Senin 28 November 2022, 21:00 WIB

Farhan Gelar Dengar Pendapat di Kota Bandung Bahas Ancaman Hoaks

Media Indonesia | Nusantara
Farhan Gelar Dengar Pendapat di Kota Bandung Bahas Ancaman Hoaks

DOK/NasDem
Anggota DPR RI Muhammad Farhan bersama pemuda di Kota Bandung

 

Anggota DPR RI Muhammad Farhan menggelar dengar pendapat bersama warga Kota Bandung, dengan tema Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa Menghadapi Ancaman Hoaks.

Acara yang dihadiri anak muda dan anggota Karang Taruna itu digelar di di Cafe Ganesha, Jalan Brigjen Katamso, pertengahan pekan lalu.

"Kegiaan kali ini merupakan salah satu tugas yang diembankan kepada saya oleh Pimpinan MPR RI Lestari Moerdijat agar menggelar dengar pendapat dengan masyarakat atau sosialisasi tentang Pancasila kepada konstituen kita di daerah masing-masing," kata kader Partai NasDem itu.

Hoaks atau berita bohong, tututrnya, meruakan ancaman dari dalam yang akan memecah belah Indonesia. "Itu sudah terbukti," tegasnya.

Menurut Farhan, hoaks yang mesti diwaspadai saat ini di media sosial adalah tentang jasa keuangan. "Hoaks ini sangat membahayakan, karena banyak pihak yang menawarkan pinjaman dan barang padahal tidak ada."

Sementara menghadapi tahun politik, serangan berita bohong yang harus diwaspadai ialah hoaks terhadap para calon dan partai, karena bisa memecah belah persatuan.

Ia menegaskan media sosial saat ini sangat bebas, demokratis, dan tempat untuk berekspresi. "Tetapi tetap kita harus hati-hati, jangan menghina agama lain, dan gunakan bahasa yang sopan," tegasnya.

Lebih lanjut Muhammad Farhan mengingatkan, bahwa membuat, menyimpan, dan menyebarkan konten porno di media sosial dapat dipenjara, "Dalam ruang publik, hukum negara berlaku," tegasnya.

Menjual produk palsu di media sosial, lanjutnya, juga bisa dilaporkan ke polisi, begitu juga dengan melecehkan seseorang di media sosial.

"Pastinya jangan tumpahkan kekesalan di media sosial. Silakan  manfaatkan media sosial untuk hal yang baik," pungkasnya. (N-2)

Baca Juga

DOK.MI

BPBD Nagan Raya Kerahkan Tim Evakuasi Korban Tertimbun Longsor

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 23:50 WIB
Sejauh ini baru satu orang yang diduga tertimbun tanah longsor di kawasan hutan yang dijadikan tempat penambangan emas ilegal...
DOK.MI

Remaja Tenggelam di Perairan Pulau Beting Ditemukan Meninggal

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 23:43 WIB
Ia menjelaskan korban ditemukan meninggal dunia pada titik koordinat 2°8'16"N 101°33'24"E,". Korban...
DOK.MI

Polda Bali Tangkap Buronan Interpol Terlibat Penyelundupan 160 Kg Ganja

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 23:40 WIB
DPO Interpol Antonio Strangio pada 2015 dilaporkan hendak membawa ganja ke pasar gelap di Roma,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya