Senin 12 September 2022, 20:33 WIB

Bibit Kopi dan Alpukat Ditanam di Gunung Gambar untuk Konservasi Lahan

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Bibit Kopi dan Alpukat Ditanam di Gunung Gambar untuk Konservasi Lahan

Dok UGM
Kegiatan Konservasi Lahan di Gunung Gambar

 

KAWASAN agrowisata religi Gunung Gambar, Kalurahan Kampung, Kapanewon Ngawen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dikonservasi dengan ditanami 22 ribu bibit kopi dan penanaman 204 bibit alpukat unggul oleh Fakultas Pertanian UGM. Kegiatan tersebut merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam rangka Dies Natalis Fakultas Pertanian ke-76.

Koordinator tim pengabdian Dies Natalis ke-76 Fakultas Pertanian UGM Dody Kastono menyampaikan kegiatan pengabdian di Gunung Gambar telah dimulai sejak tahun 2018 hingga saat ini oleh Departemen Budidaya Pertanian UGM. Kegiatan yang dilakukan adalah penanaman kopi robusta dan penanaman tanaman konservasi lahan dan air.

"Pada tahun ini, konservasi lahan di Gunung Gambar dilaunching sebagai salah satu pengabdian unggulan oleh Fakultas Pertanian UGM yang ditandai dengan persemaian bibit kopi sebanyak 10 ribu di Dusun Gunung Gambar dan 12 ribu di Dusun Natah Kulon. Selain itu, dilakukan penanaman buah alpukat unggul dengan jenis Miki dan Alligator sebanyak 204 bibit," ujar Dody dalam siaran pers dari Humas UGM, Senin (12/9).

Baca juga: Menteri LHK: Kawasan Konservasi Benteng Jaga Kemakuran Rakyat

Panewu Kapaneweon Ngawen, Sugito, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Fakultas Pertanian UGM.

"Saya mengucapkan terima kasih dengan adanya bantuan dan inisiatif dari Fakultas Pertanian UGM yang telah membantu mengembangkan potensi agrowisata di Gunung Gambar. Semoga ke depannya kalurahan kami menjadi lebih sejahtera," imbuhnya.

Dekan Fakultas Pertanian UGM Jaka Widada menyatakan dalam rangka menggelorakan pertanian merdeka, Fakultas Pertanian UGM menyimpan harapan besar daerah Gunung Gambar nantinya mampu menjadi daerah percontohan terkait konservasi lahan dan air yang mampu menyejahterakan masyarakat. Pasalnya, di tempat tersebut juga ditanami kopi, buah-buahan dan tanaman konservasi.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA/R D Putra

125 Jenazah Korban Tragedi Kanjuruhan sudah Diambil Keluarga

👤Bagus Suryo 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:23 WIB
Hal itu diungkapkan Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. Menurutnya, tidak ada lagi jenazah yang belum...
DOK.MI

Polisi Gagalkan Pajero Bawa Paket 20 Kg Sabu dari Medan ke Palembang

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:05 WIB
Di areal tersebut polisi menghentikan sebuah mobil Mitsubishi Pajero bernomor polisi B 1786 PJG. Mobil tersebut ditumpangi dua pria...
ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Sopir Bus Gagalkan Pengiriman 4,5 Kg Ganja ke Jakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:54 WIB
Dua pelaku yang mengirim paket tersebut, kata dia, saat ini masih dalam pencarian. Namun, identitas keduanya sudah dikantongi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya