Rabu 12 Mei 2021, 11:47 WIB

Reli Dakar akan Kembali Digelar di Arab Saudi

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Reli Dakar akan Kembali Digelar di Arab Saudi

AFP/FRANCK FIFE
Reli Dakar 2021

RELI Dakar 2022 akan kembali digelar di Arab Saudi untuk kali ketiga secara beruntun dengan penyelenggara meredakan tudingan kerajaan itu berusaha meredam tudingan pelanggaran HAM dengan menggelar event olahraga.

Reli Dakar akan dimulai di Ha'il di utara Arab Saudi pada 2 Januari dan finis di Kota Jeddah pada 14 Januari, setelah istirahat selama satu hari di Riyadh, ibu kota Arab Saudi.

Balapan yang pertama kali digelar pada 1979 antara Paris dan ibu kota Senegal, Dakar, mulai digelar di Arab Saudi untuk pertama kalinya pada 2020 setelah selama satu dekade berlangsung di Amerika Selatan.

Baca juga: Tim Red Bull Akui Kecepatan Mobil Mercedes di GP Spanyol

Penyelenggaraan Reli Dakar di Arab Saudi memicu kemarahan aktivis HAM yang menuding kerajaan itu menggunakan olahraga untuk mengalihkan perhatian dari bukan hanya isu domestik namun juga keterlibatan Riyadh dalam perang selama enam tahun di Yaman yang telah menyebabkan puluhan ribu orang tewas dan jutaan lain mengungsi.

Adapun Arab Saudi beralasan penyelenggaraan berbagai kejuaraan olahraga, mulai dari sepak bola, balap sepeda, tinju, serta Formula 1 pada Desember mendatang, sejalah dengan Visi 2030 Arab Saudi untuk lebih terbuka.

"Saya ingin mempercayai keinginan mereka untuk lebih terbuka," ujar Direktur Reli Dakar David Castera. "Setidaknya, saat ini, ada visa turis dan perempuan yang berlaga di Reli Dakar."

"Arab Suadi terinspirasi oleh negara tetangga mereka seperti Uni Emirat Arab dan Qatar. Meski terlambat, mereka berjalan dengan sangat cepat," lanjutnya. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP

Raonic dan Goffin Mundur dari Wimbledon 2021

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Minggu 20 Juni 2021, 14:05 WIB
Kali ini, Petenis kanada yang juga merupakan runner-up Wimbledon 2016 Milos Raonic mengkonfirmasi bahwa dirinya menarik diri dari kejuaraan...
Elsa/Getty Images/AFP

Giannis Antetokounmpo Bawa Bucks ke Final Wilayah Timur

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 20 Juni 2021, 13:21 WIB
Giannis Antetokounmpo mencetak 40 poin termasuk poin yang menyamakan kedudukan pada overtime pada laga ketujuh babak seminfal Wllayah...
AFP/Matthew Stockman/Getty Images

Cedera Betis, Raonic Mundur dari Wimbledon

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 20 Juni 2021, 13:06 WIB
Mantan petenis nomor tiga dunia itu terakhir bertanding di turnamen Miami Open Masters 1000, Maret...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perlindungan Ganda terhadap Virus Korona dan Flu

DALAM perlombaan vaksin, perusahaan AS Novavax terlambat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya