Kamis 25 Juli 2019, 00:06 WIB

Dirakit Lokal,VW Tiguan Allspace Siap Manjakan Keluarga Indonesia

Ghani Nurcahyadi | Otomotif
Dirakit Lokal,VW Tiguan Allspace Siap Manjakan Keluarga Indonesia

Dok. PT. Garuda Mataram Motor
VW Tiguan Allspace

 

GENERASI kedua Volkswagen (VW) Tiguan resmi diperkenalkan di Indonesia dengan nama VW Tiguan Allspace. Sesuai namanya, mobil SUV itu kini punya ruang yang lebih lega dibanding pendahulunya dan kini mampu diisi hingga 7 penumpang.

Cheif Operating Officer PT. Garuda Mataram Motor Jonas Chendana mengatakan, kehadiran VW Tiguan generasi kedua juga menjadi momentum positif bagi pihaknya yang menjadi agen pemegang merek (APM) VW karena mobil tersebut akan diproduksi di pabrik perakitan Indomobil di Cikampek, Jawa Barat.

"Target kami untuk tahun ini bisa memproduksi 500 mobil VW Tiguan Allspace dahulu, baru kemudian target per tahun bisa mencapai 1.000-2.000 unit," kata Jonas di Tangerang, Banten, Rabu (24/7).

Generasi kedua Tiguan yang diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 itu merupakan SUV VW perrtama yang menggunakan platform MQB (modular transverse matrix) yang diklaim mampu meningkatkan semua keunggulan Tiguan.

Meski punya dimensi yang lebih luas dengan jarak sumbu roda yang bertambah hingga 77 mm, namun mobil keluarga itu kini punya bobot lebih ringan 50 kg dibandingkan pendahulunya.

Baca juga : Volkswagen Tiguan Allspace Resmi Meluncur di Indonesia

Sebagai pengembangan dari generasi pertama, VW Tiguan Allspace juga disematkan sejumlah fitur pintar untuk memberikan kenyamanan bagi penunpang.

Salah satunya ialah Volkswagen Active Info Display menampilkan layar informasi multifungsi yang kompak dan didesain untuk kenyamanan dan keamanan pengemudi. Dengan layar sebesar 12.3 inci, ditampilkan berbagai profil informasi yang memungkinkan pengemudi melakukan kustomisasi profil yang disukai dan memilih data spesifik yang ingin ditampilkan di panel instrumen selain speedometer dan odometer.

Di bagian tengah konsol terdapat layar sentuh berwarna 8,o” advance
infotainment “composition media” dengan fitur mirror link yang akan memberikan pengalaman menyenangkan saat berkendara.

VW Tiguan Allspace juga mengusung mesin 1.4 TSI yang mampu menghasilkan tenaga puncak 150 bhp dan torsi 250 Nm dengan transmisi otomatis 6-speed kopling ganda (DSG) plus triptonic.

Dapur pacu ini memberikan kemampuan berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam waktu 9,5 detik , dan kecepatan puncak hingga 202 km/jam. Pengendaraan Tiguan Allspace didukung fitur Adaptive Chassis Control (DCC) yang memberikan pilihan mode pengendaraan sesuai dengan kebutuhan pengemudi, dan menjadikan sistem peredaman suspensinya beradaptasi secara elektronik sesuai dengan pilihan pengendara.

Pilihan profil mengemudi juga memungkinkan pengendara untuk menyesuaikan Tiguan Allspace dengan kondisi cuaca dan jalan yang akan dihadapi. Cukup memilih lima mode berkendara yaitu: normal, comfortable, sporty, individual, dan eco style.

Fitur “Cruise control” juga disematkan untuk membuat perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman karena pengemudi dapat menjaga kecepatan kendaraan secara konstan.

Fitur unggulan lain yang ditawarkan Tiguan Allspace adalah Park Assist yang merupakan asisten pemilik mobil dalam memarkirkan mobilnya secara parallel dengan otomatis, bahkan di ruang sempit sekalipun.

Dan untuk menunjang kepraktisan, fitur “Easy Open” disematkan agar membuka pintu bagasi belakang lebih mudah, hanya dengan menggerakkan kaki di bawah bumper belakang.

Baca juga : Audi Luncurkan Audi Q8 di GIIAS 2019

Fitur keamanan canggih VW Tiguan Allspace pun terbilang melimpah dengan fitur KESSY (Keyless Entry Start and Autorization System) memudahkan ketika pengendara akan memasuki mobil, yang secara otomatis akan membuka kunci pintu tanpa menggunakan anak kunci (Keyless Access).

Sementara untuk menjamin keselamatan, sederet fitur telah melengkapi Tiguan Allspace antara lain: kamera 360° “Area View”, Electronic Stability Control (ESC), Park Assist System, enam buah Airbag, Tire Pressure Monitoring, Electronic Parking Brake dengan Autohold dan ISOFIX untuk penggunaan tempat duduk anak yang aman di Tiguan Allspace.

Salah satu fitur keselamatan unik yang dimiliki oleh Tiguan Allspace adalah Automatic Post Collision Brake System. Dengan input sensor dari airbag, Automatic Post Collision Braking System akan bekerja untuk menghindari akibat benturan agar tidak semakin parah.

Secara otomatis fitur ini akan memulai pengereman setelah kendaraan mengalami tabrakan dan mempercepat pengereman untuk meminimalkan benturan yang mungkin terjadi selanjutnya.

Di Indonesia, VW tiguan dilepas dengan harga Rp598 juta on-the-road. (RO/OL-7)

Baca Juga

BMW GROUP INDONESIA

 BMW Indonesia Luncurkan SAV New X7

👤RO 🕔Kamis 02 Februari 2023, 21:17 WIB
BMW X7 merupakan model BMW X terbesar dan termewah di jajaran BMW yang juga memiliki kemampuan...
MI/Yoseph

Jadi yang Pertama Berkonsep 4S, MG Operasikan Showroom di Medan

👤Yoseph Pencawan 🕔Kamis 02 Februari 2023, 17:57 WIB
Saat ini, showroom mobil di Indonesia umumnya berkonsep 3S, tanpa unsur style. Unsur style yang dimaksud ialah keberadaan kafe di dalam...
Ist/PT Tangkas

Tangkas Motor Listrik Segera Buka Pabrik di Bekasi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Februari 2023, 15:02 WIB
PT The Agung Pamungkas (Tangkas) yang merupakan pemilik tunggal motor listrik Tangkas tengah menggarap satu pabrik di Narogong Bekasi, Jawa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya