Selasa 16 Agustus 2022, 19:01 WIB

Puluhan Warga Padati Ruas Jalan Lembang Menonton Karnaval

Depi Gunawan | Nusantara
Puluhan Warga Padati Ruas Jalan Lembang Menonton Karnaval

MI/DEPI
Puluhan ribu warga menyemarakkan HUT ke-77 RI dengan menggelar karnaval di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (16/8).

 

PULUHAN ribu warga Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, tumpah ruah menyaksikan karnaval dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-77 tahun, Selasa (16/8).

Penonton berdatangan dari berbagai penjuru wilayah Lembang, mereka mulai memadati ruas jalan sejak pukul 10.00 WIB untuk menyaksikan arak-arakan peserta karnaval dari setiap instasi, sekolah, desa-desa, hingga masyarakat umum.

Setiap peserta menampilkan ciri khasnya masing-masing dengan mengenakan pakaian tradisional, baju pejuang, dan sebagainya diiringi kendaraan yang dihiasi hasil bumi. Mereka berjalan kaki dari mulai kantor Polsek di Jalan Raya Lembang dan finis di alun-alun kecamatan.

Iring-iringan peserta karnaval tersendat sebelum tiba di alun-alun lantaran banyaknya warga yang menonton hingga ke tengah jalan dan berebut dengan kendaraan yang melintas.

Warga sangat antusias menyaksikan karnaval, pasalnya selama dua tahun jarang melihat keramaian karena pandemi covid-19 melanda. Bahkan, sebagian warga rela datang sejak pagi demi menonton acara.


Baca juga: Pemkab Klaten Gelar Wayang Kulit Semalam Suntuk


"Tadi sudah di alun-alun dari jam 8 pagi, soalnya takut macet, enggak kebagian parkir. Saya dan keluarga memang sudah niat menonton karnaval, kebetulan anak-anak, sekolahnya libur," ucap Yanti, 34, seorang warga.

Meski sempat turun hujan, tak menyurutkan para peserta menyelesaikan karnaval sampai titik finish. Begitu pula dengan ribuan warga yang tak beranjak walaupun jumlah penonton semakin membeludak jelang sore hari.

"Rencananya mau sampai sore di sini, kita jarang menonton soalnya kan sudah dua tahun enggak digelar karnaval. Mudah-mudahan acaranya lancar sampai selesai," ujarnya.

Agar kegiatan karnaval tidak mengganggu lalu lintas, pihak kepolisian memberlakukan rekayasa jalur, kendaraan dari arah Kota Bandung dialihkan ke Jalan Grand Hotel lalu mengarah ke Pasar Panorama.

"Dampak dari kegiatan karnaval menyebabkan kemacetan dari arah Bandung menuju Lembang. Langkah yang kami lakukan dengan contraflow di Grand Hotel, kita buat satu jalur sehingga arus kendaraan bisa tetap berjalan," terang Kasat Lantas Polres Lembang, Ajun Komisaris Sudirianto. (OL-16)

 

Baca Juga

DOK Sinar Mas Land.

Digital Hub Gandeng Lima Universitas di Pulau Sumatra  

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:57 WIB
Kali ini, perusahaan kembali menggelar acara tersebut dengan nama baru yakni DNA Goes to Campus yang hadir untuk memberikan edukasi seputar...
DOK.MI

Tim SAR Temukan WNA asal Jerman Terseret Ombak di Pantai Seminyak

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:35 WIB
Awalnya korban bersama empat temannya Suen Julian, Hana Saves, Eiwert Laura Marie, dan Lappe Theresa yang juga sama-sama dari Jerman...
ANTARA/Aswaddy Hamid

Imigrasi Pekanbaru Amankan 75 WN Bangladesh

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:27 WIB
Pengamanan WN Bangladesh tersebut diduga akibat penyalahgunaan izin tinggal, kata Kakanwil Kemenkumham...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya