Kamis 19 Mei 2022, 14:20 WIB

Ada 10% Input Data Covid Calhaj Kota Tasikmalaya Tak Masuk Siskohatkes

Adi Kristiadi | Nusantara
Ada 10% Input Data Covid Calhaj Kota Tasikmalaya Tak Masuk Siskohatkes

dok.Ant
Petugas kesehatan memeriksa seorang jemaah calon haji di Puskesmas Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (3/5/2021)

 

SEBANYAK 10 persen atau 30 calon jamaah haji (Calhaj) dari Kota Tasikmalaya, Jawa Barat tak masuk dalam input data vaksinasi Covid-19 Kemenkes. Akibatnya mereka ditandai belum menjalani vaksinasi dosis lengkap. Permasalah tersebut, terjadi dalam aplikasi Siskohatkes dimiliki oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Asep Hendra mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan vaksinasi dosis lengkap kepada semua calhaj. Memang ada beberapa kasus data tidak bisa dinput ke dalam aplikasi Siskohatkes Kemenkes.

"Kesalahan input di aplikasi Siskohatkes Kemenkes juga belum dimana salahnya, apakah salah menginput nomor porsi, salah nama, alamat atau lainnya. Karena, ada sekitar 10 persen dari total 303 orang bermasalah dalam input data vaksinasi belum beres," kata Asep Hendra, Kamis (19/5/2022).

Asep Hendra menegaskan, pihaknya sudah memvaksinasi dosis lengkap kepada 100 persen calhaj yang terdaftar yakni kepada 645 orang, sesuai kuota jamaah yang belum dikurangi. Namun, hanya ada 303 orang akan berangkat karena adanya pengurangan kuota hingga 75 persen calon haji sudah menjalani vaksinasi dosis ketiga (booster) meski tidak dipersyaratkan.'

"Kami terus berkoordinasi dengan Pemprov Jabar dan Kemenkes agar seluruh calon haji dari Kota Tasikmalaya dapat berangkat menunaikan ibadah haji. Kami juga berupaya terus agar mereka dapat mencetak kartu kesehatan jamaah haji agar bisa masuk ke Arab Saudi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tasikmalaya Usep Saepudin mengatakan, pada tahun ini tecatat ada 674 calhaj berangkat ke Arab Saudi. Namun, ternyata kuotanya dikurang dari pemerintah pusat. Sebelumnya Kabupaten Tasikmalaya mendapat kuota 1.481 orang.

"Di Kabupaten Tasikmalaya untuk calon haji di tahun ini adanya pembatasan kuota dan tidak semua bisa berangkat. Ada ketentuan baru, Kabupaten Tasikmalaya kebagian 674 orang dan  masuk ke dalam kloter 22 dan kloter 40 pada pertengahan bulan Juni," paparnya. (OL-13)

Baca Juga: Hanya 76 Persen Calon Jemaah Haji Sudah Divaksinasi Dosis ...

Baca Juga

Dok. Pribadi

Gubernur Papua Jalani Perawatan, Layanan Publik dan Pemerintahan Papua Tetap Berjalan Normal

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:35 WIB
"Jadi jika ada anggapan seakan-akan ada kevakuman pemerintahan, itu tidak benar. Berbagai agenda pemerintahan berjalan lancar,...
Ist

Yayasan Amirul Ummah Salurkan 5.000 Alquran di Cianjur

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:21 WIB
Sebanyak 5.000 Al Qur’an disalurkan untuk masyarakat yang membutuhkan. Lokasi meliputi tempat-tempat pengajian serta masjid dan...
ANTARA

Mengulik Kesiapan Sulbar Jadi Penyangga IKN 

👤Hartanto, Pranata humas muda pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mamasa, Sulbar 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:15 WIB
SULAWESI Barat mulai mempersiapkan diri menjadi daerah utama penyangga ibu kota nusantara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya