Selasa 26 April 2022, 09:15 WIB

Wakapolri Pastikan Jalur Selatan Aman Dilalui Pemudik

Adi Kristiadi | Nusantara
Wakapolri Pastikan Jalur Selatan Aman Dilalui Pemudik

MI/Adi Kristiadi
Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, meninjau kesiapan jalur mudik melalui selatan Jawa Barat di PosTerpadu GTC wilayah Limbangan, Kabup

 

WAKAPOLRI Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, meninjau kesiapan jalur mudik yang melalui selatan Jawa Barat, ke wilayah Limbangan, Kabupaten Garut. Peninjuan ini untuk memastikan secara langsung kesiapan jalur mudik termasuk personil petugas keamanan.

"Hari ini, kami melakukan peninjauan terhadap salah satu jalur mudik yang banyak dilintasi para pemudik, yakni jalur selatan Jawa Barat guna memastikan kesiapan jalur, keberadaan personil petugas keamanan terutama jelang pelaksanaan mudik. Kami meminta supaya Polri jangan lupa mengamankan lingkungan masyarakat untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat," kata, Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono di Pos Terpadu GTC Limbangan, Garut, Senin (25/4).

Ia mengatakan, dari hasil peninjaun yang dilakukan di jalur mudik selatan Jawa Barat dipastikan sudah aman dan juga siap untuk dilintasi para pemudik. Selama tinjaun juga diketahui jika gelombang arus mudik sudah mulai terjadi meski belum begitu banyak. Ada sejumlah warga yang mulai mudik bisa jadi akibat adanya imbauan untuk mudik lebih awal.

"Kita bisa dilihat ada peningkatan volume kendaraan di jalur selatan Jawa Barat termasuk di Kabupaten Garut. Khususnya dari arah Bandung menuju Tasikmalaya. Kami, juga menerima laporan dari Kapolres Garut terkait mulai adanya peningkatan volume kendaraan melintas di jalur selatan Jawa barat hingga 20 persen, saat ini memang sudah ada warga yang memilih melaksanakan mudik lebih awal menghindari kemacetan parah," ujarnya.

Menurutnya, pihaknya mengingatkan Kapolres dan jajaran Forkopimda di Garut untuk segera bersiap-siap bekerja keras mengingat lebaran yang kian dekat.  Jalur selatan Jawa Barat ini akan dipadati kendaraan para pemudik yang menuju wilayah Tasikmalaya dan sekitarnya hingga ke daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Kami telah mendapatkan laporan dari Pak Kapolres adanya peningkatan volume kendaraan dalam beberapa hari terakhir. Namun, belum sampai menyebabkan terjadinya kepadatan dan kemacetan. Kami berpesan kepada seluruh anggota Polri di jajaran Polres Garut mengingatkan sedikitnya ada tiga hal yang harus menjadi perhatian petugas saat menjalankan Operasi Ketupat Lodaya 2022," katanya.

Pertama, jelas Komjen Gatot, bagaimana mengurangi titik-titik kemacetan tentu menjadi tanggung jawab petugas di lapangan karena dibutuhkan adanya inisiatif agar tidak sampai terjadi kemacetan parah. Kedua, mengingatkan selain mengawal jalannya mudik, petugas Polri di daerah juga harus bisa mengamankan lingkungannya sebagai upaya mengantisipasi terjadi gangguan keamanan yang bisa meresahkan masyarakat.

"Jangan karena fokus pada pengamanan mudik, keamanan lingkungan masyarakat jadi terabaikan. kita harus minimalkan gangguan Kamtibmas selama musim mudik, dan pesan lain berharap masyarakat bisa mudik dengan aman, lancar dan sehat," kata Wakapolri.

Ketiga, menjaga agar tidak terjadi lonjakan covid. Polri mengingatkan kepada masyarakat jangan sampai lupa divaksin sebelum menjalankan mudik demi kesehatan dan keselamatan bersama. Tetap harus menjaga protokol kesehatan untuk menjaga diri agar tak tertular atau menularkan Covid-19. (OL-13)

Baca Juga: Kakorlantas Polri Resmikan Command Center-Kantor PJR di KM 29 Tol Japek

 

Baca Juga

MI/HO-MPN

Perayaan HPN 2023 di Solo Dipusatkan di Monumen Pers Nasional

👤Widjajadi 🕔Rabu 01 Februari 2023, 10:00 WIB
MONUMEN Pers Nasional (MPN) bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta menggelar sejumlah kegiatan untuk memperingati Hari Pers...
MI/Ignas Kunda

Menanti Listrik 24 Jam untuk Bangkitkan Ekonomi di Pulau Palue

👤Ignas Kunda 🕔Rabu 01 Februari 2023, 09:55 WIB
WARGA Pulau Pale, Kabupaten Sikka mengeluhkan listrik yang ada saat ini hanya mampu menerangi rumah penduduk rata-rata 4 jam sehari. Mereka...
ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

ICU RS Bandung Kiwari Kebakaran, Pasien Dievakuasi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 01 Februari 2023, 09:55 WIB
Kebakaran mulai terjadi sekitar pukul 07.00 WIB, namun hingga pukul 08.00 WIB petugas masih melakukan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya