Kamis 17 Maret 2022, 19:44 WIB

MAN 1 Kulon Progo Siap Beri Solusi di Bidang SDM Unggul

Siswantini Suryandari | Nusantara
MAN 1 Kulon Progo Siap Beri Solusi di Bidang SDM Unggul

Dok MAN 1 Kulon Progo
MAN 1 Kulon Progo gelar acara talkshow di Komplek Tugu Malioboro Bandara Yogyakarta International Airport, Kulon Progo, DIY.

 

MADRASAH Aliyah Negeri 1 Kulon Progo (MAN 1 KP) siap berperan aktif memberikan solusi dalam penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Saat ini tantangan di bidang pendidikan adalah melahirkan SDM berkualitas dan mampu bersaing di era globalisasi. Kehadiran SDM unggul ini sudah menjadi kebutuhan.

"MAN 1 Kulon Progo siap menjadi solusi bagi persoalan di Kulon Progo terutama dalam penyediaan SDM unggul," kata Kepala MAN 1 Kulon Progo, Edi Triyanto saat menjadi nara sumber dalam acara talkshow di Komplek Tugu Malioboro Bandara Yogyakarta International Airport, Kulon Progo bersama Radio Megaswara.

Ia menambahkan dalam membentuk insan cendikia yang memiliki intelektual tinggi dan kematangan emosional, para guru mendidik murid-muridnya dengan pendekatan kearifan lokal dan mengembangkan budaya lokal.

Hasilnya, selain anak-anak memiliki kecerdasan, mereka tetap mengakar dalam budaya lokal yang menaungi. Dengan slogan CeRAH yaitu Cepat, Ramah, Aman, dan Handal, menjadi tujuan bersama madrasah tersebut melahirkan SDM yang memiliki karakter jujur, bergotong royong, ramah, sopan santun, bekerja cepat, handal dan menciptakan rasa aman.

baca juga: Ada Kecenderungan Penurunan Kreativitas Anak Sekolah

MAN 1 KP adalah lembaga pendidikan menengah berciri khas agama Islam yang mempunyai fasilitas lengkap, seperti perpustakaan, laborataorium Fisika, Kimia, Bahasa, Agama, lapangan dan peralatan olah raga lengkap, dan sebagainya.

"MAN 1 KP sebagai madrasah Aliyah plus riset dan keterampilan punya kerja sama dengan berbagai instansi negeri dan swasta untuk menempatkan, membimbing, dan melanjutkan studi para siswanya. Kerja sama tersebut dengan pondok pesantren, panti asuhan, TNI/Polri, Perguruan tinggi, dan lembaga bursa kerja.

Sementara untuk lulusan yang akan langsung bekerja, madrasah juga telah punya Bursa Kerja Khusus (BKK) kerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Kulon Progo dan sehingga lulusan MAN 1 KP telah tersebar di berbagai instansi pemerintah dan swasta," kata A. Khudori Wakil Kepala bidang humas dan kerja sama.

Sejumlah siswa MAN 1 KP ikut mengharumkan nama Kulon Progo dengan menjuarai berbagai lomba tingkat nasional, termasuk lahirnya atlet panjat tebing nasional. (RO/N-1)

 

Baca Juga

DOK Pribadi.

Tumbuhkan Gotong Royong, Tani Center IPB Gandeng PC NU Klaten

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 22:17 WIB
Tani Center IPB University, dengan berbekal kebanggaan terhadap kebinekaan bangsa serta pengetahuan tentang pertanian ekologis, berkomitmen...
MGN/ Triawati Prihatsari

Kapolda Jateng: Ledakan di Asrama Polisi Akibat Kelalaian Anggota

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 25 September 2022, 22:15 WIB
"Artinya saya pastikan bahwa ledakan di wilayah kita di daerah Sukoharjo, tidak ada unsur teror," ujar Kapolda...
Antara

Warga Evakuasi Polisi Korban Ledakan ke RS Moewardi Surakarta

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 25 September 2022, 21:45 WIB
Adapun ledakan kencang itu memakan satu korban, yakni Bripka Dirgantara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya