Jumat 30 Desember 2022, 09:15 WIB

BPIP Lakukan Trauma Healing Korban Gempa Cianjur

Mediaindossia.com | Nusantara
 

KORBAN Gempa Bumi di Kabupaten Cianjur tepatnya di Kampung Keramat, Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat diberikan trauma healing oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan sosial, sesuai dengan sila-sila Pancasila baik kemanusiaan, keadilan maupun persatuan," ujar Wakil Kepala BPIP Karjono usai meninjau lokasi bencana Selasa, (27/12).

Ia menjelaskan bantuan untuk korban tidak hanya bentuk sandang, pangan atau papan tetapi pemulihan emosi korban dari ketakutan masa lalu.

"Kita sesama manusia untuk saling gotong royong, saling meringankan, saling mengharumkan saling memberi agar hidup ini selaras sejalan dan seimbang," paparnya.

Dirinya juga menegaskan menolong tidak harus berbentuk barang tetapi juga sikologis dan tidak harus memandang siapa orang yang ditolong.

"Hidup ini adalah diharuskan saling tolong menolong, tanpa harus melihat agama, warna kulit, tanpa melihat suku. Justru perbedaan merupakan kekuatan," ujarnya.

"Kekuatan inilah menjadi soko guru Indoensia, agar manusia Indoensia tercipta satu wadah yaitu NKRI," tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama Dewan Pakar BPIP Darmansjah Djumala mengatakan kegiatan itu merupakan salah satu contoh Pancasila dalam tindakan.

Baca juga : Fun Farmers Day, Ribuan Petani Lembang Pamerkan Hasil Pertanian

Banyaknya bantuan sosial dari berbagai kalangan secara spontan untuk korban gempa membuktikan bahwa nurani kemanusian memang sudah menjadi nilai yang hidup di kalbu masyarakat Indonesia. 

Dalam kesempatan tersebut BPIP dan tim memberikan tali kasih dengan berbagai bentuk dari mulai senam, lomba masak, bermain, belajar dengan balutan nilai-nilai Pancasila. BPIP juga berpartisipasi membangun enam unit hunian sementara (Huntara) dengan nama "Rumah Pancasila". 

Selain huntara, kolaborasi dengan unit kerja di lingkungan BPIP juga, tim memberikan tali kasih yakni 30 set permainan Panca Main, 4 buah permainan ular tangga besar, 150 permainan anak, 20 set alat makan lengkap, 20 set alat pertukangan, sembako dan sejumlah uang donasi dari pegawai BPIP. 

Kunjungan tersebut dipimpin langsung Kepala BPIP Yudian Wahyudi didampingi Wakil Kepala BPIP Karjono, Sekretaris Utama BPIP Adhianti, Dewan Pakar BPIP, Stafsus Ketua Dewan Pengarah BPIP, Pejabat Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan BPIP, DPPI, Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2022, IOSKI, KPOTI, Rumah Garuda dan mitra BPIP lainnya. (RO/OL-7) 

Baca Juga

ANTARA

Bulog Pekalongan Gelontorkan Puluhan Ton Beras Untuk Stabilkan Harga

👤Akhmad Safuan 🕔Rabu 01 Februari 2023, 17:18 WIB
PERUM Bulog Cabang Pekalongan, Jawa Tengah menggelontorkan 28 ton beras kelas medium ke 12 pasar di wilayah pantai utara (pantura). Hal itu...
Dok. Pribadi

Cerita Eka Demyanti Membangun Salon Kecantikan Hingga Bersertifikasi Internasional

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 17:17 WIB
Dengan banyaknya pelanggan yang merasakan hasil nyata dan puas, membuat usahanya itu menjadi salah satu salon kecantikan terbaik di Jawa...
Dok. Pemprov Jateng

Taj Yasin Minta Mahasiswa Rawat Guyub Rukun Masyarakat 

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 17:15 WIB
"Alhamdulilah di Jateng sendiri untuk polarisasi agama, suku, kelompok, itu sampai saat ini masih bisa kita patahkan, karena...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya