Kamis 29 Desember 2022, 19:10 WIB

Bulog Banyumas Gelontorkan Beras Murah Untuk Stabilkan Harga

Lilik Darmawan | Nusantara
Bulog Banyumas Gelontorkan Beras Murah Untuk Stabilkan Harga

MI/Lilik Darmawan
Bulog Cabang Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) menggelontor beras ke pasar-pasar setiap hari untuk stabilisasi harga.

 

UNTUK menstabilkan harga, Bulog Cabang Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) menggelontor beras ke pasar-pasar setiap hari. Saat ini, harga beras medium berkisar antara Rp11 ribu hingga Rp12 ribu per kilogram (kg). Sementara beras yang digelontorkan ke pasaran hanya dipatok sesuai harga eceran tertinggi (HET) yakni Rp9.450 per kg.

Pemimpin Perum Bulog Cabang Banyumas Rasiwan mengatakan pada masa paceklik seperti sekarang, Bulog Banyumas terus berusaha mengawal dan melakukan stabilisasi harga beras di pasaran. "Hari ini, kami menggelontorkan 1,5 ton beras ke empat kabupaten wilayah kerja Bulog Banyumas yakni Banyumas, Cilacap, Purbalingga dan Banjarnegara," jelas Rasiwan, Kamis (29/12).

Menurutnya, pendistribusian beras mediaum ke pasar-pasar tersebut dilakukan sampai panen raya tiba pada tahun depan. "Kami ingin memastikan bahwa stok beras di pasaran cukup dengan harga yang wajar dan terjangkau oleh konsumen. Ada dua pasar yang kami pantau secara khusus yakni di Purwokerto dan Cilacap. Terutama pasar yang disurvei oleh BPS," katanya.

Secara keseluruhan, beras medium dengan HET Rp9.450 yang telah digelontorkan ke pasaran mencapai 28.400 ton. "Hampir setiap harinya, kami mendistribusikan beras masing-masing 1,5 ton ke pasar di empat kabupaten yakni Banyumas, Cilacap, Purbalingga dan Banjarnegara. Jadi rata-rata setiap harinya 6 ton untuk empat kabupaten," ujar Rasiwan.

Dari 28.400 ton yang digelontorkan untuk empat kabupaten, sebanyak 9.200  ton di antaranya didistribusikan untuk pasar-pasar di Banyumas. "Sebagai lembaga pangan yang bertugas melakukan stabilisasi harga, Bulog akan terus menjaga ketersediaan pangan sekaligus mengendalikan harga di pasaran," tambahnya. (OL-15)
 

Baca Juga

Mi/Agus Utantoro

DPW Partai NasDem DIY Gelar Silaturahmi Dengan Relawan Pemenangan Anies

👤Agus Utantoro 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 20:05 WIB
DEWAN Pimpinan Wilayah Partai NasDem DIY menggelar silaturahmi dengan belasan kelompok relawan pemenangan Anies Baswedan, Sabtu...
DOK MI

Polisi Periksa Delapan Saksi Terkait Dugaan Pelecehan Seksual Balita Di NTT

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:29 WIB
POLRES Manggarai Timur, NTT telah meminta keterangan delapan orang saksi terkait laporan dugaan kasus pelecehan seksual terhadap seorang...
Dok MI

Marudut Peringatkan Jangan Sebar Isu Hoaks Kasus Hanifah Husein

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:47 WIB
Marudut menegaskan bahwa pihaknya telah memastikan MAKI tidak memiliki cabang di Sumatera...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya