Selasa 29 Januari 2019, 14:00 WIB

Tim Bulu Tangkis Fokus Pertajam Latihan

Puput Mutiara | Olahraga
Tim Bulu Tangkis Fokus Pertajam Latihan

ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

PASCABERAKHIRNYA ajang Indonesia Masters 2019, tim merah putih kembali mempersiapkan diri untuk mengikuti pertandingan selanjutnya. Berdasarkan hasil evaluasi prestasi yang didapatkan selama sepekan menjadi tuan rumah, para atlet diharapkan bisa lebih siap dari segi teknik, fisik, maupun mental.

Pelatih Tunggal Putra Bulu Tangkis Indonesia Hendri Saputra mengatakan seharusnya bermain di negara sendiri sudah siap secara mental. Akan tetapi, dibutuhkan improvisasi dan kematangan berpikir dari para pemain untuk siap bertanding dan menang.

"Yang saya lihat, (kegagalan) kemarin itu bukan dari mainnya tapi dari kesiapan mental untuk memenangkan satu permainan yang masih perlu kematangan. Tingkat kecerdasan dan keberanian juga penting. Kalau teknik sebetulnya oke karena ada pemain lain yang juga berhasil kita kalahkan," ucapnya kepada Media Indonesia, Senin (28/1).

Kendati demikian, menurut Hendri, keberhasilan memenangkan suatu pertandingan tetap dibutuhkan latihan guna mempertajam teknik serta mematangkan kesiapan fisik dan mental.

"Konsekuen, tingkat kecerdasan perlu diuji lagi. Ini yang mesti dilatih. Seperti Ginting, mempertahankan gelar juara tentu tidak mudah, ini perlu dilatih dan tidak bisa sehari. Banyak faktor, dari pikiran, mental, daya juang, itu perlu dilatih," ungkapnya.

Baca juga: Fitriani Persembahkan Gelar Perdana Bulu Tangkis Indonesia Tahun Ini

Hal senada juga diutarakan Pelatih Tunggal Putri Nasional, Minarti Timur, hasil Indonesia Masters memang dirasa belum maksimal. Akan tetapi, kekalahan yang dialami tim merah putih termasuk sektor tunggal putri karena lawan lebih bisa menguasai keadaan lapangan yang berangin. Pada poin-poin krusial musuh lebih berani, lebih tenang, dan lebih fokus.

"Untuk ke depannya ya mereka harus berlatih lebih keras, menambah power kaki dan tangan, lebih fokus, displin dan belajar dari pertandingan kemarin untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan baik dari segi fisik, teknik, maupun mental," tegas Minarti.

Dalam waktu dekat, tim bulu tangkis Tanah Air harus kembali berlaga di ajang All England. Seluruh tim akan berlatih lebih keras sehingga diharapkan mampu memberikan hasil prestasi yang lebih baik dan bermain secara maksimal.

"Kalau target kan harus dilihat undian ketemu siapa dulu. Yang penting disiapkan maksimal, jadi siapapun lawannya yang lenting bisa main maksimal dan habis-habisan saja," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

AFP/Andy Lyons/Getty Images/

Jalani Operasi, Oladipo Absen Bela Heat di Laga Playoff

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 13 Mei 2021, 10:15 WIB
Pemain yang sudah dua kali tampil di laga All-Star itu membukukan raihan 19,8 poin, 4,8 rebound, dan 4,6 assist per pertandingan bersama...
AFP/Filippo MONTEFORTE

Kalahkan Sinner, Nadal ke Putaran Ketiga Italia Terbuka

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 13 Mei 2021, 08:03 WIB
Peraih 20 gelar Grand Slam itu membukukan kemenangan 7-5 dan 6-4 dalam tempo 2 jam dan 10 menit untuk membuatnya mengantongi rekor...
AFP

Sepatu Rookie Michael Jordan Terjual Rp2,2 Miliar

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 13 Mei 2021, 07:45 WIB
Sepatu milik Jordan itu, berwarna merah, putih, dan hitam khas Chicago Bulls, dikenakan di musim debutnya di NBA pada...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya