Selasa 17 Januari 2023, 19:01 WIB

Kembangkan UMKM di Binjai, Mendag Dorong Penerapan 4 Pilar Peningkatan Daya Saing

Mediaindonesia.com | Nusantara
Kembangkan UMKM di Binjai, Mendag Dorong Penerapan 4 Pilar Peningkatan Daya Saing

Dok. Kemendag
Mendag ZUlkifli Hasan berbincang dengan pelaku UMKM di Binjai, Sumut

 

MENTERI Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan terus mendorong para pelaku UMKM menerapkan empat pilar peningkatan daya saing. 

Keempat pilar tersebut yakni menyinergikan UMKM, ritel modern, lokapasar, dan perbankan dalam satu ekosistem. Hal tersebut disampaikan Mendag Zulkifli Hasan di hadapan 20 pelaku usaha di Binjai, Sumatra Utara, Selasa (17/1).

"Kementerian Perdagangan terus mendukung pengembangan UMKM melalui program empat pilar peningkatan daya saing UMKM. Jika ekosistemnya terbangun, ekonomi juga akan merangkak naik," ungkap Zulkifli.

Zulkifli  berharap, UMKM di Kota Binjai dapat bersinergi menyuplai produk-produk mereka ke ritel-ritel modern. Selanjutnya produk mereka dapat bersinergi dengan lokapasar melalui berbagai pelatihan yang bertujuan mampu merambah pasar digital. 

"Kami harap UMKM Kota Binjai juga dapat bersinergi dengan ritel modern, lokapasar, dan perbankan untuk terus mengembangkan UMKM di Kota Binjai," tambahnya.

Baca juga : Masih Ada Panen, Kabupaten Malang belum Perlu OP Beras

Mendag mengatakan, pemerintah saat ini sangat mendukung UMKM dalam hal pembiayaan, antara lain kerja sama dengan perbankan dalam skema Kredit Usaha Rakyat (KUR). Serta mendorong warga pedesaan untuk menjadi pengusaha. 

Salah satu peserta pameran yang juga pendiri TAN Collection dan Kelompok Rambutan Binjai, Tan Darwania Makatita menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah dan meminta dukungan dalam mengembangkan hasil produk UMKM Kota Binjai.

"Kami mohon dukungan atas produktivitas UMKM di sanggar TAN Collection pada khususnya, dan semua UMKM di Kota Binjai pada umumnya, sehingga UMKM di Kota Binjai semakin berkembang,"  Tan menimpali.

Dalam kunjungan kali ini, turut hadir juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan Didid Noordiatmoko. Mereka juga ikut berbincang di hadapan para pelaku UMKM yang mayoritas bergerak di bidang tekstil dan kuliner. (RO/OL-7)

Baca Juga

DOK.MI

BPBD Nagan Raya Kerahkan Tim Evakuasi Korban Tertimbun Longsor

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 23:50 WIB
Sejauh ini baru satu orang yang diduga tertimbun tanah longsor di kawasan hutan yang dijadikan tempat penambangan emas ilegal...
DOK.MI

Remaja Tenggelam di Perairan Pulau Beting Ditemukan Meninggal

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 23:43 WIB
Ia menjelaskan korban ditemukan meninggal dunia pada titik koordinat 2°8'16"N 101°33'24"E,". Korban...
DOK.MI

Polda Bali Tangkap Buronan Interpol Terlibat Penyelundupan 160 Kg Ganja

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 23:40 WIB
DPO Interpol Antonio Strangio pada 2015 dilaporkan hendak membawa ganja ke pasar gelap di Roma,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya