Selasa 22 Maret 2022, 12:00 WIB

Bencana Hidrometeorologi Masih Mengancam Kalsel

Denny Susanto | Nusantara
Bencana Hidrometeorologi Masih Mengancam Kalsel

MI/Denny S
Sampah kayu hanyut usai diterjang banjir bandang, Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Balangan, Kalsel beberapa waktu lalu.

 

BENCANA hidrometeorologi masih mengancam Provinsi Kalimantan Selatan, seiring kondisi cuaca buruk dan kerusakan lingkungan di sebagian besar wilayah tersebut. Tercatat sepanjang 2022 terjadi 97 kali bencana yang didominasi banjir, angin kencang dan tanah longsor.

Data Pusat Pengendalian dan Operasional Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, mencatat hingga Maret 2022 telah terjadi 97 kali bencana. Bencana terjadi merata di sebagian besar wilayah dengan daerah paling banyak dilanda bencana yaitu Kabupaten Balangan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan dan Banjar.

Kepala BPBD Kalsel, Mujiyat, Selasa (22/3), dalam laporan kebencanaannya menyebut bencana hidrometeorologi berupa banjir terjadi 36 kali, tanah longsor 16 kali, angin kencang 42 kali dan karhutla 9 kali. "Bencana hidrometeorologi masih menjadi ancaman di Kalsel," tuturnya.

Bencana menyebabkan 1 orang warga tewas dan 2 orang mengalami luka. Sebanyak 11.559 jiwa warga terdampak bencana. Sedikitnya 194 rumah rusak, 68 diantaranya rusak parah dan 98 rusak sedang.

Pada bagian lain, Kepala BPBD Kabupaten Banjar, Ahmad Solhan, mengatakan bencana banjir di Kecamatan Martapura saat ini melanda tiga desa yaitu Tunggul Irang, Tunggul Irang Ulu dan Tunggul Irang Seberang. Banjir yang terjadi sejak Senin (21/3) di daerah dataran rendah tersebut disebabkan luapan Sungai Martapura, seiring tingginya curah hujan belakangan ini.

Ketinggian genangan air (calap) bekisar 30 cm hingga setengah meter. Meski aktivitas warga terganggu, namun hingga kini belum ada warga yang mengungsi dan masih tetap bertahan di rumah-rumah mereka. Sebelumnya banjir juga merendami wilayah di Desa Teluk Selong dan Teluk Selong Ulu di kecamatan yang sama.

Sementara BMKG Kalsel juga merilis peringatan dini ancaman bencana dan prediksi cuaca buruk berupa hujan deras disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah Kalsel. (OL-13)

Baca Juga: Waspadai Kemacetan di Tol Japek Arah Jakarta Sepekan Ini

Baca Juga

MI/Ardi.

Tim Sleman Temukan Belasan Rumah Makan Gunakan LPG 3 Kg

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Kamis 07 Juli 2022, 13:38 WIB
Usaha yang diperbolehkan menggunakan LPG 3 kg bersubsidi hanya berskala mikro, bukan kecil, menengah, dan...
Ist

Libatkan SMK, FIF Group Lanjutkan Penanaman 33 Ribu Pohon di Lombok

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 07 Juli 2022, 13:12 WIB
Bibit-bibit pohon yang ditanam kali ini terdiri dari bibit pohon ketapang kencana, mahoni, kayu putih, dan kepundung yang berasal dari...
dok.mi

Polda Kalsel Ringkus Komplotan Penipu Bisnis BBM

👤Denny Susanto 🕔Kamis 07 Juli 2022, 12:10 WIB
PELAKU komplotan penipuan yang mengatasnamakan PT Trikarya Wiguna sudah puluhan kali dengan sasaran korporasi akhirnya dibekuk petugas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya