Minggu 26 Februari 2023, 23:10 WIB

Peternakan Kambing Perah di Banyuwangi Bisa Jadi Wisata Edukasi

mediaindonesia.com | Nusantara
Peternakan Kambing Perah di Banyuwangi Bisa Jadi Wisata Edukasi

ANTARA
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani memerah susu kambing etawa

 

KAWASAN peternakan kambing perah jenis etawa di lereng Gunung Raung bisa dikemas menjadi sebuah wisata edukasi.

"Saat ini telah menjadi tren wisata edukasi di kebun dan peternakan. Ini bisa menjadi wisata edukasi dengan menawarkan pengalaman memerah susu dan edukasi terkait susu etawa. Dengan demikian peternak akan semakin berdaya," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Jawa Timur, Minggu (26/2).

Menurut dia, kawasan ternak kambing perah jenis etawa yang berada di Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, itu dalam sepekan mampu menghasilkan 2.000 liter susu etawa.

Oleh karena itu, imbuh Ipuk, potensi susu kambing etawa harus dimanfaatkan salah satunya dengan menjual olahan susu sehingga produksinya bisa dari hulu ke hilir, selain kawasan peternakan tersebut juga bisa dikemas menjadi wisata edukasi.

"Meski dibilang baru dirintis tapi potensi produksi susu kambing etawa ini sangat besar. Ini bisa menjadi ekonomi kerakyatan yang bisa dicontoh desa lain," ujar dia.

Kawasan peternakan kambing perah jenis etawa di Desa Jambewangi ini dikelola Kelompok Usaha Bersama (KUB) Panji Makmur yang didirikan sejak 2018. Usaha ini menggabungkan 15 peternak kambing perah produktif yang ada di lereng Gunung Raung itu.

Baca juga: Tingkatkan Produksi Susu, Peternak Kambing Perah Terapkan GHP

Ketua Kelompok Usaha Bersama Panji Makmur Banyuwangi, Hanif, mengatakan ada sekitar 100 ekor kambing perah produktif yang ada di Jambewangi dengan rata-rata produksi susu kambing sekitar 2.000 liter per minggu.

"Kalau populasi kambing etawa lebih dari 100 ekor dan yang produktif diambil susunya sekitar 100 ekor. Untuk yang murni etawa menghasilkan 1 liter susu per hari, sedangkan yang kawin silang bisa sampai 2 liter per hari," tutur Hanif.

Dia menambahkan, masa produktif kambing perah dimulai saat usia kambing 2 tahun dengan masa perah selama 1 tahun lebih. Setelah kambing melewati masa produktif, dagingnya bisa dimanfaatkan untuk konsumsi atau stok hewan kurban.(Ant/OL-5)

Baca Juga

MI/Lina Herlina

Warga Binaan Rutan Makassar Jalani Terapi Alquran Selama Ramadan

👤Lina Herlina 🕔Minggu 26 Maret 2023, 23:00 WIB
Program Terapi Alquran merupakan hasil kolaborasi antara tim Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Fakultas Psikologi UNM dengan Rutan Kelas 1...
Dok. Kanwil kemenkumham babel

Kakanwil Kemenkumham Babel Beri Motivasi Kepada WBP Lapas Pangkalpinang 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 26 Maret 2023, 22:54 WIB
Harun mengajak para WBP untuk berbuat kebaikan, menjaga lisan, dan rajin beribadah di bulan...
Dok. PPP

Safari Ramadan, Mardiono Silaturahmi ke Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Situbondo

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Maret 2023, 22:39 WIB
Mardiono mengaku silaturahmi kali ini dilakukan untuk meminta doa dan restu terkait kolaborasi antara alumni salah satu Ponpes terbesar di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya