Minggu 25 April 2021, 14:40 WIB

Mengenal Permainan Sepak Bola Olahraga Terpopuler di Dunia

M. Iqbal Al Machmudi | Sepak Bola
Mengenal Permainan Sepak Bola Olahraga Terpopuler di Dunia

Antara
ilustrasi

 

SEPAK bola telah menjadi olahraga yang paling populer di dunia. Badan pengelola sepak bola, Fédération Internationale de Football Association (FIFA), memperkirakan bahwa pada pergantian abad ke 21 terdapat sekitar 250 juta pemain sepak bola dan lebih dari 1,3 miliar orang tertarik pada sepak bola

Dengan peraturan yang sederhana dan dapat dimainkan di mana saja menjadikan sepak bola sebai olahraga yang paling digemari dari anak muda, orang tua, laki-laki maupun wanita.

Sepak Bola Modern

Sepak bola sendiri sudah dikenal oleh berbagai negara dengan peraturannya masing-masing seperti China yang sudah memainkan bola sejak 255-206 sebelum masehi dengan bola yang terbuat dari kulit. Sedangkan Yunani pada 800 sebelum masehi menjadikan sepak bola sebagai latihan fisik para prajurit kerajaan.

Namun, berganti zaman sepak bola modern berasal dari Inggris pada abad ke-19. Sejak sebelum abad pertengahan, permainan 'sepak bola rakyat' telah dimainkan di kota-kota dan desa-desa menurut adat istiadat setempat dan dengan aturan minimum.

Baca juga: Piala Menpora 2021 Jadi Harapan Baru Sepak Bola Indonesia

Setiap sekolah memiliki aturannya sendiri sejak tahun 1843, upaya untuk membakukan dan menyusun aturan permainan dilakukan di Universitas Cambridge, yang siswanya bergabung dengan sebagian besar sekolah umum pada tahun 1848 dalam mengadopsi 'aturan Cambridge' yang selanjutnya disebarkan oleh lulusan Cambridge yang membentuk klub sepak bola.

Ukuran lapangan permainan sepak bola

Ukuran lapangan sepak bola

Peraturan Permainan Sepak Bola

Sepak bola sendiri memiliki peraturan yang sederhana sehingga banyak dimaninkan oleh semua orang. Dalam peraturannya setiap permainan dibagi 2 tim yang memiliki masing-masing 11 pemain. Setiap tim memiliki posisi pemainnya masing-masing di antaranya keeper, back, midfielder, dan striker. Para pemain melakukan boleh menggunakan anggota badan kecuali tangan, sementara kiper boleh menggunakan seluruh badan.

Setiap tim saling bekerja sama memasukkan bola ke gawang lawan dalam peraturan FIFA bola dilapisi kulit atau bahan lain yang sesuai, dan digelembungkan yang memiliki lingkar 27–27,5 inci (68–70 cm) dan berat 14,5–16 ons (410–450 gram).

Sebuah permainan berlangsung selama 90 menit dan dibagi menjadi dua bagian interval turun minum berlangsung selama 15 menit. Jika waktu tambahan dapat ditambahkan oleh wasit untuk mengkompensasi penghentian dalam permainan seperti cedera pemain atau hal isidentil sepanjang permainan.

Baca juga: Ternate akan Dicanangkan Sebagai Kota Sepak Bola

Bila tidak ada pihak yang menang, dan jika pemenang harus ditentukan dengan perpanjangan waktu dan kemudian jika diperlukan, serangkaian tendangan penalti dapat dilakukan.

Lapangan bermain (pitch) harus memiliki panjang 100–130 yard (90–120 meter) dan lebar 50–100 yard (45–90 meter); untuk pertandingan internasional, panjangnya harus 110–120 yard dan lebar 70–80 yard. Wanita, anak-anak, dan pemain dewasa mungkin memainkan permainan yang lebih pendek di lapangan yang lebih kecil.

Untuk area penalti, sebuah area persegi panjang di depan gawang, memiliki lebar 44 yard (40,2 meter) dan meluas hingga 18 yard (16,5 meter) ke lapangan. Tujuannya adalah bingkai, didukung oleh jaring, berukuran lebar 8 yard (7,3 meter) dan tinggi 8 kaki (2,4 meter).

Teknik Dasar dalam Permainan Sepak Bola

Permainan ini dikendalikan oleh seorang wasit, yang juga merupakan pencatat waktu, dan dua asisten yang berpatroli di garis luar sisi kanan dan kiri dengan memberi tanda ketika bola keluar dari permainan dan ketika pemain berada dalam posisi offside.

Adapun teknik dasar dalam permainan sepak bola ialah menggunakan kaki untuk mengontrol dan mengoper bola yang dinamakan passing, selain itu menggiring bola atau dribbling untuk melewati lawan pada dasarnya sepak bola merupakan menunjukkan skill individu pemain dan ini juga merupakan permainan tim yang didasarkan pada umpan antar anggota tim.

Selanjutnya, umpan jauh atau Throught pass untuk menendang jauh bola dan menjaga gawang atau goal keeping dengan menggunakan seluruh anggota badan teknik ini hanya boleh digunakan oleh satu orang yakni keeper. Teknik dasar selanjutnya yakni menyundul bola atau heading digunakan saat bola ada di udara dengan menggunakan kepala sebagai upaya untuk memasukkan bola ke gawang atau menjauhkan bola. (OL-13)

Baca Juga: Prokes Wajib Diterapkan di Keseharian Cegah Covid-19 Varian Baru

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

AFP

Carrick Mundur Dari MU Usai Menang atas Arsenal

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 03 Desember 2021, 09:40 WIB
MICHAEL Carrick memutuskan mundur dari Manchester United setelah membawa timnya menang atas Arsenal, Jum'at (3/12) dini hari...
AFP

Hebat, Ronaldo Tembus 800 Gol

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 03 Desember 2021, 09:30 WIB
CRISTIANO Ronaldo berhasil melewati rekor 800 gol sepanjang kariernya di sepak bola...
AFP/Ben STANSALL

Ronaldo Dituntut Beradaptasi Dengan Gaya Rangnick

👤Widhoroso 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:41 WIB
CRISTIANO Ronaldo diminta untuk mengubah gaya bermain agar tetap menjadi andalan Manchester United era Ralf...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya