Jumat 04 November 2022, 15:20 WIB

Kepala BNPT Ajak Generasi Muda Bentengi Diri dari Paham Radikalisme

Mediaindonesia.com | Nusantara
Kepala BNPT Ajak Generasi Muda Bentengi Diri dari Paham Radikalisme

Dok.bnpt
Kepala BNPT Boy Rafli (kiri depan) dalam sebuah acara diskusi kebangsaan.

 

TIDAK ada cara yang lebih ampuh dalam melawan terorisme kecuali dengan melibatkan masyarakat. Hal itu dikatakan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia Komjen Pol. Boy Rafli Amar.

Menurutnya, cara ampuh dalam melawan ideologi radikalisme terorisme dapat dilakukan dengan pertahanan semesta. Salah satunya  dengan pendekatan soft approach melalui dialog kebangsaan. 

"Kita lawan terorisme dengan pertahanan semesta dalam menghadapi ideologi terorisme salah satunya melalui warung NKRI ini," ujarnya.

Boy menerangkan perang melawan faham radikalisme tidak bisa lagi dengan senjata  namun dengan penguatan rasa cinta tanah air dan bangsa. "Jadi kalau masyarakat cinta NKRI, musuh negara yang namanya terorisme tidak akan pernah bisa datang."

Ia menambahkan, sosialisasi ideologi kebangsaan dan membangun gerakan cinta NKRI di seluruh Indonesia sangat penting dan strategis sebagai upaya vaksinasi terhadap virus intoleran. "Kita harus yakin negara kita dapat melawan  terorisme melalui wawasan kebangsaan, revitalisasi Pancasila, moderasi beragama, pembangunan kesejahteraan dan penguatan akar budaya bangsa." 

Menurut dia kelompok teroris tidak suka dengan keberagaman karena sifat mereka yang ekslusif dan intoleran. Karena itu generasi muda baik pelajar, mahasiswa, anggota organisasi kemasyarakatan menjadi garda terdepan untuk melawan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila. (RO/A-1)

Baca Juga

MGN/ Yuki Pramudya

Polisi: Satu Keluarga Tewas di Magelang akibat Diracun Anak Sendiri

👤Yuki Pramudya (MGN), Muklis Efendi (SB) 🕔Selasa 29 November 2022, 17:45 WIB
"Anak kedua korban diduga kuat sebagai pelaku yang meracuni keluarganya sendiri hingga ketiganya tewas,” ujar Dirreskrimum Polda...
ANTARA/Iggoy el Fitra

UMP Sumbar 2023 Naik 9,15 Persen

👤Yose Hendra 🕔Selasa 29 November 2022, 17:29 WIB
Jumlah ini sesuai dengan yang disepakati dalam rapat Dewan Pengupahan yang berlangsung 3 kali secara tripartit dengan unsur...
Dok.PGRI

Peringatan HUT PGRI, Wali Kota Pematang Siantar Serahkan Penghargaan kepada Guru Penggerak

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 November 2022, 17:25 WIB
PGRI Kota Pematang Siantar memberikan apresiasi kepada Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani yang telah memberikan dukungan moril...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya