Senin 07 Maret 2022, 22:19 WIB

8 Pasien Covid-19 di Sulut Meninggal Belum Divaksinasi

Ant | Nusantara
8 Pasien Covid-19 di Sulut Meninggal Belum Divaksinasi

Antara
Ilustrasi

 

DINAS Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara menyebutkan 18 orang yang dilaporkan meninggal karena COVID-19 pada pekan pertama Maret 2022 belum divaksinasi.

"Jadi rata-rata yang meninggal belum divaksin ini juga diperparah dengan penyakit penyerta atau komorbid," sebut Kepala Bagian Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulut Merry Pasorong di Manado, Senin (7/3).

Sebagaimana data Satgas Penanganan COVID-19 Sulut per 6 Maret 2022, akumulasi kasus meninggal pada pekan pertama telah mencapai 31 orang, lebih banyak dibanding pekan terakhir Februari yaitu 29 orang.

Dia menjelaskan beberapa penyakit penyerta yang diidap pasien COVID-19 di antaranya gagal ginjal, hipertensi, diabetes melitus, pneumonia, hepatitis hingga anemia.

Merry menduga pasien yang belum divaksin tersebut merasa takut dan khawatir karena memiliki komorbid.

Padahal, menurut dia, sebelum mendapatkan layanan vaksinasi kondisi kesehatan diperiksa terlebih dulu untuk memastikan bisa tidaknya divaksinaai.

Apabila mendapatkan vaksinasi, lanjut dia, maka perlindungan lebih bertambah, sementara yang belum divaksin kondisinya akan diperparah ketika tertular varian baru.

"Memang ada juga yang sudah divaksin terkena COVID-19, tapi gejalanya ringan atau tanpa gejala saja," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

MI/Humas Pemkot Ternate

Berbeda dengan Kementrian Agama, Pemkot Ternate Tetapkan Salat Iduladha pada 9 Juli

👤Hijrah Ibrahim 🕔Selasa 05 Juli 2022, 10:31 WIB
"Kami memutuskan pelaksanaan Salat Iduladha jatuh pada Sabtu (9/7) karena umat muslim di Kota Ternate meyakini 10 Zulhijjah jatuh pada...
MI/John Lewar

Sandiaga Sebut Harga Tiket Masuk Pulau Komodo Rp3,7 Juta Masih Dibahas

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 05 Juli 2022, 07:56 WIB
Selain mengutamakan nilai-nilai konservasi dan keberlanjutan lingkungan, wacana itu juga mempertimbangkan beban sementara atau carrying...
MI/Lilik Darmaswan

Cuaca Buruk, Ratusan Nelayan di Aceh Barat tidak Melaut

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 05 Juli 2022, 06:00 WIB
Dampak tingginya gelombang laut juga menyebabkan nelayan tidak berani beraktivitas di laut, karena ketinggian gelombang yang mencapai empat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya