Sabtu 21 Mei 2022, 13:16 WIB

Dorong Ekspor, Bupati Tambrauw Bangun Infrastruktur Perikanan

Mediaindonesia.com | Nusantara
Dorong Ekspor, Bupati Tambrauw Bangun Infrastruktur Perikanan

MI/ HO
Bupati Tambrauw, Gabriel Asem menyaksikan peletakan batu pertama cold storage

 

MEMASUKI masa akhir pengabdiannya, Bupati Tambrauw Gabriel Asem tidak berhenti membangun daerahnya. Terbaru, infrastruktur pendukung guna mendorong ekspor ikan di wilayah itu, dihadirkan. 

Infrastruktur ini berupa cold storage, air blast dan pabrik es, yang dibangun di Distrik Sausapor dan Moraid.

"Hadirnya infrastruktur ini diharapkan dapat mendorong potensi perikanan di Kabupaten Tambrauw, sehingga dapat diekspor ke luar daerah bahkan mancanegara," ujar Gabriel, Jumat (20/5).

Menurut Gabriel, wilayah laut Kabupaten Tambrauw memiliki luas 272,54 kilometer persegi. Sehingga, potensi perikanan di wilayah tersebut sangat menjanjikan. 

Kementerian Kelautan dan Perikanan akan menetapkan Kabupaten Tambrauw sebagai kawasan sentra terpadu kelakuan dan perikanan terpadu pertama di wilayah Papua Barat. 

"Untuk itu Pemerintah Kabupaten Tambrauw menggandeng pihak swasta membangun infrastruktur pendukung berupa cold storage, air blast dan pabrik es," kata Gabriel Asem. 

Peletakan batu pertama pendirian infrastruktur tersebut telah dilakukan pada Kamis (19/5). Pembangunannya ditargetkan rampung dalam 6 bulan.

"Keberadaan infrastruktur pendukung diharapkan dapat mendatangkan investor sehingga potensi perikanan di Kabupaten Tambrauw nantinya dapat diekspor ke luar daerah bahkan mancanegara," kata Gabriel Asem. 

Adapun pembangunan infrastruktur pendukung sektor perikanan ini turut mendapatkan dukungan oleh masyarakat asli sekitar. Dukungan diwujudkan melalui pelepasan lahan untuk pembangunan infrastruktur, seluas 0,5 hektare. 

"Masyarakat berharap, keberadaan infrastruktur perikanan dapat berkontribusi positif sehingga memajukan daerah ini," jelas pemilik hak ulayat lahan, Yudas Yeblo.

Selain itu, jelang berakhir masa jabatannya sebagai Bupati, Gabriel Asem turut meluncurkan buku biografi tentang dirinya, yang berjudul "Pemimpin Konservasi dari Papua Barat: Karavan Satu Dekade  Membangun dan Merawat Bumi Tambrauw".

 Buku yang ditulis Ayu Arman ini, mengisahkan perjalanan hidup Gabriel Asem sejak kecil, hingga akhirnya menjadi Bupati Tambrauw. 

"Buku juga mengisahkan bagaimana Bupati (Gabriel) menjadikan Kabupaten Tambrauw sebagai kabupaten konservasi," jelas Ayu.

Peluncuran buku digelar di Kota Sorong, Papua Barat, Rabu (18/5). Hadir sejumlah bupati, pejabat di Sorong Raya, serta Forkopimda Kabupaten Tambrauw. 

Menurut Ayu, sebelum menulis buku itu pihaknya cukup lama melakukan riset, yakni selama 7 bulan. Hal ini dilakukan agar hasil dari buku biografi tersebut benar-benar menjadi hasil karya terbaik dan utuh mengisahkan jalan hidup seorang Gabriel Asem. 

"Biasanya saya menulis buku biografi itu, 4 bulan udah jadi. Riset sekitar 3 minggu, ini tuh hampir 7 bulan. Saya melakukan wawancara itu tiga kali. Ada 40 narasumber yang saya wawancarai. Jadi saya tidak menjual kecap tapi tahu benar siapa sosok yang saya tulis itu," imbuh Ayu. 

Sementara menurut Gabriel Asem, buku biografi tersebut hadir dengan tujuan mulia. Yakni mengajak seluruh pihak untuk merawat kelestarian alam di Papua Barat, khususnya di Kabupaten Tambrauw. Sehingga kelak bisa menjadi warisan yang berharga bagi anak-cucu. 

"Diterbitkanya buku ini sebenarnya untuk mengajak dan memberitahukan dan melahirkan kesadaran bagi seluruh masyarakat betapa pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan kita karena hidup mati kita ada di situ," ujarnya. 

Gabriel Asem akan mengakhiri masa jabatannya sebagai kepala daerah pada 22 Mei. Jabatan yang kosong, selanjutnya akan diisi penjabat bupati. 

Selama 10 tahun kepemimpinannya di Kabupaten Tambrauw, banyak hal yang telah dikerjakan Gabriel Asem. Salah satu yang menonjol ialah penetapan Kabupaten Tambrauw sebagai kabupaten konservasi, sehingga dalam setiap pembangunannya, senantiasa mengedepankan kearifan lokal dan menjaga kelestarian alam. (OL-8)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Sandiaga Bantu Pemuda di Kulon Progo yang Manfaatkan Limbah Jagung

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 01:23 WIB
Sandiaga pun berdialog dengan Ade. Sebab, pemuda tersebut bisa memanfaatkan limbah jagung menjadi produk yang...
DOK.MI

3 Tersangka Kasus Korupsi Pembangunan Pagar Puskesmas di NTT Ditahan

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:25 WIB
Anggaran proyek itu bersumber dari Dinas Kesehatan Rote Ndao sebesar Rp1,120...
Dok. Pribadi

Sandiaga Berikan Bantuan Seniman Tari Surakarta Kembangkan Bakatnya

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:17 WIB
Dalam kesempatan itu, Dzari mengatakan tarian goleknya belum memiliki musik pengiring. Sebab Dzari terkendala biaya untuk menyewa gamelan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya