Minggu 06 November 2022, 22:02 WIB

Kementan Gelar Job Fair dan Bazar UMKM di Pacitan

mediaindonesia.com | Nusantara
Kementan Gelar Job Fair dan Bazar UMKM di Pacitan

dok.kementan
Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana (ke-6 kanan) dan Sekda Pacitan, Heru Wiwoho (ke-6 kiri)

 

PEMERINTAH melalui Kementerian Pertanian RI terus berupaya meningkatkan kualitas SDM pertanian, yang terus ditunjukan dalam bentuk nyata. Dalam upaya menumbuhkan minat generasi milenial terhadap sektor pertanian, Kementan terus mendorong generasi milenial dapat memanfaatkan peluang tersebut.

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo berharap agar generasi milenial dapat mengambil peranan dalam pembangunan pertanian.

“Terbukti banyak pemuda-pemudi terdidik saat ini yang menjadi pelopor dalam usaha pertanian. Itulah contoh nyata, pertanian tidak identik dengan kotor dan kemiskinan, apalagi ditunjang dengan mekanisasi dan inovasi teknologi yang menjadikan pertanian lebih modern dan menjanjikan,” katanya.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa petani milenial merupakan ujung tombak pembangunan pertanian.

“Kalian harus menjadi qulified job seekers dan job creator. Kalian harus bisa menjadi SDM pertanian yang profesional, mandiri, berdaya saing dan berjiwa enterpreneurship yang tinggi," katanya.

Dedi Nursyamsi menambahkan kapasitas dan kompetensi tersebut akan mampu menggenjot kreativitas pertanian. Mampu menggenjot ekspor.

Salah satu upaya, dilakukan Kementan melalui Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) khususnya Polbangtan Malang selaku Project Provincial Implementation Unit (PPIU) Provinsi Jawa Timur dalam Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS).

Kementan melalui Program YESS bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan memberikan fasilitas bagi pencari kerja melalui kegiatan pameran bursa kerja yakni Job Fair dan Bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Tahun 2022 di Pacitan, Sabtu (5/11/2022).

Upaya Kementan dan YESS disambut baik oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pacitan, Heru Wiwoho yang menghadiri Job Fair dan Bazzar UMKM sekaligus membuka kegiatan tersebut.

"Terima kasih atas terselenggaranya event yang sangat luar biasa pada hari ini. Tentunya, harapan Pemkab Pacitan dengan adanya kegiatan ini akan menumbuhkan perekonomian di Pacitan," katanya.

Heru Wiwoho menambahkan, potensi pertanian Pacitan cukup luas dan luar biasa. Sudah ada yang diekspor sehingga perlu dieksplorasi. "Job Fair dan Bazar UMKM dapat menjadi media promosi kepada masyarakat bahwa Pacitan punya potensi dan daya saing di sektor pertanian," katanya lagi.

Turut hadir Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udraryana; Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Pacitan; sejumlah perwakilan perusahaan, dan pelaku UMKM Kabupaten Pacitan; dan Manajer PPIU YESS Jatim, Acep Hariri pada kegiatan yang berlangsung di halaman Perpustakaan Daerah Pemkab Pacitan, Jl Ahmad Yani 37.

"Hari ini sangat luar biasa karena Pemkab Pacitan mendukung penuh Program YESS yang diinisiasi oleh Kementan. Misi dari Program YESS adalah membangun generasi muda untuk lebih cinta pertanian," kata Setya Budhi Udrayana ungkap Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 5 dan 6 November 2022 bertujuan memfasilitasi pertemuan kedua belah pihak pencari kerja maupun pengguna tenaga kerja (perusahaan).

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Heru Wiwoho dan Direktur Setya BU beserta kepala dinas mengunjungi booth pelaku UMKM peserta bazaar serta berdialog untuk menyerap aspirasi dari para pelaku UMKM Pacitan.

Sekitar 12 perusahaan mengikuti Job Fair dan 20 UMKM berpartisipasi Bazar UMKM 2022 di Pacitan tersebut. (OL-13)

 

Baca Juga

dok.ist

PT Jasaraharja Putera Giat Aksi Kemanusiaan untuk Korban Gempa Cianjur

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 11:57 WIB
PT Jasaraharja Putera melakukan aksi kemanusiaan kepada para korban gempa bumi di Cianjur, Jawa...
MI/Djoko Sardjono

Harga Kebutuhan Pokok Melonjak di Surabaya

👤Faishol Taselan 🕔Minggu 04 Desember 2022, 10:55 WIB
SEJUMLAH harga bahan pokok mulai naik menjelang momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Di Pasar Tambahrejo, Kota Surabaya, ada beberapa...
dok.Ant

Ribuan Burung Ilegal dari Bali Disita di Pelabuhan Ketapang

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 04 Desember 2022, 10:45 WIB
RIBUAN burung yang diduga akan diselundupkan dari Bali menuju Pulau Jawa berhasil disita petugas Karantina di Pelabuhan Ketapang,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya