Kamis 07 April 2022, 11:49 WIB

Perusahaan Bus Bengkulu Menjerit Harga Solar Selangit

Feri Jaya Saputra (MGN) / Narendra Wisnu Karisma (SB) | Nusantara
Perusahaan Bus Bengkulu Menjerit Harga Solar Selangit

MGN/Feri Jaya Saputra
Biaya Operasional Angkutan Mudik Lebaran di Bengkulu Naik 150%.

 

KESULITAN mendapatkan bahan bakar minyak BBM jenis solar selama sebulan ini dikeluhkan sejumlah pengusaha otobus (PO) yang ada di Bengkulu. Mereka harus mengeluarkan biaya tambahan hingga 150% untuk membeli dexlite yang adalah BBM solar nonsubsidi.

"Kami bukan sempat terganggu, tapi sangat terganggu aktivitas pelayanan kami atas kondisi kelangkaan solar subsidi ini. Mau tidak mau untuk kelancaran operasional, kami membeli dexlite, dengan resiko kenaikan biaya operasional mencapai 150% dari biasanya menggunakan solar subsidi," ungkap Salah satu Staff Marketing PO SAN Bengkulu, Fredy Febrianto dilansir Metro TV, Kamis (7/4/2022).

Perusahaan tempatnya bekerja sangat terbebani dengan kondisi ini terlebih dalam waktu dekat akan memasuki musim arus mudik Lebaran. Pasalnya, aktivitas pemberangkatan bus akan meningkat daripada hari normal.

Menurut Fredy, PO SAN  belum berani menaikkan harga tiket penumpang karena hal tersebut tidak bisa dilakukan secara sepihak. Belum lagi kenaikan tarif bisa berdampak pada menurunnya minat masyarakat menggunakan angkutan bus untuk bepergian.

Pihak otobus di Bengkulu juga meminta kebijakan jam pengisian solar pada pukul 22.00 hingga 03:00 WIB untuk segera dicabut, karena mengganggu aktivitas istirahat para sopir bus yang akan mengantar penumpang pada pagi harinya. Hingga saat ini, hampir seluruh SPBU di Provinsi Bengkulu terjadi antrean kendaraan yang ingin mengisi solar mulai terjadi sejak sore hingga malam hari.

Mereka pun mengeluhkan pembatasan pembelian bio solar bersubsidi untuk angkutan bus yakni bisa membeli 150 liter per armada. Itu serupa dengan angkutan truk batu bara, mobil CPO dan truk angkutan perkebunan lainnya

"Kami hanya bisa menunggu solusi dari pemerintah, terkait kondisi angkutan penumpang jelang arus mudik lebaran" tandas Fredy. (Ren/A-3)

Baca Juga

Ist

Dorong Pemanfaatan QRIS di Lampung, Netzme Sediakan Voting Gunakan QRIS

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:21 WIB
PT Netzme Kreasi Indonesia (Netzme) ditunjuk Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Lampung sebagai media platform voting inovatif...
DOK MI

Petugas Lapas Semarang Gagalkan Penyelundupan Pil Koplo Yang Disembunyikan Di Vagina

👤Akhmad Safuan 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:09 WIB
AKSI nekat dilakukan seorang perempuan yang berusaha menyelundupkan 396 butir pil koplo ke Lapas Kelas 1 Semarang, Jawa...
MI/M Yakub

Pemkab Lamongan Anggarkan Rp7,53 Miliar Untuk Beasiswa Pelajar dan Mahasiswa

👤M Yakub 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 19:55 WIB
PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Lamongan, Jawa Timur tahun ini menyiapkan Rp7,53 miliar yang diambil dari APBD untuk beasiswa ...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya