Selasa 30 Mei 2023, 21:05 WIB

Denpasar Luncurkan Kampung Keluarga Berkualitas

Ruta Suryana | Nusantara
Denpasar Luncurkan Kampung Keluarga Berkualitas

MI/Ruta Suryana
Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa meluncurkan Kampung Keluarga Berkualitas di Denpasar, Bali, Selasa (30/5).

 

PEMERINTAH Kota Denpasar, Bali, meluncurkan pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas, Selasa (30/5), sebagai implementasi inovasi program kependudukan, keluarga berencana (KB) dan pembangunan keluarga secara utuh.

"Kampung Keluarga Berkualitas merupakan salah satu program prioritas  nasional sebagai upaya pemberdayaan dan penguatan keluarga di tingkat  desa dan kelurahan," ujar Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya  Wibawa saat membacakan sambutan Wali Kota IGN Jaya Negara pada acara  peluncuran yang dilangsungkan di Desa Tegal Harum, Denpasar Barat.

Pemkot Denpasar dalam hal ini siap mendukung penuh pelaksanaan program  ini sebagai salah satu penguatan komitmen pemerintah dalam pencapaian kualitas hidup masyarakat.

Baca juga : Cakupan KB Nasional Baru Jangkau 26 juta Pasangan

Untuk itu, dia meminta kepada seluruh jajaran OPD di lingkungan Pemkot Denpasar agar membuka diri serta saling terbuka dalam menjalin kemitraan guna merealisasikan program ini.

"Kami berharap penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas di Kota Denpasar periode tahun 2023 sampai tahun 2024 dapat terbentuk sesuai target. Mengingat pelaksanan program ini begitu banyak tantangannya, maka saya mengajak seluruh OPD dapat bersinergi untuk hal ini," lanjut Arya Wibawa.

Baca juga : Inpres Kampung Keluarga Berkualitas, Muhadjir : Peran Keluarga Strategis untuk Negara

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), I Gusti Agung Sri Wetrawati mengatakan di Kota Denpasar sendiri sebelumnya sudah terdapat 8 desa yang berpredikat sebagai Kampung Keluarga Berkualitas pada 2016 dan 2021 lalu.

"Setelah 8 desa pada tahun 2016 dan 2021 lalu, maka pada tahun 2023 ini ada19 desa lainnya akan ikut berkomitmen menjadi Kampung Keluarga Berkualitas. Sehingga harapannya di Kota Denpasar akan ada 27 desa yang menjadi Kampung Keluarga Berkualitas," papar Sri Wetrawati.

Dalam Kampung Keluarga Berkualitas, urai Sri Wetrawati, juga akan dimasukkan beberapa indikator pendukungnya. Yakni, Rumah Data Kependudukan dan Informasi Keluarga, yang selanjutnya disebut Rumah DataKu yang merupakan kelompok kegiatan masyarakat yang berfungsi sebagai pusat data dan informasi kependudukan di tingkat mikro.

"Selain itu pola kegiatan Rumah DataKu yang berbasis pada partisipasi masyarakat dalam pengelolaan data akan meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya data dan informasi kependudukan bagi pembangunan," kata Sri Wetrawati. (Z-4)

 

Baca Juga

Antara

Benih Palsu Padi Dominasi Pasar Nasional. Waduh!

👤Bagus Suryo 🕔Jumat 29 September 2023, 22:30 WIB
BENIH palsu padi mendominasi pasar benih tanaman pangan di masyarakat. Peredaran benih tidak terstandar itu jumlahnya mencapai 80% di pasar...
MI/Naviandri

Pegadaian Jawa Barat Perluas Pelayanan

👤Naviandri 🕔Jumat 29 September 2023, 21:43 WIB
Pegadaian membuka layanan baru dengan Point of Sales Pegadaian. Yaitu satu  jenis outlet yang melayani nasabah untuk bertransaksi...
MI/Kristiadi

Debit Air Objek Wisata Situ Gede Kota Tasikmalaya Menyusut Drastis

👤Kristiadi 🕔Jumat 29 September 2023, 21:05 WIB
MUSIM kemarau panjang menyebabkan susutnya debit air di kawasan objek wisata alam Situ Gede di Kelurahan Linggajaya, Kota Tasikmalaya, Jawa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya