Senin 25 Juli 2022, 18:57 WIB

Sepanjang 2022, Kasus DBD Di Babel Capai 990

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Sepanjang 2022, Kasus DBD Di Babel Capai 990

DOK MI
Ilustrasi

 

SEPANJANG 2022 jumlah orang yang terjangkit penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Provinsi Bangka Belitung (Babel) mencapai 990 orang.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Evaluasi mengatakan data  terakhir terdapay 990 warga Babel kena DBD. "Dari 990 kasus ini, sebanyak 11 orang diantaranya meninggal," kata Evalusi. Senin (25/7).

Menanggapi hal tersebut penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin, mengatakan Pemprov Babel menyoroti dan fokus dalam  penanganan masifnya penyebaran kasus DBD. "Masalah DBD ini menjadi perhatian kita, saya sudah bicarakan dengan kepala dinas kesehatannya dalam rakor teknis," kata Ridwan.

Menurutnya pemerintah daerah sudah memberikan perhatian yang baik dalam hal mengatasi DBD di daerahnya. "Tadi dari Pak Bupati Bangka Barat, hari ini sedang ada kegiatan khusus untuk menangani demam berdarah di Bangka Barat. Jadi perhatian pemerintah cukup baik," ungkap dia.

Evalusi menambahkan pencegahan terbaik DBD adalah dengan menjaga kebersihan dan menghilangkan jentik nyamuk. "Jadi, untuk menghindari serangan DBD, disarankan agar setiap warga melakukan 3M plus yang sebenarnya sangat sederhana," ujarnya.

Pertama, ia menyebutkan menguras atau membersihkan tempat yang sering  dijadikan penampungan air, seperti bak mandi, ember, dan lain-lain. Kedua, menutup rapat tempat-tempat yang dapat menampung air. Ketiga, mendaur ulang barang bekas yang berpotensi menjadi tempat  perkembangbiakan nyamuk. (OL-15).

 

Baca Juga

Metrotv/Fransiskus Gerardus Molo

Kunjungi Desa Terpencil, Aiptu Yoseph Harus Gotong Motor

👤Fransiskus Gerardus Molo 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 10:00 WIB
Akses jalan itu dibuka sejak 2017 namun hingga kini belum diperhatikan. Akses jalan putus akibat diterpa Badai Seroja, pekan lalu, sehingga...
MI/Palce Amalo

Bank Indonesia NTT Lepas Ekspor Perdana Kacang Lurik Organik ke Jerman

👤Palce Amalo 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 09:30 WIB
Ekspor perdana dilepas dari gudang Kantor Cabang PT Profil Mitra Abadi Cabang Kupang di Kelurahan Maulafa, Kota Kupang, yang ditandai...
ANTARA/Fransisco Carolio

Titik Api Bertambah 10 Kali Lipat, Sumut Siaga Karhutla

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 23:25 WIB
Sumut memiliki wilayah yang rentan mengalami karhutla karena memiliki 3,7 juta ha lahan hutan dan 261 ha lahan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya