Rabu 23 Maret 2022, 15:11 WIB

Minyak Goreng Curah di Palembang Tembus Rp24 Ribu per Liter

Dwi Apriani | Nusantara
Minyak Goreng Curah di Palembang Tembus Rp24 Ribu per Liter

Antara
Ilustrasi pedagang di pasar menata jeriken yang berisi minyak goreng curah.

 

KENAIKAN harga minyak goreng masih menjadi persoalan di tengah masyarakat. Meski stok minyak goreng tidak lagi langka, namun harganya belum turun.

Di sejumlah pasar tradisional wilayah Palembang, harga minyak curah menembus Rp24.000 per liter. Harga minyak curah ini hampir serupa dengan minyak kemasan yang dijual di pasar modern.

"Harga minyak goreng curah sekarang Rp24.000 per liter. Untuk minyak goreng kemasan kami jual seharga Rp25.000-26.000 per liter," ujar Haryanto, pedagang sembako di Pasar KM 5 Palembang, Rabu (23/3).

Baca juga: Minyak Goreng Curah di Pasar Tradisional Klaten Langka

Meski harganya masih tinggi, Haryanto menyebut distributor sudah rutin mengirimkan minyak curah dan minyak kemasan ke pasar.

"Kelangkaan, itu tidak ada. Sekarang stoknya banyak. Tapi dengan stok sebanyak ini, pembeli tidak sebanyak seperti sebelum ada kelangkaan. Mungkin para pembeli masih berpikir panjang untuk beli minyak goreng curah," imbuhnya.

Hal senada diungkapkan Sabili, seorang pedagang sembako di Pasar 26 Ilir Palembang. Dia mengungkapkan bahwa harga minyak goreng curah hanya berbeda Rp1.000 per liter dari minyak goreng kemasan.

"Harganya beda sedikit. Konsumen lebih memilih minyak kemasan yang sekitar Rp25.000-26.000 per kilogramnya," tutur Sabili.

Baca juga: Pedagang Pasar Lembang Kekurangan Pasokan Minyak Goreng Curah

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumatra Selatan Ruzuan Effendi mengatakan bahwa pihaknya terus memantau harga bahan pokok di sejumlah pasar wilayah Palembang.

"Ada beberapa bahan pangan yang harganya melambung. Di antaranya, minyak curah. Selama beberapa hari terakhir, minyak curah di pasar tradisional dijual Rp24.000 per kilogram. Sementara minyak kemasan Rp25.000," ucap Ruzuan.

Pihaknya pun meminta masyarakat untuk bijak dalam membeli kebutuhan pokok, termasuk minyak goreng. "Gunakan secukupnya dan beli sesuai kebutuhan saja. Karena memang harga minyak goreng saat ini cukup tinggi di Palembang," pungkasnya.(OL-11)

Baca Juga

Ist

Penegakan Hukum Pengambilan Mata Air Tanpa Izin Harus Disegerakan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 16:06 WIB
Direktur Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti bahkan mengingatkan, law enforcement harus disegerakan, guna menjaga dan melindungi hak...
MI/HO

Emak-Emak Kendal Ramaikan Lomba Futsal bersama Teman Sandi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 12:23 WIB
Teman Sandi berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membangkitkan semangat warga dan tentunya dapat mengajak masyarakat lebih...
MI/HO

Gelar Hackathon di Surabaya, Sahabat Ganjar Lanjut Cari Talenta Inovatif

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 12:17 WIB
Hackathon merupakan event kompetisi teknologi yang ditujukan untuk mahasiswa/i diseluruh penjuru Indonesia dengan tujuan menggali peran...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya