Selasa 18 Januari 2022, 04:30 WIB

Jelang MotoGP 2022, Marquez Lakukan Uji Coba di Sirkuit Algarve

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Jelang MotoGP 2022, Marquez Lakukan Uji Coba di Sirkuit Algarve

Twitter @HRC_MotoGP
Pembalap Repsol Honda Marc Marquez

 

JUARA dunia MotoGP enam kali Marc Marquez kembali mengaspal, di tengah cedera mata yang dialami, melibas trek Sirkuit Algarve, Portimao sebagai persiapan musim MotoGP 2022.

Pembalap tim Repsol Honda itu sempat absen menunggangi motor sejak kepalanya terbentur setelah jatuh berlatih motorcross, November tahun lalu, sehingga menderita diplopia atau penglihatan ganda.

Imbas dari cedera itu, Marquez harus melewatkan dua balapan pemungkas musim MotoGP 2021 dan sesi tes pascamusim.

Baca juga: BNPB: MotoGP di Mandalika Terapkan Sistem Bubble

Kabar positif datang pada pekan lalu ketika Marquez mendapat restu dari dokter Sanchez Dalmau untuk kembali berlatih dengan sepeda motor menyusul perbaikan penglihatan sang pembalap.

Tim Repsol Honda, lewat Twitter, mengumumkan Marquez menjalani latihan di Portimao, sirkuit untuk Grand Prix Portugal, Minggu (16/1), mengendarai RC213V-S, versi produksi masal dari motor MotoGP-nya.

"@marcmarquez93 kembali ke trek mengendarai RC213-V saat ia melanjutkan penilaian lebih lanjut terhadap kondisinya jelang musim 2022," cicit tim Repol Honda.

Marquezakan mengikuti saran dari tim medis setelah merampungkan latihan di Portimao sebelum mengonfirmasi apakah ia fit untuk mengikuti tes pramusim di Sepang, Malaysia, 5-6 Februari mendatang.

"Masalah penglihatan tidak pernah mudah. Akhir bulan lalu, saya mulai merasa semakin baik, dan senang rasanya menjadi lebih baik," kata Marquez saat presentasi tim HRC, Jumat (14/1) dikutip dari laman resmi MotoGP.

"Sejak saya mendapati kecelakaan, itu terasa sulit. Tapi, saya mengikuti nasihat dari dokter saya, yang menyembuhkan penglihatan saya pada 2011," lanjutnya.

Marquez menyadari proses penyembuhan akan berjalan lambat karena ia pernah mengalami cedera serupa pada 2011 silam.

"Sejak saya cedera, tujuan saya salah mencoba menjadi yang pertama melakukan tes atau balapan pertama dan sepertinya kami berada dalam jalurnya. Sekarang saya perlu melakukan tes satu hari di sirkuit Grand Prix dan melakukan satu hari penuh dengan lap yang banyak untuk melihat apakah saya kelelahan atau apakah saya memiliki masalah," papar Marquez.

"Kami perlu mengevaluasi hal itu sebelum saya diizinkan membalap di tes Malaysia," imbuhnya.

Menderita diplopia untuk kedua kalinya, Marquez sempat merasa ragu dengan kariernya di MotoGP .

"Mungkin ini adalah waktu paling sulit dalam karier saya," kata pembalap yang juga melewatkan musim 2020 menyusul kecelakaan dan cedera yang ia dapati di balapan pembuka di Jerez.

"Ini adalah musim dingin keempat yang saya lalui dengan cedera, ketika semuanya terasa lebih baik datang cedera yang lain," tambahnya.

Marquez mengungkapkan penglihatan yang jelas adalah syarat wajib untuk membalap. "Semuanya dibahas; operasi, waktu dan kemungkinan tidak membalap. Ini waktu yang berat karena saya tidak tahu masa depan saya." (Ant/OL-1)

Baca Juga

Antara/Fikri Yusuf

Sandiaga : Bali Trail Running 2022 Geliatkan Wisata-Ekonomi RI

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 16 Mei 2022, 19:27 WIB
Ia menyebut event tersebut berhasil membuka lapangan kerja bagi masyarakat dengan melibatkan 100 pekerja dalam pelaksanaan ajang lari yang...
Antara/Zabur Karuru

Raih Emas Kedua, Rifda Bawa Senam Capai Target di SEA Games Vietnam

👤Akmal fauzi 🕔Senin 16 Mei 2022, 19:05 WIB
Berlaga di Quan Ngua Gymnasium, Hanoi, Vietnam, Rifda yang tampil pertama berhasil berdiri mencatatkan waktu terbaik 12.700...
Antara/Nova Wahyudi

Tumbangkan Kamboja, Tim Bulu Tangkis Putra Indonesia Lolos Ke Semifinal SEA Games Vietnam

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 16 Mei 2022, 18:08 WIB
Kapten tim, Chico Aura Dwi Wardoyo, yang turun di partai pertama, berhasil menyumbangkan poin pertama untuk Indonesia. Menghadapi tunggal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya