Jumat 06 Mei 2022, 11:00 WIB

Karate Bertekad Pertahankan 3 Medali Emas SEA Games

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Karate Bertekad Pertahankan 3 Medali Emas SEA Games

ANTARA/Aditya Pradana Putra
Sejumlah karateka berlatih di Pelatnas Karate untuk SEA Games Vietnam di Jakarta.

 

TIMNAS karate Indonesia siap mempersembahkan tiga medali emas di ajang SEA Games 2021 Vietnam, yang akan digelar di Ninh Binh, Vietnam, 12-23 Mei mendatang.

Pelatih timnas karate Indonesia kategori kumite, Yuni Adi Putra Warang, mengatakan target tiga emas itu sudah sesuai dengan perhitungan berdasarkan peta kekuatan lawan dari negara-negara Asia Tenggara.

"Secara keseluruhan, target kami tiga emas di SEA Games Vietnam. Tapi, tidak menutup kemungkinan bisa bertambah," kata Yuni Adi dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (6/5).

Baca juga: Lewati Target di Kejuaraan SEAKF, Timnas Karate Raih Modal Penting untuk SEA Games

Tim karate Indonesia akan menerjunkan 19 orang, terdiri atas sembilan putri dan 10 putra, yang akan turun di nomor kata individu, kata tim, dan kumite.

"SEA Games ini, kami full team dan yang turun kombinasi atlet senior dan junior. Kami optimistis bisa memenuhi target tiga emas," ujarnya.

Menurut Yuni Adi, peluang tersebut bisa terpenuhi apabila melihat hasil tim karate Indonesia saat turun di Kejuaraan Karate Asia Tenggara (SEAKF) 2022 di Kamboja ketika Merah Putih membawa pulang lima emas, tiga perak, dan enam perunggu.

"Jadi, artinya tim ini sudah siap semuanya, hanya ada beberapa evaluasi yang harus dibenahi. Kami terus mempersiapkan, sejauh ini tim tuan rumah dan Malaysia harus kita waspadai," jelasnya.

Manajer Karate Indonesia Yusran menambahkan timnya dijadwalkan melakukan uji tanding melawan tim karate Kazakhstan dan Australia di Jakarta guna meningkatkan performa tim menjelang multievent dua tahunan itu.

Yusran menyebut persiapan tim karate saat ini sudah mencapai 90% dan siap memenuhi target tiga emas di SEA Games 2021.

"Mereka nanti akan datang ke sini dan kami akan berangkat (ke Vietnam) pada 15 Mei," ucapnya.

Di SEA Games 2019 di Filipina, karate Indonesia finis di posisi keempat klasemen perolehan medali dengan dua emas, tiga perak, dan empat perunggu. Dua emas tersebut diraih pada nomor kata individu putra melalui Ahmad Zigi Zaresta dan kata individu putri lewat Krisda Putri Aprilia. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP/Thomas Samson

Daniil Medvedev Kembali Incar Posisi Petenis Nomor Satu Dunia

👤Akmal Fauzi 🕔Minggu 29 Mei 2022, 15:38 WIB
Medvedev mengklaim posisi teratas pada akhir Februari lalu. Namun dia tersingkir di Indian Wells 2022 pertengahan Maret...
Ist

Kapolri Pimpin Parade Kemenangan Atlet SEA Games

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Mei 2022, 14:05 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin kegiatan parade kemenangan bersama kontingen sepeda Indonesia SEA Games 2022 di kawasan...
AFP/ANDREJ ISAKOVIC

Raih Pole Position, Leclerc Berpeluang Besar Juara Di GP Monaco

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 23:20 WIB
PEMBALAP Ferrari, Charles Leclerc menjadi yang tercepat dalam kualifikasi balap Formula 1 GP Monaco, Sabtu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya