Minggu 14 November 2021, 12:18 WIB

Pelatih Berharap Timnas Basket Putri Indonesia Tampil Lebih Banyak

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Pelatih Berharap Timnas Basket Putri Indonesia Tampil Lebih Banyak

fiba.basketball
Timnas bola basket putri Indonesia.

 

PELATIH kepala timnas bola basket putri Indonesia Lin Chi Wen menilai pemain-pemainnya membutuhkan kesempatan tampil dalam kompetisi lebih banyak lagi setelah menempati peringkat ketiga Piala Asia FIBA Putri 2021 Divisi B.

Indonesia menutup penampilan dalam ajang tersebut dengan kemenangan meyakinkan 79-55 atas Kazakhstan di laga perebutan tempat ketiga di Amman, Yordania, Sabtu (13/11) malam.

"Saya pikir jika kalian menyaksikan pertandingan, kalian bisa lihat para pemain Indonesia mempunyai sikap yang bagus dan berkemauan untuk terus mengembangkan kemampuan, itu bagian terbaiknya," kata Lin dalam jumpa pers usai laga yang disiarkan kanal YouTube resmi FIBA.

"Tentu sekarang tim ini butuh kompetisi lebih banyak untuk terus menimba pengalaman," sambung dia.

Baca juga: Pelatih Optimistis Masa Depan Timnas Putri Indonesia Menjanjikan

Mantan pebasket Taiwan itu juga menegaskan para pemain harus terus memperbaiki aspek-aspek fundamental, baik dari segi menyerang maupun bertahan.

"Mungkin, dari turnamen ini kalian bisa melihat betapa cerah masa depan bola basket putri Indonesia," kata Lin.

Senada dengan sang pelatih, pemain naturalisasi Kimberley Pierre-Louis juga sepakat dia dan rekan-rekannya di timnas basket putri membutuhkan lebih sering bermain dalam kompetisi resmi.

"Selain membangun kepercayaan diri dan melahirkan pengalaman, itu juga bisa menghadirkan kesadaran bahwa tim ini bisa bersaing di level yang lebih tinggi," kata dia. "Kami memiliki banyak mutiara terpendam, yang membutuhkan sorotan lebih."

Secara keseluruhan, Kim mengaku bangga atas penampilan dia dan rekan-rekannya di Yordania.

"Ini turnamen yang cukup baik bagi kami untuk menimba pengalaman dan saya sendiri sangat bangga dengan bagaimana tim kami selalu berjuang di setiap laga," tutup Kim.

Saat Indonesia menempati peringkat ketiga, Libanon menjadi juara Divisi B dan meraih tiket promosi ke Divisi A untuk Piala Asia FIBA Putri edisi berikutnya, menggantikan India yang bulan lalu terdegradasi.

Diperkuat Natasha Cloud, pemain asal klub juara Liga Bola Basket Putri Amerika Serikat (WNBA) Washington Mystics, Libanon sukses melumat tuan rumah 80-40 dalam partai final. (Ant/OL-1)

Baca Juga

MI/RAMDANI

Formula E, Ajang Kampanye Kendaraan Ramah Lingkungan

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 19 Mei 2022, 20:36 WIB
Formula-E yang mengusung konsep sustainable merupakan salah satu kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya beralih...
Antara/Zabur Karuru

Indonesia Sisakan 9 Wakil di Perempat Final Bulu Tangkis SEA Games Vietnam

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 19 Mei 2022, 20:04 WIB
Di nomor tunggal putra, Chico Aura Dwi Wardoyo menjadi satu-satunya wakil yang melangkah ke babak perempat final, setelah menumbangkan...
Antara

Lolos Perempat Final, Apri/Fadia akan Hadapi Jongkolphan/Rawinda

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 19 Mei 2022, 19:25 WIB
Sebelumnya, pasangan ganda putri Indonesia itu berhasil mengalahkan wakil tuan rumah, yakni Do Thi Hoai/Dinh Thi Puong Hong, dalam SEA...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya