Kamis 29 September 2022, 17:00 WIB

Muharram Independence Pembangkit Semangat Siswa

Aqila As Sahwa - SMA Muhammadiyah 4 Surabaya | Weekend
 
Berkolaborasi dengan Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah, pada tahun ini, Media Indonesia menghelat pelatihan jurnalistik Reporter Muda selama 15-16 Agustus 2022. Pelatihan diikuti 72 siswa sekolah menengah atas dan setingkat di lingkungan Muhammadiyah. Berikut ini salah satu dari 15 karya terpuji yang ditayangkan di www.mediaindonesia.com selama 26 September hingga 30 September 2022.

“KAMI Armadilo arek Muhammadiyah 4

Kami ada karena rasa cinta

Di sini kami berada, di sini kami bersama

Takkan ada kata lelah dan menyerah

Kami tetap berdiri, kami akan tetap bernyanyi

Demi kebanggaan Smamivku di hati.”

Begitu nyanyian Calvin Fabian Saputro dan teman-temannya kelas XII SMA Muhammadiyah 4 Surabaya ketika menyanyikan lagu Chant Supporter Arm4dillo di saat melakukan jalan sehat bersama.

Muharram Independence menjadi kegiatan hiburan bagi para siswa-siswi SMA Muhammadiyah 4 Surabaya baik kelas X hingga kelas XII yang telah mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) selama 2 bulan. Muharram Independence diadakan oleh Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMA Muhammadiyah 4 Surabaya dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia sekaligus memperingati bulan Muharram.

Rangkaian kegiatan tersebut ini dilaksanakan kurang lebih satu minggu dan 2 hari. Dimulai pada hari Selasa (9/8/22) dan berakhir pada hari Jum’at (18/8/22).

“Sudah lama sejak covid-19 melanda Indonesia, tidak ada lagi kegiatan tujuhbelasan di sekolah, di rumah. Jujur saya sangat merindukan suasana tujuhbelasan dan saya juga sangat antusias dalam kegiatan ini” komentar Dwi Rahma Amalia, siswi kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 4 Surabaya, terhadap kegiatan Muharram Independence.

Menurutnya, pengadaan kegiatan Muharram Independence ini dapat mengobati kerinduan siswa-siswi terhadap lomba tujuhbelasan yang digelar secara offline di lapangan sekolah, Masjid Dakwah Kemlaten dan Hall KH Mas Mansyur.

Cindy Nicova Putri Sugianto, Ketua Umum Pimpinan Ranting IPM  SMA Muhammadiyah 4 Surabaya menjelaskan, kegiatan Muharram Independence diadakan setahun sekali. Menurutnya, Muharram Independence telah menciptakan banyak karya dan bakat yang sebagian besar dilakukan secara offline bersama lomba-lomba yang telah digelar.

“Total lomba yang digelar ada 13, yaitu lomba jargon, lomba nyunggi tampah, lomba azan, lomba memasukkan paku dalam botol, lomba kelereng, lomba balap karung, lomba tartil Al-Qur’an, lomba estafet pindah air, lomba estafet sarung, lomba estafet karet, lomba dulang kerupuk, lomba menggambar kaligrafi, dan lomba menghias tumpeng,” imbuh Habibah Sajdah Laili, siswi kelas XII IPA 2 yang menjadi Ketua Panitia Muharram Independence.

Di luar 13 lomba tersebut, Muharram Independence juga dilengkapi dengan upacara bendera pada 17 Agustus 2022. Upacara dilaksanakan di lapangan SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. Tak hanya siswa-siswi SMA, SMP Muhammadiyah 6 dan SD Muhammadiyah 22 juga turut serta bergabung mengikuti upacara peringatan ke-77 Hari Kemerdekaan RI tersebut dengan khidmat dan khusyuk. Tidak lupa peserta juga tetap mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid-19 kembali.

“Saya rindu sekali dengan upacara kemerdekaan yang dilakukan secara offline, saya rindu dengan suasana ini. Saya harap tahun depan masih bisa mendengar pembina upacara berpidato,” ucap Ani Fitri Sukmawati, siswi kelas XII IPA 2 yang pada upacara tahun ini bertugas sebagai pewara atau master of ceremony (MC).

Muharram Independence tidak lengkap bila tidak ada pawai. Oleh karena itu, pada hari Jumat (18/8), para murid diwajibkan untuk mengikuti kegiatan pawai keliling lingkungan sekolah.

“Letak start pada pawai ini dimulai dari sekolah – Jl. Kebraon V – Jl. Griya Kebraon Selatan VII – Jl. Griya Kebraon Tengah III – Jl. Griya Kebraon Utara – Gang Dahlia – Jl. Kemlaten Baru Barat – Jl. Kemlaten Baru Utara – sekolah. Baris pertama dipimpin oleh kelas XII, lalu kelas XI, dan yang terakhir kelas X," jelas pemimpin pawai, Arya Laksmana Sri Sedono Putra, siswa kelas XI IPA 1.

Di sela-sela perjalanan, sekelompok siswa kelas XII sempat bernyanyi lagu chant supporter Armadilo, dengan tujuan untuk menambah semangat agar para murid tidak bosan dalam perjalanan pawai.

“Kalahkan lawanmu, hancurkan musuhmu

Armadillo kan tetap mendukungmu

Hanya demi sebuah prestasi

Berjuang bersama demi sebuah mimpi,” nyanyi Calvin, siswa kelas XII IPA 3, dan teman-temannya dengan semangat yang menggebu-gebu.

Wakil Kepala (Waka) Sekolah Bidang Kesiswaan, Hirma Sevione, S.Pd, menuturkan, tujuan diadakannya lomba dan pawai Muharram Independence adalah untuk mengingat jasa pahlawan yang telah gugur dengan cara memperingatinya. "Lalu di situ ada unsur olahraganya juga, unsur untuk kebersamaan, kekeluargaan dan syar’i atau dakwahnya kita kepada masyarakat, bahwasanya keaktifan SMA Muhammadiyah 4 di masyarakat itu ada juga, tidak hanya dilihat dari sekolahnya saja, tetapi untuk ke masyarakat kita juga saling berbaur dan berorganisasi."

Selain pawai, ada juga kegiatan pada hari itu yang sudah ditunggu-tunggu oleh peserta, yaitu pengumuman pemenang lomba dan siswa-siswi berprestasi.

“Pengumuman siswa berprestasi ini selain untuk mengapreasiasi, juga untuk membangun motivasi kepada siswa-siswi agar bisa meraih prestasi-prestasi yang membanggakan. Dengan ini, diharapkan siswa dan siswi berprestasi depat menjadi teladan atau panutan yang baik” lanjut Hirma yang juga mengampu mata pelajaran olahraga di sekolah.

Ia mengaku sangat bangga terhadap pretasi yang ditorehkan sejumlah murid SMA Muhammadiyah 4 Surabaya tersebut. Ada Allysyyah, siswi kelas XI IPS 2, dan Defarhan Ma’ruf siswa kelas XI IPA 2, yang telah dikukuhkan menjadi Paskibraka Kota Surabaya Tahun 2022. Ada Aqila As Sahwa, siswi kelas XI IPA 1 yang telah meraih Juara 1 Seni Tunggal IPSI (Full) pada Kejuaraan Pencak Silat Chusnan David Cup 2022 Tingkat Jawa Timur.

Kemudian, ada Pandu Amar, siswa kelas X yang telah meraih Medali Perunggu pada Olimpiade Matematika tingkat Nasional, dan terakhir, Nazilla Nur Febriani siswi kelas XII IPA 3 yang meraih Medali Perunggu pada Olimpiade Biologi tingkat Nasional. Mereka semua yang berprestasi akan mendapatkan privilese berupa beasiswa dari pihak sekolah.

Setelah itu, Cindy dan Calvin selaku pewara pada pada kegiatan Muharram Independence juga mengumumkan juara lomba-lomba. Harapannya, pada kegiatan kali ini, siswa dan siswi dapat lebih aktif, berinovasi dan mampu beradaptasi dengan lingkungan sekolah, khususnya untuk kelas X. (M-2)

Catatan Redaksi:

Naskah tidak disertai penulisan Opini Muda yang sesuai.

Baca Juga

Dok. AFP/TIMOTHY A. CLARY//GETTY IMAGES/JULIAN FINNEY

Serena Williams Mengaku Kesepian Akut Selama jadi Atlet

👤Putri Rosmalia 🕔Rabu 30 November 2022, 10:56 WIB
Mantan petenis nasional AS, Serena Williams, mengaku merasa kesepian akut selama berkarier sebagai atlet...
unsplash.com/Elsa Donald

Hati-hati, Kebiasaan Menghisap Rokok Elektrik dapat Memicu Gigi Berlubang

👤Nike Amelia Sari 🕔Rabu 30 November 2022, 09:15 WIB
Sekitar 9,1 juta orang dewasa di Amerika dan dua juta remaja menggunakan produk vaping berbasis...
A-Sha/Tasting Table

'Crazy Rich Ramen' ini Dibanderol Rp3,1 Juta Seporsi

👤Devi Harahap 🕔Rabu 30 November 2022, 08:51 WIB
Seperti dilansir dari Tasting Table, Ramen termahal di dunia itu dijual dalam satu set yang berisikan 8 porsi mi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya