Rabu 23 Februari 2022, 13:40 WIB

Klaster Sekolah Muncul Lagi di Sikka, Jangan Saling Menyalahkan

Gabriel Langga | Nusantara
Klaster Sekolah Muncul Lagi di Sikka, Jangan Saling Menyalahkan

MI/Gabriel Langga
Vaksinasi covid-19 untuk lansia dan anak-anak terus digencarkan di Kabupaten Sikka, NTT.

 

AKHIR-AKHIR ini kasus Covid-19 di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur terus alami peningkatan yang cukup drastis. Virus Covid-19 pun kembali menyerang lembaga pendidikan hingga muncul klaster Sekolah.

Untuk itu, Dokter Asep Purnama yang tiap hari menangani pasien Covid-19 di ruangan  isolasi RSUD TC Hillers Maumere pun angkat bicara. Dia mengakui saat ini di Kabupaten Sikka sudah muncul klaster sekolah. Ada di Sekolah SMPK Frater dan di SDK Bhaktyarsa.

Munculnya klaster sekolah tersebut, kata dia, kita tidak perlu saling menyalahkan. Justru yang diperlukan saat ini kita harus fokus untuk mengupayakan pencegahan di masa yang akan datang.

"Bagaimana dengan sekolah-sekolah lain di Kabupaten Sikka? Apakah sudah ada yang tertular? Apakah ada yang dilakukan pemeriksaan C19 secara acak?. Jangan sampai terlambat mendeteksi?," ungkap dia.

Dia mengingatkan, kejadian tahun 2021 di sekolah seminari Bunda Segala Bangsa. Saat itu ratusan siswa yang tertular dinyatakan sembuh dan selamat semua. Lantaran itu, dia mengingatkan, agar jangan sampai terlambat mendeteksi secara dini dengan melakukan pemeriksaan secara acak.

"Sekali lagi, bukan niatnya mau menakut-nakuti. Hanya supaya lebih waspada. Kita semua harus lebih peduli, khususnya untuk anak-anak kita tercinta yang sedang melakukan sekolah tatap muka langsung," ujar Dokter Asep, Rabu (23/2).

Dia pun meminta agar kita semua jangan lengah. Yang paling penting sekarang kita tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. "Memang tidak mudah, tapi kita harus bekerja keras untuk anak-anak dan bapak dan ibu gurunya supaya terhindar dari virus Covid-19," pungkas dia.

Asep menambahkan, saat ini total kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Sikka per tanggal 22 Februari 2022 dilaporkan ada 131 pasien.

"Jika tidak dilakukan upaya serius untuk memutus rantai penularan, dikhawatirkan akan terjadi lonjakan kasus Covid-19 di hari-hari mendatang," papar dia.

Nampaknya virus Covid-19, ungkap Asep, semakin mengancam kita bersama untuk itu kita perlu lebih serius dan semangat untuk bersinergi melawan Covid-19. "Sekali lagi, ayo lakukan segala daya upaya, sekecil apapun, mulai dari diri sendiri. Di tempat kerja, di sekolah, di rumah dan dimanapun berada. Disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Lakukan 5 M, Dukung 3T, Vaksin Covid-19. Yang mana kita saling mengingatkan, saling melindungi dan saling mendoakan," pungkas Dokter Asep ini (OL-13)

Baca Juga: Klaster Nakes Muncul Di Babel

Baca Juga

MI/John Lewar.

Kapal Ladiana Tenggelam di Labuan Bajo Bawa Delapan Wisatawan

👤John Lewar 🕔Selasa 28 Juni 2022, 13:41 WIB
Kapten kapal, Ruslin, mengaku posisi kapal dalam kondisi berlabuh. Saat ia bangun pagi, kapal seluruhnya kemasukan air sehingga penumpang...
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

2.200 Dosis Vaksin PMK Disalurkan oleh Pemkab Klaten

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 13:18 WIB
Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mulai menyalurkan sebanyak 2.200 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) untuk sapi pada tahap awal...
Dok. IG @holywings

Ini Pesan Ridwan Kamil pada Bima Arya Terkait Holywings

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 12:40 WIB
Dia menjelaskan kewenangan tentang izin usaha di Provinsi Jawa Barat ada di bawah pemerintah daerah tingkat kabupaten/kota, bukan di tangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya