Senin 07 Maret 2022, 13:30 WIB

Pengiriman Sayur ke Luar Jawa Tersendat Akibat Cuaca

Bagus Suryo | Nusantara
Pengiriman Sayur ke Luar Jawa Tersendat Akibat Cuaca

MI/Akhmad Safuan
Angin kencang dan gelombang tinggi membuat pelayaran terganggu dan menghambat pengrimian sayur mayur dari Jawa ke Luar Jawa

 

PARA pedagang sayur mayur di Kabupaten Malang, Jawa Timur, berkonsentrasi memenuhi kebutuhan lokal karena pengiriman ke luar Jawa kerap tersendat.

"Pengiriman sayur ke Kalimantan kurang lancar karena faktor cuaca," ungkap petugas Bagian Informasi Harga Suberminal Agrobisnis (STA) Mantung, Kabupaten Malang, Syaiful Afandhi, Senin (7/3).

Ia menjelaskan para pedagang kerap mengirimkan sejumlah komoditas sayur ke Kalimantan, Ambon dan Papua sebanyak 25 ton per pekan. Namun, pedagang akhir-akhir ini mengurangi intensitas pengiriman ke luar Jawa lantaran kerap menerima informasi potensi cuaca buruk.

Muhatadi, padagang cabai di STA Mantung menyatakan pengiriman sayur ke luar Jawa menunggu berita dari otoritas pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Bila cuaca buruk, pedagang harus menunggu sampai situasinya kondusif.

"Informasi dari pelabuhan disampaikan secara mendadak," ujarnya.

Biasanya, petugas pelabuhan memberitahukan langsung ke pedagang. Pedagang lalu menyiapkan barang secara cepat untuk segera diangkut ke kapal.

Akibat terlalu seringnya cuaca buruk membuat pedagang memilih menjual sawi, kubis dan wortel di pasar lokal. "Apalagi sekarang harga cabai sedang naik, kami cenderung mengutamakan permintaan lokal dulu," tuturnya.(OL-13)

Baca Juga: Zero ODOL Kalangan Industri Minta Diundur hingga 2025, Ini Alasannya

Baca Juga

MI/Benny B

Pemkot Sukabumi Komitmen Penuhi Indikator Kota Layak Anak

👤Benny Bastiandy 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 12:06 WIB
"Kami berharap verifikasi dokumen yang sebelumnya sudah diserahkan terdiri dari 24 indikator dan 5 kluster bisa berjalan dengan...
MI/Amiruddin Abdullah Reubee

USK dan Pemkab Aceh Selatan Kerja Sama Peta Risiko Bencana

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 09:16 WIB
"Dokumen Kajian Risiko Bencana (KRB) Banjir Aceh Selatan yang akan dibuat ini sepenuhnya untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat...
MI/Seno

Penanganan Stunting Jadi Prioritas Pemprov Kalsel

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 08:41 WIB
Berdasarkan data hasil Studi Status Gizi Indonesia pada 2021, prevalensi stunting di Kalsel mencapai 33,08% atau berada pada urutan 6...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya