Kamis 29 September 2022, 13:00 WIB

Partisipasi SMK Muhammadiyah Salaman Peringati HUT RI

Alba Yoga Purnama - SMK Muhammadiyah Salaman, Magelang | Weekend
 
Berkolaborasi dengan Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah, pada tahun ini, Media Indonesia menghelat pelatihan jurnalistik Reporter Muda selama 15-16 Agustus 2022. Pelatihan diikuti 72 siswa sekolah menengah atas dan setingkat di lingkungan Muhammadiyah. Berikut ini salah satu dari 15 karya terpuji yang ditayangkan di www.mediaindonesia.com selama 26 September hingga 30 September 2022.

SMK Muhammadiyah Salaman menyelenggarakan upacara bendera dan Gebyar Kemerdekaan, yaitu perlombaan AIK & Lomba Rakyat, untuk memperingati Hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Selama tiga hari, Senin (15/8), Selasa (16/8), dan Kamis (18/8),  para siswa melaksanakan berbagai perlombaan, mulai dari azan, kultum, murottal, balap karung, gapyak, paku ke dalam botol, hingga estafet hula hoop -plastik atau rotan berbentuk lingkaran yang biasa dimainkan dengan menggerakkan pinggang.
 
Senin siang, perlombaan dilaksanakan di area Kampus 1 SMK Muhammadiyah Salaman selepas salat Zuhur, pada pukul 12.30 WIB. Lomba rakyat, yaitu balap karung dan lomba gapyak, diikuti semua kelas dengan dua orang perwakilan untuk balap karung dan tiga orang untuk lomba gapyak. Selasa, 16 Agustus 2022 dilaksanakan lomba paku ke dalam botol dan estafet hula hoop. Untuk paku ke dalam botol perwakilan 2 siswa dan untuk hula hoop perwakilan 10 siswa dari setiap kelas.
 
Pada Rabu, 17 Agustus, SMK Muhammadiyah Salaman melaksanakan Upacara Bendera HUT ke-77 RI di Kampus 1 yang diikuti oleh para guru serta staf karyawan, juga murid-murid kelas X SMK Muhammadiyah Salaman. Adapun para siswa kelas XI dan XII mengikuti upacara secara daring. Upacara dilaksanakan pada pukul 07.30 WIB.
 
Ibu Nurul Laili, Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Salaman yang menjadi pembina upacara menyampaikan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaaan, Riset, dan Teknologi dalam kesempatan tersebut. Temanya Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Kurang lebih berpesan agar kita sebagai generasi muda lebih semangat lagi dalam belajar untuk kemajuan NKRI.
“Untuk melaksanakan mengajar pembelajaran ini lebih merdeka, merdeka, dan merdeka, tetap semangat untuk kemajuan sekolah ini,” pesan Ibu Nurul Laili kepada para siswa dan guru pengampu mata pelajaran di sekolah.

Keesokannya, Kamis, 18 Agustus, dilaksanakan lomba AIK, yaitu azan, kultum, dan murottal. Lomba azan dan kultum berlangsung secara bersamaan pada pukul 08.00, sedangkan lomba murottal  dimulai pukul 12.30. Perlombaan semua ini dilaksanakan dengan penuh semangat, ceria, dan canda tawa,

Lomba balap karung, gapyak, paku ke dalam botol, dan estafet hula hoop ini disaksikan bagi para siswa yang tidak ikut berlomba. Mereka  yang menyaksikan perlombaan tersebut pastinya memberikan dukungan untuk perwakilan kelas masing-masing yang mengikuti lomba.

Iva, salah satu siswa yang sedang mendukung temannya lomba mengatakan sangat senang bisa ikut berpartisipasi untuk acara memperingati HUT ke-77 RI.  ”Aku suka dengan acara ini lomba Agustus untuk memperingati HUT RI karena di desaku tidak mengadakan acara seperti ini. Maka dari itu aku sangat semangat untuk acara ini,” kata dia. 

Kegembiraan juga dirasakan bapak dan ibu guru sebagai panitia. “Cukup senang dengan adanya acara ini karena bisa membuat anak-anak senang dan lebih semangat lagi,” ujar Pak Danang selaku ketua panitia saat dijumpai di area SMK Muhammadiyah Salaman, Selasa (16/8 ).

Selain perlombaan dan upacara, SMK Muhammadiyah Salaman juga mengadakan jalan santai pada Jumat, 19 Agustus 2022. Acara tersebut diikuti oleh seluruh siswa dan jajaran guru. Ada banyak hadiah dan doorproize yang diberikan untuk peserta jalan santai dengan membawa kupon yang sudah disediakan dari panitia.

Pukul 07.15 WIB, para siswa berkumpul di Kampus 1 untuk mendapat arahan rute jalan santai. Tiga puluh menit kemudian, acara dimulai.

Pukul 09.00 WIB, peserta mulai berdatangan di garis finis. Mereka langsung disambut oleh Kewirausahaan (KWU) perwakilan setiap jurusan dan angkatan. Ada beberapa gerai KWU yang menjual es teh, risol, ayam geprek, dan banyak lain.

Sambil peserta jajan makanan, anitia mengumumkan para pemenang lomba dan doorprize. Di tengah-tengah acara tersebut, ada pula persembahan lagu dari kelas X MPLB 1, juga beberapa tarian daerah, dan aksi Tapak Suci.

Menjelang tengah hari, pukul 11.30 WIB, acara selesai tanpa kendala, penuh rasa bahagia. “Alhamdulillah, rangkaian acara untuk memperingati HUT ke-77 RI yang dilaksanakan dari Senin sampai Jumat ini lancar tanpa ada halangan satupun. Cukup berterima kasih untuk sekolah yang telah mengadakan acara ini," ucap Inayatul Roziqoh, Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMK Muhammadiyah Salaman, seusai acara, Jumat (19/8).

Kegiatan untuk memeperingati ulang tahun Hari Kemerdekaan RI ini ternyata memberikan banyak dampak positif bagi para siswa. Mereka menjadi lebih semangatuntuk bersaing menjadi yang terbaik dan mereka bisa menghargai perjuangan para pahlawan Indonesia yang telah berkorban untuk kemerdekaan negara ini. Yuk kita bisa menghargai perjuangan para pahlawan dengan mengadakan perlombaan Agustusan. (M-2)

Catatan Redaksi:

Naskah tidak dilengkapi Opini Muda

Baca Juga

Dok. AFP/TIMOTHY A. CLARY//GETTY IMAGES/JULIAN FINNEY

Serena Williams Mengaku Kesepian Akut Selama jadi Atlet

👤Putri Rosmalia 🕔Rabu 30 November 2022, 10:56 WIB
Mantan petenis nasional AS, Serena Williams, mengaku merasa kesepian akut selama berkarier sebagai atlet...
unsplash.com/Elsa Donald

Hati-hati, Kebiasaan Menghisap Rokok Elektrik dapat Memicu Gigi Berlubang

👤Nike Amelia Sari 🕔Rabu 30 November 2022, 09:15 WIB
Sekitar 9,1 juta orang dewasa di Amerika dan dua juta remaja menggunakan produk vaping berbasis...
A-Sha/Tasting Table

'Crazy Rich Ramen' ini Dibanderol Rp3,1 Juta Seporsi

👤Devi Harahap 🕔Rabu 30 November 2022, 08:51 WIB
Seperti dilansir dari Tasting Table, Ramen termahal di dunia itu dijual dalam satu set yang berisikan 8 porsi mi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya