Minggu 28 Mei 2023, 07:35 WIB

Kloter I Haji Asal Kalimantan Selatan Siap Berangkat

Denny Susanto | Nusantara
Kloter I Haji Asal Kalimantan Selatan Siap Berangkat

Antara
Ilustrasi - Senin (29/5), Kloter 1 calon jemaah haji asal Kalimantan Selatan diberangkatkan ke Mekkah.

 

KLOTER pertama calon jemaah haji (CJH) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) siap diberangkatkan ke tanah suci Mekkah. Jumlah CJH tahun 2023 asal Kalsel dan Kalimantan Tengah (Kalteng) yang berangkat melalui embarkasi Syamsuddin Noor Banjarbaru tercatat sebanyak 5.493 orang.

"Kloter pertama calon jemaah haji asal Kalsel siap diberangkatkan ke tanah suci," tutur Kepala Bidang Haji, Kanwil Kemenag Kalsel, Rusbandi, Minggu (28/5). 

Sesuai jadwal sebanyak 238 CJH dan petugas haji kloter pertama Kalsel akan masuk asrama haji embarkasi Syamsudin Noor pada Minggu (28/5). Mereka akan diberangkat pada Senin (29/5) siang.

Baca juga: Tips Cegah Hilang Ingatan saat Berhaji

CJH kloter pertama ini berasal dari Kabupaten Banjar. Dijadwalkan para CJH akan diberangkatkan menggunakan pesawat Garuda Indonesia nomor GIA 8101.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dijadwalkan akan melepas keberangkatan CJH. Selanjutnya CJH yang tergabung dalam kloter II asal Kabupaten Tabalong akan berangkat pada Selasa (30/5). Sedangkan kloter II CJH asal Provinsi Kalimantan Tengah berangkat pada Rabu (31/5).

Baca juga: 355 Jemaah Calon Haji Kloter 1 Tiba di Asrama Haji Palembang

Dikatakan Rusbandi pada musim haji 2023 ini jumlah CJH yang berangkat melalui embarkasi Syamsudin Noor sebanyak 5.493 orang. Terdiri dari CJH asal Kalsel sebanyak 3.818 orang dan CJH asal Kalteng sebanyak 1.590 orang.

"Keberangkatan CJH asal Kalsel dan Kalteng ini dibagi dalam 17 kloter dan kloter terakhir asal Kalsel akan bergabung dengan CJH asal Padang," tambah Rusbandi.

Di Kalsel tercatat jumlah calon jemaah yang masuk daftar tunggu haji terus bertambah dan sudah mencapai hampir 140 ribu orang. Dengan asumsi kuota normal haji sebanyak 3.800 orang maka waktu tunggu haji ini selama 36 tahun. Terlebih pasca-covid 19 kuota haji Kalsel mengalami penurunan. (Z-3)

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

KEMENTERIAN PUPR

Kementerian PUPR Promosikan Infrastruktur IKN Nusantara pada Dunia Pelayaran

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 23 September 2023, 09:30 WIB
Nusantara Sail 2023 adalah upaya konkret dari Kementerian PUPR mengkolaborasikan pembangunan infrastruktur dengan potensi maritim...
Ist

Peternak Muda Tulungagung Berkomitmen Bangun Kluster Komoditas

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 23 September 2023, 09:24 WIB
Dengan penurunan produktivitas pertanian, maka para milenial didorong untuk lebih baik mengelola usahanya, dengan memanfaatkan inovasi...
MI/Arnold

Bule Pemukul Polisi di Bali Langsung Dideportasi Usai Divonis 

👤Arnoldus Dhae 🕔Sabtu 23 September 2023, 09:10 WIB
Usai divonis 1 bulan penjara, Adam Alexander langsung dideportasi oleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

  • Presiden PKS Buka-Bukaan Soal Pasangan Amin

    Berikut petikan wawancara khusus wartawan Media Indonesia Ahmad Punto, Henri Salomo, Akhmad Mustain, dan Rifaldi Putra Irianto di kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya