Senin 14 November 2022, 19:20 WIB

Petani Milenial Meningkat, Pemkab Tulungagung Apresiasi Kementan

mediaindonesia.com | Nusantara
Petani Milenial Meningkat, Pemkab Tulungagung Apresiasi Kementan

dok.ist
Pemkab Tulungagung telah melaksanakan pelatihan, pemagangan dan hibah kompetitif.

 

KEMENTERIAN Pertanian RI bersama Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) menggelar Forum Multi Pemangku Kepentingan tingkat Kabupaten (District Multi Stakeholder Forum/DMSF) Tahap II di Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Kegiatan DMSF Program YESS digelar oleh Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) yakni Polbangtan Malang selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Jatim bersama Bappeda Pemkab Tulungagung, belum lama ini.

Kegiatan DMSF kedua pada 2022 tersebut fokus pada evaluasi sejumlah kegiatan yang telah terlaksana tahun ini. Tujuannya, mempertemukan beberapa stakeholder terkait yang telah mendukung dan terlibat pelaksanaan Program YESS.

Hadir sejumlah pejabat terkait dari Dinas Pertanian,  Pertanian, Business Development Services Provider (BDSP), Dinas Koperasi, Kontak Tani Nelayan (KTNA),  Dinas Tenaga Kerja, Dinas Peternakan dan lainnya.

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan menegaskan bahwa Pemerintah RI terus mendorong peran vital sektor pertanian dalam menciptakan lapangan kerja di pedesaan.

"Tujuannya, meningkatkan pendapatan keluarga petani, serta memastikan ketahanan pangan nasional. Regenerasi petani merupakan harga mati yang harus segera kita realisasikan bersama,” katanya.

Selaras hal itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan, peningkatan produktivitas pertanian dilakukan melalui peningkatan kualitas, kapasitas dan pengetahuan SDM pertanian.

“Pertanian saat ini berbeda dengan sebelumnya. Kita masuk era pertanian internet of things dan artificial intelligent. Satelit sudah main. Bukti pertanian itu keren. Mental tak mudah menyerah, mandiri, adaptif, inovatif serta disiplin tinggi yang menjadi modal dasar keberhasilan pembangunan pertanian," kata Dedi Nursyamsi, dalam keterangannya, Senin (14/11/2022).

Dedi Nursyamsi menambahkan strategi Kementan adalah mendorong kewirausahaan pemuda. Pemerintah, khususnya Kementan, terus mencari peluang membangun ekosistem kewirausahaan bagi generasi muda, guna mengoptimalkan pemanfaatan potensi demografi tersebut.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Perekonomian dan SDA Pemkab Tulungagung, Deddy Eka Purnama yang mengapresiasi Kementan melalui Program YESS, untuk mendukung terwujudnya regenerasi pertanian, meningkatkan kompetensi SDM dari pedesaan dan meningkatnya jumlah wirausahawan muda pertanian.

Deddy EP mengatakan bahwa pada 2022, Pemkab Tulungagung telah melaksanakan pelatihan, pemagangan, open day, dan hibah kompetitif.

"Pada pelaksaaan kegiatan tersebut, DIT (District Implementation Team) selaku pelaksanaan program di daerah telah melibatkan stakeholders terkait dalam pelaksanaan kegiatan utamanya pada pelatihan," katanya.

Pada sesi terakhir, digelar Focus Group Discussion (FGD) antara PPIU Jawa Timur, Bappeda dan stakeholders.

Manajer PPIU Program YESS Jatim, Acep Hariri mengatakan kegiatan FGD tersebut disampaikan beberapa kendala yang dihadapi selama pelaksanaan kegiatan. Hasil dari FGD menjadi dasar melakukan perbaikan agar kegiatan pada 2023 telaksana lebih baik.

"Selain itu, juga perlu ditingkatkan peran dari masing-masing stakeholders sesuai tupoksi-nya sehingga ke depan, dapat terintegrasi dengan Program YESS dengan lebih baik," katanya. (OL-13)

Baca Juga

MI/ALEXANDER P TAUM

Sampai Akhir 2022, Kuota PPPK di Lembata belum Terisi

👤Alexander P Taum 🕔Selasa 06 Desember 2022, 14:10 WIB
Kebutuhan tenaga PPPK di Kabupaten Lembata hanya  memerioritaskan dua kategori yakni tenaga Kesehatan dan tenaga kependidikan atau...
MI/VOUCKE LONTAAN

Raih WTP Sembilan Kali Berturut-turut, Pemkab Minahasa Terima Penghargaan BPK RI

👤Voucke Lontaan 🕔Selasa 06 Desember 2022, 14:05 WIB
Opini wajar tanpa pengecualian diperoleh berkat peran serta semua instansi di jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa dalam pengelolaan...
Dok. Kemenparekraf

Sosialisasi Sadar Wisata di Klaten, Kemenparekraf Tekankan Soal CHSE

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 14:02 WIB
Kampanye Sadar Wisata 5.0 merupakan kegiatan yang bertujuan meningkatkan kompetensi dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata....

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya