarta Defensive Driving Consulting atau JDDC yang dipimpin oleh Bro Jusri Pulubuhu.

"Kegiatan hari ini istimewa karena dilaksanakan di Kompleks Gedung MPR/DPR," tutur Direktur HOG Anak Elang Jakarta Chapter, Bro Suherli. "Kami sebagai komunitas ingin mengajak anggota HOG Anak Elang Jakarta Chapter untuk melihat langsung gedung parlemen, rumah rakyat. Ini juga berkat keterbukaan dari Ketua MPR Bambang Soesatyo yang memberikan kesempatan dan tempat untuk HOG Anak Elang Jakarta Chapter melakukan safety riding training. Bahkan, Pak Bamsoet--sebutan akrab Bambang Soesatyo--menyempatkan diri hadir di sela-sela kesibukan beliau," papar Bro Suherli lagi. 

Bamsoet dalam sambutannya saat membuka HOG Anak Elang Jakarta Chapter Safety Riding Training mengingatkan bahwa mengendarai kendaraan berkubikasi besar memiliki tanggung jawab besar. "Yang paling penting menjaga keselamatan kita dan orang lain," kata Bamsoet. Karena itu Bamsoet juga mengapresiasi inisiatif HOG Anak Elang Jakarta Chapter dalam meningkatkan skill berkendara dan pengetahuan keselamatan berkendara bagi anggota komunitas yang berdiri pada 5 Juli 2017 tersebut. 

Menurut Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia itu, training hari ini menunjukkan inisiatif HOG Anak Elang Jakarta Chapter melakukan tugas bersama pengguna jalan dalam menjaga keselamatan masyarakat di jalan raya. "Dengan melakukan tata cara berkendara yang benar juga akan menunjukkan bahwa kita, Indonesia, memiliki adat dan istiadat yang baik." Pria yang juga hobi otomotif termasuk moge ini juga berharap agar dengan semakin menggiatkan safety riding training dapat membantu mengurangi angka kecelakaan lalu lintas secara umum yang tren datanya belum pernah turun kecuali saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. 

Bamsoet juga mengapresiasi peran komunitas motor besar termasuk HOG Anak Elang Jakarta Chapter yang selain menunjukkan inisiatif sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas serta berperan aktif dalam masyarakat melalui kegiatan rutin bakti sosial. "HOG Anak Elang Jakarta Chapter sebagai komunitas motor memiliki ciri khas tersendiri yaitu kompak dan memiliki solidaritas tinggi atau brotherhood," kata Bamsoet. Touring H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter selalu dibarengi dengan kegiatan bakti sosial, seperti untuk pesantren, masjid, gereja, sekolah, dan tempat yang mengalami bencana. Bamsoet mengapresiasi semangat membantu dan solidaritas yang dimiliki oleh para biker HOG Anak Elang Jakarta Chapter.

Demi mencapai misi HOG Anak Elang Jakarta Chapter untuk melaksanakan touring dengan zero accident dan mengedepankan keamanan dan kenyamanan atau safety first, safety riding training menjadi agenda wajib. Ternyata dalam pelaksanaan training yang juga didukung oleh Kemplo Riders Indonesia, Auto2000, dan Kratingdaeng ini, kegiatan safety riding training HOG Anak Elang Jakarta Chapter berlangsung melebihi ekspektasi. 

"Jumlah peserta mencapai 100 orang. Setiap peserta training telah mendapatkan dua dosis vaksinasi covid-19 dan menunjukkan lolos tes swab antigen covid-19 terbaru dengan hasil negatif. Kami berkegiatan dengan tetap memperhatikan dan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Jumlah peserta terpaksa dibatasi menyangkut ketersediaan tempat dan pelatih. Kami ingin agar setiap peserta mendapat perhatian penuh pelatih dan semua dapat diakomodasi untuk melakukan latihan dengan benar. Apalagi sekitar 80% dari jumlah peserta ialah anggota baru, termasuk yang belum pernah ikut kegiatan touring. Antusiasme anggota H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter sangat istimewa. Namun agar training dapat terlaksana optimal, saat ini kami belum bisa menampung semua peminat. Nanti safety riding training akan diadakan lagi di awal 2022," jelas Bro Hari Gunawan selaku Ketua Panitia HOG Anak Elang Jakarta Chapter Safety Training. 

Sebagai catatan, saat ini anggota HOG Anak Elang Jakarta Chapter mencapai 800 orang dengan jumlah terbesar didominasi oleh biker berusia di bawah 35 tahun. Safety Riding Training terutama ditujukan bagi anggota baru HOG Anak Elang Jakarta Chapter. "Kegiatan ini berlatar belakang untuk member baru HOG Anak Elang Jakarta Chapter. Tujuannya dapat memahami cara berkendara yang aman, yang lebih baik agar dalam kegiatan ke depan seperti touring, mereka sudah dapat mengaplikasikannya," jelas Bro Arief R Pakpahan, Officer Divisi Touring H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter. 

Dalam motorcycle safety training, para anggota mendapatkan teori dan praktik lapangan di antaranya mengenai teknik pengereman, berbelok, dan berbalik. Menurut Bro Arief, pemahaman berkendara yang baik sangat krusial dimiliki oleh para anggota baru terutama karena dalam kegiatan touring berkendara akan dilakukan secara berkelompok yang tentu menuntut skill agar dapat menyesuaikan dengan rekan seperjalanan. "Dengan skill dan pengetahuan yang baik, diharapkan agar anggota dapat merasa nyaman berkendara baik ketika riding sendiri atau berkelompok. Ketika dalam rombongan, biker harus lebih dapat memahami teman dalam satu grup maupun pengguna jalan yang lain sehingga dapat saling menghargai satu sama lain."

"Dari perspektif instruktur, kami berharap motorcycle safety training dapat terus dilakukan secara periodik, agar HOG Anak Elang Jakarta Chapter dapat terus memberi peran positif dalam keselamatan berlalu lintas. Saya harap agar ini dapat memberikan referensi yang baik bagi HOG Anak Elang Jakarta Chapter sehingga para anggota terus memberikan pengaruh kepada masyarakat untuk juga tertib dan terampil dalam berkendara," kata Bro Jusri Pulubuhu, pengamat keselamatan berkendara dan Founder JDDC.

Baca juga: Daihatsu Kembali Gelar Sharing Teknologi ke Guru SMK Se-Indonesia

Pengetahuan berkendara yang baik dan aman dan skill berkendara perlu ditingkatkan terus demi keamanan dan kenyamanan member HOG Anak Elang Jakarta Chapter dan pengguna jalan lain. Skill harus terus diasah karena mungkin saja secara teori kita sudah paham mengenai cara berkendara yang baik atau mendapat ilmu yang telah diriset oleh para ahli yang kompeten, tetapi dalam pengaplikasian di lapangan situasinya bisa sangat berbeda. Tidak akan sia-sia untuk terus belajar melalui safety riding training. (RO/OL-14)

Baca Juga

DOK Pribadi.

SPD Speedometer Buka Cabang Bersama Youtuber Otomotif Ridwan Hanif

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 18 Januari 2022, 14:00 WIB
Pada saat soft opening SPD Speedometer cabang Jakarta September 2021, salah satu konsumen pertamanya ialah Fitra Eri (influencer otomotif...
Shell Indonesia

Shell Indonesia Luncurkan Varian Baru V-Power Diesel 

👤RO 🕔Selasa 18 Januari 2022, 00:48 WIB
Shell V-Power Diesel terbaru memiliki angka setana 51 dan kandungan sulfur 10 ppm yang merupakan salah satu standar emisi Euro...
Subaru

Subaru Debut Dua Mobil Listrik Konsep di Tokyo Auto Salon 2022

👤RO 🕔Senin 17 Januari 2022, 23:40 WIB
Selain menampilkan STI E-RA CONCEPT dan SOLTERRA STI CONCEPT, Subaru juga menghadirkan mobil konsep LEVORG STI performance CONCEPT dan WRX...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya