Kamis 13 Oktober 2022, 20:17 WIB

Harga Kedelai Naik, Perajin Tahu Tempe Di Kota Tasikmalaya Menjerit

Kristiadi | Nusantara
Harga Kedelai Naik, Perajin Tahu Tempe Di Kota Tasikmalaya Menjerit

ANTARA/Adeng Bustomi
Perajin tahu

 

PERAJIN tahu tempe di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat mengeluhkan mahalnya harga kedelai yang kini mencapai Rp13.500 per kilogram. Kondisi ini membuat sebagian perajin tahu tempe menghentikan produksinya.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Himpunan Perajin tahu tempe (HPT2) Tasikmalaya, Imin Muslimin, Kamis (13/10). Ia mengatakan, mahalnya harga kedelai membuat perajin tahu tempe terhimpit karena biaya produksi tidak sebanding dengan penjualan.

"Ada sebagian perajin tahu tempe di Kota Tasikmalaya yang memproduksi hingga menjual tahu tempe ke pasar tradisional. Akan tetapi, saat ini dari mereka meradang karena harga bahan baku mengalami kenaikan," kata Muslimin.

Dikatakan, pengurus dan anggota Koperasi Perajin Tahu Tempe Indonesia (Kopti) bersama Himpunan Perajin Tahu Tempe (HPT2) Tasikmalaya selama itu memang mengeluhkan harga kedelai yang tinggi. Dijelaskan, saat ini sebagian perajin masih berproduksi namun ada juga yang menghentikan sementara produksinya.

"Perajin yang menghentikan produksinya karena tidak memiliki modal besar. Bahkan, ada yang sudah gulung tikar," ujarnya.

Mahalnya harga kedelai, jelasnya, membuat para perajin tahu tempe di Kota Tasikmalaya memperkecil ukuran tahu ataua tempat serta menaikan harga jual. Tapi hal tersebut tidak banyak membantu.

"Naiknya harga kedelai sangat memberatkan. Seharusnya pemerintah pusat maupun daerah merespon kondisi ini dan mencarikan solusi terbaik," paparnya. (OL-15)

Baca Juga

dok.mi

Jumlah Kasus Rabies di Agam pada 2022 Turun Dibanding 2021

👤Yose Hendra 🕔Rabu 08 Februari 2023, 21:14 WIB
DINAS Pertanian Kabupaten Agam, Sumbar mencatat kasus rabies pada 2022, menurun dibanding tahun...
DOK pribadi.

Lima Rumah Semipermanen Didonasikan untuk Korban Gempa Cianjur

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 20:49 WIB
Program Rumah Hunian itu merupakan kerja sama SiCepat Ekspres bersama dengan kanal aduan kemanusiaan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jawa...
ANTARA

Pemkot Yogyakarta Gencarkan Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Kedua

👤Ardi Teristi 🕔Rabu 08 Februari 2023, 20:47 WIB
KEPALA Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani menyampaikan vaksinasi Covid-10 dosis penguat (booster) kedua terus ditingkatkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya