Senin 20 Juli 2020, 18:12 WIB

Manfaatkan Wisma Hambalang, Menpora Minta Izin Jokowi

Akmal Fauzi | Olahraga
Manfaatkan Wisma Hambalang, Menpora Minta Izin Jokowi

Antara
Presiden Joko Widodo (kanan) di Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/3/2016).

MENTERI Pemuda dan Olahaga Zainudin Amali akan memanfaatkan gedung Pusat Pelatihan, Pendidikan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang, Jawa Barat, untuk pembinaan atlet usia muda.

Diketahui, megaproyek senilai Rp2,5 triliun terbengkalai pembangunannya sejak 2011 karena kasus korupsi. Zainudin mengatakan, jika bisa digunakan, pemanfaatan P3SON Hambalang akan didesain ulang.

Baca juga: Anas Siap Buka Keterlibatan Ibas di Kasus Hambalang

“Saya sudah mendapat izin menggunakan Hambalang tapi harus di re-design. Presiden (Joko Widodo) telah memberi arahan boleh digunakan, saya sudah koordinasi dengan Menteri PUPR,” kata Zainudin dalam acara Ngobrol Bareng MNCTrijaya, Senin (20/7).

Zainudin mengatakan, pembinaan atlet usia muda dilakukan sejak usia sekitar 10-13 tahun. Pembinaan juga dipriotitaskan untuk cabang-cabang yang langganan berlaga di Olimpiade seperti angkat besi dan bulutangkis.

“Apalagi kita punya bidding (tuan rumah) Olimpiade 2032. Peak performance atlet kan usia 24, 25 dan 26 tahun, kita perlu persiapkan,” jelas Zainudin.

Dalam desain pembinaan yang sudah dibuat, kata Menpora, mereka yang berusia sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) akan ditempatkan di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PPPON) Cibubur.

Baca juga: Dua Opsi Pemerintah untuk Lanjutkan Proyek Hambalang

“Setelah mereka tamat SMA atau masuk perguruan tinggi kami dorong mereka ke Hambalang sebagai lanjutan pembinaan,” kata Zainudin.

Presiden Jokowi sempat mengunjungi wisma Hambalang pada Maret 2016. Jokowi saat itu berjanji untuk menyelamatkan proyek Hambalang untuk dimanfaatkan kembali. (Mal/A-3)

Baca Juga

AFP

16 Wakil RI Kembali Berjuang di Toyota Thailand Open

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 18 Januari 2021, 17:05 WIB
Kompetisi itu dijadwalkan pada 19-24 Januari di Impact Arena, Bangkok. Berdasarkan hasil drawing terbaru, perjuangan wakil Indonesia akan...
AFP

Yonex Thailand Open 2021, Rionny: Prestasi Indonesia Cukup Baik

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 18 Januari 2021, 16:59 WIB
Satu dari tiga turnamen Leg Asia 2021 yakni Yonex Thailand Open 2021 yang diadakan di Bangkok, Thailand telah usai. skuad Merah-Putih...
AFP

Kinerja Panitia Autralia Terbuka 2021 Dikeluhkan Djokovic

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 18 Januari 2021, 16:05 WIB
PETENIS peringkat satu dunia, Novak Djokovic, mengajukan permohonan kepada Direktur turnamen Australia Terbuka Craig Tiley, menyusul...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya