Rabu 16 Juni 2021, 07:05 WIB

NPC Gelar Rakernas Di Solo Jelang Peparnas XVI Papua

Widjajadi | Olahraga
NPC Gelar Rakernas Di Solo Jelang Peparnas XVI Papua

MI/Widjajadi
Pembukaan Rakernas NPC di Solo untuk persiapan sukses Peparnas XVI Papua dan Paralimpix 2021 .

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Papua bersama Panitia Besar (PB) Perpanas pastikan kesiapan Jayapura menyambut gelaran Pekan Paralimpic Nasional (Peparnas) XVI pada November mendatang.

Namun pada saat sama, National Paralimpic Committee (NPC) masih harus kerja keras, karena 4 bulan menjelang pelaksanaan Peparnas XVI Papua, masih ada 13 provinsi, yang belum memfasilitasi bagi NPC di daerahnya untuk menggelar pelatda (pelatihan daerah) .

Menurut Wakil Sekjen NPC, Rima Ferdianto usai pembukaan Rakernas NPC di Solo, Selasa malam (15/6) ada pesan dari Presiden Jokowi, agar Papua sukses partisipasi seperti PON dalam menggelar Peparnas XVI , yakni bisa diikuti 34 provinsi.

"Rakernas ini memang terkesan mendadak. Karena ada panggilan dari Deputy V KSP (Kantor Staf Presiden), yang menyampaikan pesan presiden, agar Papua sukses seperti PON dalam penyelenggaraan Peparnas XVI,yakni diikuti 34 provinsi," papar Wakil Sekjen NPC Indonesia, Rima Ferdianto.

Dengan adanya keluhan dari 13 NPC Provinsi , maka menjadi tugas NPC Indonesia bersama PB Perpanas untuk mendorong Pemerintah Provinsi memfasilitasi penyelenggaran Pelatda dan sekaligus pembiayaan keberangkatan kontingen menuju Peparnas XVI Papua.

"Ya sesuai harapan presiden, agar Peparnas XVI sukses, maka seluruh Pemprov bisa memfasilitasi. Karena itu kita akan dorong Dispora di daerah sebagai fasilitator provinsi, untuk menyediakan. Jangan sampai ada perlakuan marjinalisasi, apalagi diskriminatif dalam fasilitasi untuk (atlet) NPC di daerah," imbuh Rima.

Presiden NPC Senny Marbun juga menegaskan, partisipasi dan tanggung jawab 34 pemprov akan menjadi kunci suksesnya penyelenggaraan Perpanas XVI di Papua pada pertengahan November mendatang.

"Kita terus memotivasi atlet atlet NPC hadir di Papua.Ini soalnya perintah presiden. Jadi kalau bisa 34 Pemprov hadir dengan prestasi masing masing " tukas Senny.

NPC, lanjut dia, akan berkirim surat kepada pemprov yang bermaslah dalam upaya memfasilitasi penyelenggaraan Pelatda untuk persiapan Peparnas XVI Papua. Untuk mengurai permasalahan yang masih ada di daerah, pada sesi virtual Rakernas NPC dengan 34 provinsi, diharapkan segala kendala menuju Peparnas XVI Papua bisa dituntaskan.

"Mudah mudahan teman teman bisa menceritakan semua, bahwa Peparnas Papua itu urgen banget. Biar kita bisa merasakan kesamaan hak, dari timur hingga barat untuk berkumpul di Papua dalam pesta olahraga," ujar dia.

Pada bagian lain, Ketua Harian Panitia Besar (PB) Peparnas XVI Papua Doren Wakerkwa yang ikut hadir dalam Rakernas NPC mengatakan, Papua sudah sangat siap menyambut pesta olahraga kaum difabel, sebagaimana penyelenggaraan PON.

"Kita sudah persiapan seluruh infrastruktur untuk 12 cabor yang akan dipertandingkan. Masyarakat Papua pun sangat antusias menyambut even olahraga ini, dan apalagi sesuai arahan presiden, penyelenggaraan Papernas XVI harus sukses," kata pejabat Asisten I Pemprov Papua ini. (OL-13)

Baca Juga: KONI Jamin PON Papua Akan Berjalan Aman

Baca Juga

AFP

Eko Yuli: Medali Perak Ini untuk Masyarakat Indonesia

👤Putra Irianto 🕔Minggu 25 Juli 2021, 19:25 WIB
Eko juga meminta maaf karena belum bisa mempersembahkan emas untuk Indonesai pada Olimpiade Tokyo 2020. Namun, Eko sudah berjuang melawan...
thestar.com.my

Pegolf Nomor Satu Dunia Positif Covid-19 Batal ke Olimpiade Tokyo

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Juli 2021, 16:44 WIB
Komite Olimpiade Spanyol mengatakan karena keterbatasan waktu, pihaknya tidak melakukan penggantian posisi dan hanya Adri Arnaus yang akan...
Antara

Praveen/Melati Rebut Kemenangan Atas Pasangan Denmark

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Minggu 25 Juli 2021, 16:20 WIB
Praveen/Melati membutuhkan waktu 46 menit untuk meraih kemenangan stright set 24-22, 21-19. Mereka melawan pasangan Denmark...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pegasus Spyware, Senjata Pembungkam Wartawan

 Konsorsium media internasional bersama Amnesty International melaporkan lebih dari 50 ribu nomor telepon menjadi target spyware Pegasus.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya