Kamis 10 November 2022, 18:33 WIB

Peringati Hari Pahlawan, Wali Kota Pematang Siantar Ajak Veteran Naik Becak BSA ke TMP Nagur

Apul Iskandar | Nusantara
Peringati Hari Pahlawan, Wali Kota Pematang Siantar Ajak Veteran Naik Becak BSA ke TMP Nagur

MI/Apul iskandar

 


PERINGATI Hari Pahlawan di Kota Pematang Siantar, Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani mengajak para veteran untuk naik becak ciri khas Kota Pematang Siantar, becak Birmingham Small Arms (BSA). Mereka naik becak dari Lapangan H Adam Malik menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Nagur di Jalan Sangnaualuh Damanik, Kota Pematang Siantar, Sumatra Utara, Kamis (10/11).

Sebelumnya, Wali Kota Susanti memimpin upacara bendera peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 Tingkat Kota Pematang Siantar, di Lapangan H Adam Malik Kota Pematang Siantar.

Upacara peringatan Hari Pahlawan
berlangsung khidmat dan tertib. Saat pengibaran bendera Merah putih diiringi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, seluruh kendaraan yang melintas di seputaran Lapangan H Adam Malik diberhentikan hingga bendera Merah Putih selesai dikibarkan. Hal tersebut sebagai bentuk penghormatan terhadap bendera Merah Putih dan jasa para pahlawan yang telah gugur untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia.

Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia Tri Rismaharini dalam amanatnya yang dibacakan Susanti mengajak untuk menjadikan momentum peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, dan saling menghargai satu sama lain.

"Peringatan Hari Pahlawan tahun ini bertema 'Pahlawanku Teladanku'.  Dengan semangat Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat. Janganlah kita mau dipecah- belah," katanya.

Mengisi kemerdekaan dengan menjadi Pahlawan, kata dia, dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar, dan seterusnya.

"Jadikanlah semangat dan nilai–nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama. Bersama kita kenang dan hormati perjuangan para pahlawan. Bersama kita bangun ingatan kolektif bangsa agar dapat implementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan. Bersama kita perkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang merupakan amanat pahlawan bangsa," katanya.

Peringatan Hari Pahlawan tersebut dimeriahkan penampilan marching band siswa-siswi SMA Negeri 4, drama perjuangan dari SMP Negeri 4, tari-tarian berbagai adat oleh pelajar SMP Negeri 1, puisi dari SMP Negeri 11, serta dilanjutkan berziarah ke TMP Nagur dengan melakukan parade Becak BSA. (AP/OL-10)

Baca Juga

ANTARA/Jojon

7.302 Nakes di Palembang sudah Divaksinasi Booster Kedua

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:48 WIB
Sebanyak 7.303 orang tenaga kesehatan (nakes) di Kota Palembang per 6  Desember sudah melakukan vaksinasi penguat (booster) kedua...
DOK.MI

Kejari Lombok Timur Tahan 3 Tersangka Kasus Korupsi Alsintan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:33 WIB
Tersangka ketiga tersebut berinisial AM yang berperan sebagai eksekutor pembentuk usaha pelayanan jasa alsintan (UPJA) pada dua kecamatan...
MI/Gabriel Angga

Viktor Laiskodat tidak Ingin Maju Lagi pada Pilkada 2024

👤Palce Amalo 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:04 WIB
Ia mengatakan apabila kepala daerah tidak bekerja serius untuk kepentingan rakyat, harus diberhentikan karena tidak layak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya