Jumat 20 Mei 2022, 13:58 WIB

Akademisi Unwar Dorong Ibu Rumah Tangga Olah Talas Jadi Mie dan Nugget

Arnoldus Dhae | Nusantara
Akademisi Unwar Dorong Ibu Rumah Tangga Olah Talas Jadi Mie dan Nugget

MI/Arnoldus Dhae
Pelatihan pengolahan Talas oleh akademisi Universitas Warmadewa

 

AKADEMISI Universitas Warmadewa (Unwar) mendorong ibu rumah tangga (IRT) untuk memanfaatkan talas dan mengolahnya menjadi mie serta nugget. Olahan lainnya yang direkomendasikan adalah mengolah talas menjadi roti dan selai.

Dorongan untuk pemanfaatan bahan baku talas ini disampaikan akademisi Unwar Luh Suriati, I Nyoman Rudianta dan Luh Kade Datrini karena melihat pemanfaatan talas belum optimal.

"Mempertahankan pangan olahan berbahan dasar umbi-umbian merupakan tugas dan tanggung jawab semua pihak dalam mengurangi atau menekan penggunaan tepung terigu di bidang pangan. Pengolahan pangan talas memiliki prospek dan peluang pengembangan yang semakin baik," kata Luh Suriati yang juga merupakan Ketua Tim Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Unwar di Desa Catur, Kintamani-Bangli dalam keteranganya di Denpasar pada Jumat (20/5).

Baca juga: Mendongkrak Produksi Bibit Talas Semir

Menurutnya, produk olahan talas merupakan produk yang banyak diminati masyarakat di seluruh Bali. Bahan bakunya mudah didapat dan harganya terjangkau. Permasalahannya, pengetahuan dan keahlian mengolah talas menjadi aneka produk olahan di kalangan ibu rumah tangga masih terbatas. Seperti salah satunya yang dialami oleh anggota Kelompok Wanita Tani Dewi Catur di Desa Catur, Kecamatan Kintamani-Kabupaten Bangli, Provinsi Bali.

Suriati menegaskan, produk olahan talas merupakan produk yang banyak diminati masyarakat di seluruh Bali. Bahan bakunya mudah didapat dan harganya terjangkau. Upaya pemanfaatan bahan baku talas menjadi beragam produk olahan diharapkan dapat menjadi mata pencaharian tambahan yang berperan dalam membantu meningkatkan penghasilan keluarga.(OL-5)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Sandiaga Bantu Pemuda di Kulon Progo yang Manfaatkan Limbah Jagung

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 01:23 WIB
Sandiaga pun berdialog dengan Ade. Sebab, pemuda tersebut bisa memanfaatkan limbah jagung menjadi produk yang...
DOK.MI

3 Tersangka Kasus Korupsi Pembangunan Pagar Puskesmas di NTT Ditahan

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:25 WIB
Anggaran proyek itu bersumber dari Dinas Kesehatan Rote Ndao sebesar Rp1,120...
Dok. Pribadi

Sandiaga Berikan Bantuan Seniman Tari Surakarta Kembangkan Bakatnya

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:17 WIB
Dalam kesempatan itu, Dzari mengatakan tarian goleknya belum memiliki musik pengiring. Sebab Dzari terkendala biaya untuk menyewa gamelan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya