Selasa 06 September 2022, 20:12 WIB

Pemkot Bandung Verifikasi Data 69 Ribu KPM Penerima BLT

Naviandri | Nusantara
Pemkot Bandung Verifikasi Data 69 Ribu KPM Penerima BLT

DOK MI
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kota Bandung, Jawa Barat sedang melakukan verifikasi data 69 ribu keluarga penerima manfaat (KPM) untuk memastikan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) pengalihan subsidi BBM sebesar Rp600 ribu tepat sasaran.

Kepala Dinas Sosial Kota Bandung, Soni Bakhtiyar di Bandung Selasa (6/9) mengatakan, Pemkot Bandung akan berkoordinasi dengan Kantor Pos, camat, dan lurah untuk memonitor penyaluran BLT BBM ini. "Dinsos akan menurunkan tim monitoring dan TKSK untuk membantu mengawasi. Kita pastikan dan awasi mekanisme penyalurannya,"ucapnya.

Menurut Soni, di Kota Bandung, rencananya sekitar 69.000 KPM akan menerima BLT konpensasi BBM tahun 2022. Namun, angka tersebut masih dalam tahap verifikasi dan validasi data. "Saat ini, masih dalam tahap verifikasi dan validasi data karena tiap hari ada penambahan, data dari provinsi dan PT Pos sedang kita cek," ucapnya.

Besar Bantuan Rp300ribu per dua bulan dan akan dibayarkan sebanyak 2 kali dengan total Rp600 ribu. Bantuan akan disalurkan PT Pos Indonesia kepada KPM yang telah terdaftar di Kementerian Sosial (Kemensos).

Masyarakat dapat melakukan pengecekan melalui laman resmi pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Lokasi Pembayaran yaitu di Kantor Pos, Kelurahan/Komunitas, On Site (khusus Disabilitas/Jompo/Sakit Keras) Koordinasi dengan PT. Pos dan Kelurahan. "Bagi warga yang tidak bisa mengambil secara langsung khusus disabilitas, jompo dan sakit keras kita lakukan on site," jelasnya.

Soni minta masyarakat untuk bersabar menunggu proses validasi data. Karena pada dasarnya Pemkot Bandung sudah siap hanya tinggal menunggu hasil verifikasi dan validasi, karena proses sedang berjalan. Selain itu, uang BLT BBM boleh digunakan untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

Sebelumnya, Kepala Dinsos Jawa Barat (Jabar), menjelaskan untuk wilayah Jabar, berdasarkan data PT Pos Indonesia, tercatat sebanyak 2.687.070 KPM yang akan menerima BLT BBM. Adapun besaran BLT BBM yang diberikan adalah Rp150.000 per bulan selama empat bulan dari September hingga November yang dilakukan dalam dua tahap.

"Tahap pertama dilakukan pada Bulan September sebesar Rp 300.000 (September dan Oktober), tahap kedua direncanakan dilakukan pada November sebesar Rp 300.000 (November dan Desember)," katanya.

Kepala PT Pos Regional Jabar, Pujiati mengungkapkan, penyaluran BLT BBM di seluruh Jabar dikelola oleh dua regional Kantor Cabang Utama (KCU) yaitu regional Jakarta dan Jabar. Puji menerangkan, ada tiga cara salur BLT BBM, yaitu disalurkan di Kantor Pos terdekat, disalurkan di komunitas setempat (kecamatan, desa/ kelurahan), dan disalurkan langsung ke rumah penerima manfaat bila penerima manfaat termasuk pada disabilitas, lanjut usia, atau sakit.

"Bagi setiap KPM yang menerima bantuan ini akan dilakukan geo tagging rumah KPM guna menjaga validitas bantuan tepat sasaran. Adapun tahapan proses verifikasi KPM dari BLT BBM pada saat akan menerima bantuan ini yaitu melalui face recognition, scan barcode cekpos digital yang terdapat pada SP KPM," terangnya. (OL-15)

 

Baca Juga

ANTARA/R D Putra

125 Jenazah Korban Tragedi Kanjuruhan sudah Diambil Keluarga

👤Bagus Suryo 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:23 WIB
Hal itu diungkapkan Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. Menurutnya, tidak ada lagi jenazah yang belum...
DOK.MI

Polisi Gagalkan Pajero Bawa Paket 20 Kg Sabu dari Medan ke Palembang

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:05 WIB
Di areal tersebut polisi menghentikan sebuah mobil Mitsubishi Pajero bernomor polisi B 1786 PJG. Mobil tersebut ditumpangi dua pria...
ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Sopir Bus Gagalkan Pengiriman 4,5 Kg Ganja ke Jakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:54 WIB
Dua pelaku yang mengirim paket tersebut, kata dia, saat ini masih dalam pencarian. Namun, identitas keduanya sudah dikantongi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya