Minggu 25 April 2021, 22:00 WIB

Yuk, Mengenal Aturan dan Teknik Dasar Olahraga Voli  

M. Iqbal Al Machmudi | Olahraga
Yuk, Mengenal Aturan dan Teknik Dasar Olahraga Voli  

Dok. Gettyimages
Ilustrasi bola voli

 

OLAHRAGA voli menupakan salah satu olahraga populer di dunia. Olahraga yang mengandalkan kecepayan, postur tubuh, daya tahan, dan kekuatan pukulan itu diciptakan oleh William George Morgan pada 8 Februari 1895.

Permainan bola voli ditentukan oleh skor. Sebuah tim dinyatakan menang dalam satu set pertandingan jika sudah lebih dulu mengemas 25 poin dengan selisih 2 angka. Dalam pertandingan 3 babak, jika masing-masing tim berhasil mengamankan satu set, maka digelar babak tambahan.

Setiap tim bola voli memiliki 6 pemain yang berada dalam lapangan dengan formasi tiga pemain berada di bawah net, dan tiga lainnya menjaga barisan pertahanan.

Baca juga : Tim Voli Putri Jatim Kembali Raih Juara Kejurnas Junior

Teknik Dasar Voli

Teknik paling dasar dalam olahraga voli yakni passing atau mengoper. Biasanya pemain menerima bola dari server dan mengopernya ke playmaker. Kedua, setter adalah playmaker di bola voli. Mereka mempersiapkan bola sehingga ditempatkan dengan baik bagi penyerang untuk menembak dan mencetak satu poin untuk tim .

Selanjutnya ialah spike adalah salah satu gerakan paling mengesankan dalam game. Spike biasanya terjadi saat pemain berlari, melompat, dan memukul bola melewati net dengan ayunan yang kuat. Biasanya ini adalah langkah untuk penyerang atau penembak, karena pukulan besar ini biasanya memenangkan poin.

Block adalah gerakan defensif yang digunakan di net. Ketika penyerang bergerak untuk menembak, maksimal tiga pemain di tim lain mendekati jaring dan melompat tepat setelah penyerang dengan tangan terangkat.

Dan terakhir ialah Digging yakni saat bola mengarah ke lantai setelah serangan, bek dari baris belakang dapat berlari atau menukik ke depan untuk membenturkan bola kembali ke atas dan meneruskannya ke anggota tim lain.

Baca juga: Mengenal Permainan Sepak Bola Olahraga Terpopuler di Dunia

Ukuran Lapangan dan Tinggi Net Permainan Bola Voli

Untuk ukuran lapangan voli memiliki 18 x 9 meter yang dibelah oleh net. Dekat dengan net terdapat garis sebagai batas garis serang. Tinggi net voli sendiri 2,55 meter dengan panjnag 9 meter dan lebar 1 meter.

Reli dimulai dengan servis. Server harus mengambil bidikan mereka dari belakang garis akhir dan memilih antara tembakan underhand atau overhand. Sebuah poin dicetak ketika sebuah tim memenangkan reli. Setiap reli dimulai dengan satu servis dan berakhir ketika sebuah tim memenangkan satu poin.

Setiap kali tim memenangkan satu poin, mereka akan memutar posisi mereka searah jarum jam di sekitar lapangan. Sebuah tim dapat memukul bola satu sama lain maksimal tiga kali sebelum mengembalikannya ke sisi lain lapangan. (OL-7)

Baca Juga

Handout / Badminton Association of Indonesia / AFP

Ganda Putri Bulgaria Mundur di Babak Semifinal BWF World Tour Finals

👤 Ilham Ananditya 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 14:57 WIB
Pasangan Bulgaria, Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva, harus mengundurkan diri di babak semifinal ajang HSBC BWF World Tour Finals 2021, karena...
ANTARA FOTO/HO/Humas PBSI

Greysia/Apriyani Gagal Tembus Final BWF World Tour Finals

👤 Ilham Ananditya 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 14:20 WIB
Langkah pasangan ganda putri terbaik Indonesia Greysia/Apriyani terhenti di babak semifinal HSBC BWF World Tour Finals...
Claus Fisker / Ritzau Scanpix / AFP

Akhirnya Pemerintah Berjanji Akan Kucurkan Bonus untuk Juara Piala Thomas

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 13:38 WIB
"(Pemberian bonus) ini bukan karena desakan publik karena kami telah berkomunikasi dengan Kementerian Keuangan, jadi kami benar-benar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya