Jumat 09 September 2022, 20:03 WIB

Capaian Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Di Bantul Baru 25 Persen

Agus Utantoro | Nusantara
Capaian Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Di Bantul Baru 25 Persen

DOK MI
Ilustrasi

 

DINAS Kesehatan Kabupaten Bantu, Daerah Istimewa Yogyakarta terus menggencarkan vaksinasi Covid-19 khususnya dosis booster untuk masyarakat. Data Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul per 7 September 2022 menunjukkan capaian vaksinasi booster baru 25 persen atau 193.881 dari total sasaran booster sebanyak 752.255 sasaran.

"Kalau dosis-1 telah mencapai 88 persen atau 791.402 sasaran dari total sasaran sebanyak 899.352. Sementara untuk vaksinasi dosis kedua mencapai 84.41 persen atau sebanyak 758.183 sasaran dari total sasaran mencapai 899.352," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Agus Budi Raharjo, Jumat (9/9).

Ia membenarkan, saat ini animo masyarakat untuk mendapatkan vaksin dosis-3 atau booster terus meningkat. Untuk meningkatkan persentase  vaksinasi dosis booster, Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul berkolaborasi dengan TNI, Polri, partai politik, BUMN, perusahaan swasta hingga BINDA DIY.

"Jika sebelum kita kolaborasi dengan TNI serta Polri dengan serbuan vaksin dan juga pihak perusahaan pelat merah maupun swasta hari ini kita berkolaborasi dengan Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) DIY," katanya.

Kolaborasi dengan berbagai instansi mulai dari instansi pemerintah, swasta katanya dinilai cukup efektif untuk meningkatkan animo masyarakat  untuk mendapatkan vaksinasi booster. Bahkan dalam pelayanan vaksinasi di halaman Kantor Dinas Kesehatan Bantul, Jumat (9/9) masih ditemukan warga yang menginginkan layanan vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan kedua. Pelayanan vaksinasi Covid-19 yang dibuka dua kali dalam satu pekan di halaman Dinas Kesehatan Bantul.

Di lain sisi, ujarnya, kolaborasi itu karena Dinkes Kabupaten Bantul memiliki keterbatasan SDM untuk memobilisasi masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi booster. "Dengan kolaborasi seperti dengan BINDA DIY, mereka bisa memobilisasi masyarakat untuk mengikuti vaksinasi booster," terangnya. (OL-15)

Baca Juga

AFP/Timur Matahari

Dinkes Sumut Laporkan Kasus Harian Covid-19 Bertambah 16 Orang

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 01:05 WIB
Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Utara melaporkan kasus harian covid-19 di daerah tersebut bertambah sebanyak 16 orang pada...
MI/M Taufan SP Bustan

Melawan Paham dan Aksi Ekstrimisme Melalui Film

👤M Taufan SP Bustan 🕔Senin 26 September 2022, 23:50 WIB
Cerita dalam film ini adalah salah satu fakta yang ada pasca KSB Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Santoso alias Abu Wardah eksis...
Medcom

Korban Terseret Arus di Pantai Batu Tampih Ditemukan Meninggal

👤Ruta Suryana 🕔Senin 26 September 2022, 22:10 WIB
TIM SAR akhirnya menemukan satu korban terseret arus di Pantai Batu Tampih, Tabanan, Bali, Senin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya