Jumat 06 Mei 2022, 19:30 WIB

Waktu Tempuh Lebih Lama, Tarif Kapal dari Pelabuhan Panjang Sama dengan Bakauheni

Cri Qanon Ria Dewi | Nusantara
Waktu Tempuh Lebih Lama, Tarif Kapal dari Pelabuhan Panjang Sama dengan Bakauheni

MI/CRI QANON RIA DEWI
Kapolda Lampung Irjen Hendro Sugiatno saat melepas perjalanan kapal dari Pelabuhan Panjang

 


KAPOLDA Lampung Inspektur Jenderal Hendro Sugiatno melepas keberangkatan 474 orang dengan membawa 161 motor dan 45 mobil yang melalui Pelabuhan Panjang, Bandarlampung menuju Pelabuhan Ciwandan, Banten, pada Jumat (6/5) siang.

"Alhamdulillah siang ini kita melepas salah satu kapal yang akan membawa pemudik ke Jawa melalui Pelabuhan Panjang menuju ke Pelabuhan Ciwandan Merak," kata Hendro.

Pelabuhan Panjang merupakan salah satu pelabuhan alternatif para pemudik dari Lampung ke Pulau Jawa, selain Pelabuhan Bakauheni, di Lampung Selatan.

"Apabila Pelabuhan Bakauheni padat, silahkan masyarakat menggunakan Pelabuhan Panjang sebagai sarana mudik. Waktunya sama cuma 4 jam, sekaligus bisa berwisata melihat keindahan laut Lampung," imbuhnya.

Hendro menjelaskan harga tiket melalui Pelabuhan Panjang-Pelabuhan Ciwandan sama dengan yang berlaku melalui Bakauheni-Merak. Waktu tempuh tidak jauh berbeda. Bila melalui Pebuhan Panjang waktu tempuh sekitar 3,5-4 jam, sedangkan Bakauheni-Merak 1-2 jam.

"Pembelian tiket di sini (Pelabuhan Panjang) tidak ada antrean yang panjang seperti di Pelabuhan Merak atau di Pelabuhan Bakauheni, di sini lebih lancar," kata Hendro.

Bagi masyarakat pemudik yang memilih melalui jalan tol Trans Sumatra dengan tujuan Pelabuhan Panjang, bisa keluar di KM 74. Di kawasan tersebu juga sudah ada papan petunjuk ke Pelabuhan Panjang.

"Sekali lagi kami  sampaikan terima kasih kepada masyarakat yang mudik ke Jawa yang telah menggunakan pelabuhan alternatif di Panjang, Bandar Lampung, dan pembelian tiket saya minta jangan melalui calo," lanjutnya.

Hendro juga mengatakan, untuk Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) yang ada di Bakauheni, diprioritaskan untuk kendaraan yang mengunakan jalur arteri timur maupun jalur arteri tengah.
 
"Apa bila status merah di Bakauheni, maka kendaraan yang lewat arteri kita masukan ke Pelabuhan Bandar Bakau Jaya. Ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi kepadatan di Bakauheni," tutup Hendro. (N-2)

Baca Juga

Antara

Peternak Apresiasi Langkah Pemerintah Ganti Ternak yang terkena PMK

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 20:38 WIB
"Saya menyambut baik jika ada program pemerintah mengganti hewan ternak milik petani yang mati karena...
Antara

Pemkab Garut Siapkan Kompensasi Peternak yang Terdampak PMK

👤Kristiadi 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 19:59 WIB
Hingga saat ini, terdapat 3.425 ekor ternak bergejala PMK, yang tersebar di 21 kecamatan wilayah Garut. Pemkab terus melakukan pendataan...
Antara

Sleman Mulai Vaksinasi PMK untuk Sapi Perah 

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 19:46 WIB
Adapun vaksinasi PMK diprioritaskan untuk sapi perah. Pasalnya, masa hidup sapi perah lebih lama daripada sapi potong. Serta, menghasilkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya