Senin 21 Maret 2022, 17:05 WIB

BPBD Sumsel Minta Masyarakat Waspadai Puting Beliung

Dwi Apriani | Nusantara
BPBD Sumsel Minta Masyarakat Waspadai Puting Beliung

ANTARA
Ilustrasi

 

CUACA di Sumatera Selatan saat ini masih masuk dalam kategori ekstrem. Curah hujan yang tinggi disertai angin kencang dan juga petir masih terus berlangsung di sejumlah wilayah di Sumsel.

Tak hanya potensi banjir, bencana puting beliung juga menjadi potensi yang tidak boleh dianggap remeh. Seperti yang terjadi di Desa Pengaringan, Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu yang membuat sejumlah rumah warga rusak. Ia menegaskan, tidak ada korban jiwa dalam musibah bencana alam ini.

Kepala Desa Pengaringan Irwadi mengatakan ada lima warga rumah di Desa Pengaringan yang terdampak angin puting beliung. Tak hanya rumah warga, angin puting beliung juga memporak porandakan bangunan Puskesmas Pengaringan.

"Peristiwa puting beliung itu terjadi pada kemarin sore. Saat itu memang cuaca buruk turun hujan lebat disertai angin, tiba-tiba datang angin berputar-putar sangat kencang dari belakang bangunan UPTD Puskesmas Pengaringan. Dan kemudian juga menyerang atap rumah warga. Kami pun langsung memerintahkan semua warga yang berada didalam rumah agar berkumpul di tanah lapang," jelas Irwadi, Senin (21/3).

Sementara itu, Kabid Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel Ansori mengatakan, potensi bencana angin puting beliung bisa terjadi di seluruh wilayah di Sumsel. Apalagi diketahui geografis Sumsel sangat beragam.

"Sepanjang tahun ini, bencana angin puting beliung dan angin kencangn sudah terjadi di wilayah Sumsel. Tidak hanya terjadi di OKU, bencana serupa juga sudah terjadi di Ogan Ilir, OKI, OKU Timur dan sebagainya. Ini terjadi karena cuaca ekstrem masih melanda Sumsel," jelasnya.

Untuk itu, ia meminta kepada masyarakat di Sumsel agar mewaspadai potensi bencana tersebut. "Kami berharap agar semua masyarakat yang tinggal di Sumsel, utamanya di kawasan terbuka agar berhati-hati karena potensi cuaca buruk masih terus terjadi di Sumsel," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA/Umarul Faruq

PVMBG: Aktivitas Vulkanik Gunung Semeru Cenderung Mereda

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 05 Desember 2022, 23:57 WIB
PVMBG mengambil langkah mitigasi dengan menaikkan status Gunung Semeru dari sebelumnya Level III atau Siaga menjadi Level II atau...
dok.ist

GMC Sumsel Gelar Gerakan Milenial Cinta Lingkungan

👤Dwi Apriani 🕔Senin 05 Desember 2022, 23:10 WIB
Ganjar Milenial Center (GMC) memperkuat program gotong royong untuk konsolidasi dukungan bagi Ganjar Pranowo Presiden...
DOK.MI

Polisi Tahan WN AS Pelaku Kekerasan Seksual di Vila Canggu

👤Arnoldus Dhae 🕔Senin 05 Desember 2022, 23:00 WIB
Bule asal California, Amerika Serikat, JPA Jr, 38, diduga melakukan kekerasan seksual terhadap warga negara Filipina BJCB,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya