Senin 21 November 2022, 12:55 WIB

DN alias Dar, Terlapor Kasus Dugaan Penipuan Rp175,5 Miliar Ditetapkan sebagai Terdakwa

Voucke Lontaan | Nusantara
DN alias Dar, Terlapor Kasus Dugaan Penipuan Rp175,5 Miliar Ditetapkan sebagai Terdakwa

MI/VOUCKE LONTAAN
Kuasa hukum korban penipuan, Boyce Alvhan Siringoringo

 

SETELAH mengambil upaya hukum perdata melalui gugatan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, DN alias Dar ditetap sebagai terdakwa dalam  proses hukum pidana.

"Kami sudah melayangkan laporan polisi sejak akhir tahun lalu. Tapi terlapor merespon balik dengan mengajukan gugatan perdata. Karena itu, kami menjalankan proses pidana dan perdata secara bersamaan," kata tim kuasa hukum korban, Boyce Alvhan Siringoringo, yang dihubungi saat sedang mengambil salinan putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (21/11).

Putusan perdata sudah dibacakan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, pada 21 Oktober 2022. Hakim menyatakan menerima eksepsi tergugat dan menyatakan gugatan penggugat tidak dapat diterima.
 
"Mungkin maksud gugatan mereka untuk mengenyampingkan unsur pidananya. Tapi yang jelas apapun motifnya sudah kami patahkan dengan adanya putusan perdata ini," ujar Boyce.

Dar dilaporkan ke polisi karena dugaan penipuan ke sejumlah pihak. Salah satu di antaranya ialah klien Boyce.

Terkait status Dar yang masih menyatakan dirinya sebagai Director at Apex Fund Services, seperti yang Dilansir dari laman Linked.in miliknya, menurut Boyce, selama proses hukum yang dijalankan memang menutup akses publik terhadap beberapa akun sosial media miliknya.

"Soal sosial media yang ditutupi itu hak pribadinya yang bersangkutan. Sementara soal keberadaan faktualnya saya tidak tahu menahu, yang jelas Info yang saya dapat dari penyidik saat ini dia ditahan di Rutan Salemba," tutur Boyce.

Dia menambahkan dari kasus ini, krugian pokok kliennya sudah mencapai sekitar Rp11 miliar, dengan profit yang dijanjikan secara tertulis Rp175,5 miliar.

"Belum lagi kerugian beberapa korban lainnya yang juga sempat kami hadirkan sebagai saksi di pengadilan. Nominalnya jelas tidak sedikit, agar tidak terdapat kejadian berulang serta bertambahnya korban lainnya kami pasti akan terus melakukan upaya hukum agar si pelaku ditindak dengan sebagaimana mestinya," imbuhnya. (VL)

 

Baca Juga

Dok. JAwa Eye Indonesia

Jawa Eye Indonesia Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Kamis 01 Desember 2022, 02:01 WIB
PR Manager Jawa Eye Indonesia Setiadi menyatakan bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian Jawa Eye Indonesia atas musibah Gempa...
MI/HO

Paramitha DPR Kawal Pemasangan Listrik Baru di Brebes

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 22:49 WIB
Pemerintah merencanakan bantuan pasang baru listrik 2022 kepada 1.086 rumah warga miskin di Brebes, Jawa...
Dok. Peradi

Peradi Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 21:54 WIB
Hal ini merupakan satu misi peduli kemanusiaan dari para pengurus dan advokat anggota Peradi yang tersebar di berbagai wilayah di Tanah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya