Rabu 04 Desember 2019, 22:24 WIB

Basket 3x3 tidak Perlu Pemain Naturalisasi

Budi Ernanto | Olahraga
Basket 3x3 tidak Perlu Pemain Naturalisasi

Dok. Ist
Timnas bola basket 3x3 Indonesia harus puas menjadi runner-up di SEA Games 2019.

MANAJER timnas basket 3x3 putra Indonesia Rama Datau mengatakan sangat sulit untuk bisa memasukkan pemain naturalisasi ke dalam skuadnya. Mencari memang mudah, tapi untuk menaturalisasinya sungguh memakan waktu yang cukup lama.

Namun, kata Rama, bukan itu yang menjadi pertimbangan utama untuk tidak menerjunkan timnas basket 3x3 ke SEA Games 2019 di Filipina tanpa pemain naturalisasi. Menurutnya, yang terpenting adalah sebuah tim harus kompak dan punya kemampuan tinggi.

“Kebutuhan akan pemain naturalisasi dalam basket 3x3 dengan basket 5x5 sangat berbeda.  Kehadiran pemain asing belum tentu menjamin tim akan selalu menang. Setelah dipelajari ternyata faktor keberhasilan sebuah tim basket 3x3 yaitu skill pemain dan kekompakan tim,” terang Rama di Manila, Rabu (3/12).

Baca juga: Timnas Bola Basket 3X3 Raih Medali Perak

Rama mengatakan sebenarnya ada kesempatan bagi dirinya untuk mencari pemain yang bisa dinaturalisasi. Tapi, setelah melakukan berbagai diskusi diputuskan untuk tetap mempercayakan ke pemain yang ada.

Hasilnya juga tidak terlalu buruk karena yang didapat adalah medali perak. Timnas 3x3 putra yang tampil hanya dengan komposisi pemain asli lokal indonesia harus puas berada di peringkat kedua karena kalah dari tuan rumah Filipina, 9-21 di babak final. (R-3)

Baca Juga

AFP/Handout Badmintan Tahiland

Greysia/Apriyani Mulus di Laga Awal BWF World Tour Finals

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Rabu 27 Januari 2021, 20:52 WIB
Melakoni pertandingan berdurasi 1 jam 34 menit, pada Rabu, (27/1), wakil Indonesia yang kini menempati peringkat 8 dunia itu berhasil...
Dok PBSI

Hafiz/Gloria Tumbang di Laga Perdana

👤Ant 🕔Rabu 27 Januari 2021, 20:45 WIB
Hafiz/Faizal masih akan melakoni babak penyisihan grup B dengan menghadapi wakil Jerrman Mark Lamsfuss/Isabel Herttrich pada Kamis...
Antara

Bermain Menyerang, Rahasia Ahsan/Hendra Tekuk Wakil Rusia

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 27 Januari 2021, 19:01 WIB
Ganda putra Indonesia berhasil mengalahkan pemain asal Rusia, yakni Vladimir/Ivan, dengan skor kemenangan 21-18, 15-21, 21-17...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya