Kamis 29 Juli 2021, 18:30 WIB

Greysia/Apriyani Catat Sejarah, Ganda Putri Pertama Lolos ke Semifinal

Akmal Fauzi | Olahraga
Greysia/Apriyani Catat Sejarah, Ganda Putri Pertama Lolos ke Semifinal

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Ganda Putri Indonesia Greysia Pollii/Apriyani Rahayu

 

GREYSIA Polii/Apriyani Rahayu mencetak sejarah sebagai pasangan ganda putri pertama Indonesia yang lolos semifinal olimpiade.

Catatan itu diraih setelah Greysia/Apriyani menundukkan wakil Tiongkok, Du Yue/Li Yin Hui, dalam pertandingan rubber game di Musashino Forest Sport Plaza, Kamis (29/7).

Pasangan peringkat enam dunia itu mengakhiri perlawanan Du Yue/Li Yin Hui dalam durasi 100 menit dengan skor 21-15, 20-22, dan 21-17. Mereka memastikan langkah ke babak semi final menghadapi Lee So Hee/Shin Seung-chan yang mengalahkan Selena Piek/Cheryl Seinen.

Sejak badminton dipertandingkan di Olimpiade, mulai 1992, belum ada pasangan Merah Putih yang mampu melewati babak perempat final.

Baru ada empat pasangan ganda putri Indonesia yang bisa melangkah ke perempat final, yakni Lili Tampi/Finarsih, di Olimpiade 1992, Eliza Nathanael/Zelin Resiana di Olimpiade 1996, Etty Tantri/Cynthia Tuwankotta di Olimpiade 2000, dan Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari pada Olimpiade 2016.

Kemenangan Greysia/Apriyani sekaligus membuka peluang medali pertama dari sektor ganda putri untuk Indonesia.

Pada gim pertama, Greysia/Apriyani lebih dominan dalam pengumpulan poin, terutama selepas interval. Mereka butuh 25 menit untuk memenangkan gim pertama.

Baca juga: Tumbangkan Pasangan Tiongkok, Greysia/Apriyani Melaju ke Semifinal

Pada gim kedua, pertarungan lebih ketat. Kedua ganda harus berjuang keras untuk tiap poin yang mereka dapatkan. Namun, Yue/Yin Hui bisa memanfaatkan kesempatan lebih baik dan merebut gim kedua dengan skor 22-20 dalam durasi 40 menit.

Pada gim penentuan terjadi kejar mengejar angka. Greysia/Apriyani yang memimpin 17-10 bisa didekati lawan hingga angka 17-15. Greysia/Apriyani akhirnya bisa menyudahi pertarungan dengan skor 21-17 di gim penentuan.

Greysia dan Apriyani sangat emosional merayakan kemenangan. Mereka sukses jadi ganda putri Indonesia pertama yang lolos ke semifinal Olimpiade.

"Setelah mengamankan gim pertama, gim kedua kami terbawa pola permainan mereka. Jadi akhirnya terburu-buru, selalu mati. Pelatih ingatkan coba jangan terlalu bawa pola permainan mereka. Kami coba di gim ketiga sejak poin pertama dan kami coba dan yang penting harus konsisten," kata Apriyani.

Greysia sempat kesulitan berdiri dan mengalami kram lantaran bertarung dalam durasi 100 menit.

"Kaki enggak apa-apa. Sekadar keram, lawan juga sama sebenarnya. Mau Pemain muda atau tua sama, soalnya kan capek mainnya. Ini hal biasa,"kata Greysia. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Menpora Janji Honor Relawan PON-Peparnas Segera Dilunasi

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 02 Desember 2021, 21:48 WIB
Menpora memastikan kewajiban honorarium relawan dapat dibayarkan pada akhir tahun...
Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden RI

Berhadapan dengan Presiden Jokowi, Hendra Setiawan: Lawan yang Berat 

👤Andhiika Prasetyo 🕔Kamis 02 Desember 2021, 21:07 WIB
"Lebih berat lawan Pak Jokowi ketimbang The Minions," ujar Hendra sambil...
DOK. Humas PP PBSI

Pramudya/Yeremia Kembali Kalah Lagi di Laga Kedua Grup B BWF World Tour Finals

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 02 Desember 2021, 20:53 WIB
Tampil sebagai debutan di BWF World Tour Finals 2021, mental bertanding yang kurang dari jawara Spain Master 2021 itu menjadi salah satu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya