Kamis 17 Februari 2022, 19:14 WIB

Perlancar Investasi, Sulteng Bentuk Tim Penyelesaian Konflik Agraria

M Taufan SP Bustan | Nusantara
Perlancar Investasi, Sulteng Bentuk Tim Penyelesaian Konflik Agraria

DOK MI
Ilustrasi

 

KONFLIK agraria yang terjadi dinilai kerap menimbulkan gejolak sosial dan cenderung menimbulkan hal-hal yang menghambat pembangunan di daerah. Karena itu, Pemprov Sulawesi Tengah (Sulteng) membentuk tim khusus untuk menyelesaikan konflik agraria yang muncul.

"Penyelesaiannya tentu harus ada tim khusus dibentuk. Makanya dari hasil rapat kami akan membentuk tim penyelesaian konflik agraria," terang Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura di Palu, Kamis (17/2).

Menurut politisi NasDem itu, tim yang akan dibentuk tersbeut tentu harus terdiri dari orang-orang yang memiliki konpetensi dan kapasitas yang selama ini bergabung dalam pendampingan masyarakat. "Kita semua berharap tim tersebut nantinya dapat melihat langsung di masyarakat kalau ada kebuntuan komunikasi sehingga mereka bisa menyelesaikannya," tegas Rusdy.  

Jaminan investasi di Sulteng, lanjut mantan Wali Kota Palu dua periode itu, mesti mendapat kepastian hukum, di lain sisi gesekan di masyarakat juga tidak boleh terjadi. Rusdy menegaskan, bahwa Sulteng sangat membutuhkan investasi, sebab fiskal daerah sangat rendah. Karena itu Sulteng, membutuhkan dukungan dari investor untuk membuat loncatan dalam hal pembangunan.

"Harapan kami, PAD bisa mencapai Rp5 triliun. Saat ini hanya Rp1 triliun. Gaji ASN sudah 1,6 triliun, kita bersyukur ada dana transfer dari pusat," ungkapnya.

Rusdy menambahkan, tahun ini Sulteng sudah mengurangi angka kemiskinan 1% dan pertumbuhan pembangunan Sulteng sangat tinggi. Hal tersebut didorong dengan adanya kucuran KUR BRI Rp2,5 triliun dan investasi berjalan baik.

"Sulteng tidak boleh hanya mengandalkan APBD yang hanya bisa meningkatkan pembangunan 20%, sementara 80%nya adalah peran swasta," tandasnya. (OL-15)

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

Jalan Penghubung Desa Rusak Parah, Pemkab Muba Janji Segera Diperbaiki

👤Dwi Apriani 🕔Selasa 28 Juni 2022, 19:58 WIB
JALAN penghubung antar desa di Musi Banyuasin mengalami kerusakan parah, khususnya di Desa Rukun Rahayu dan Desa Mekar Jaya, Kec. Jirak...
dok.ist

Ganjar Didoakan Kyai dan Santri di Sumsel Jadi Presiden

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 19:39 WIB
DUKUNGAN terhadap Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo untuk menjadi presiden di 2024 terus mengalir. Kali ini datang dari Sumatra...
Antara/Raisan Al Farisi

Kopi Sumedang Mendapat Tempat di Turkiye

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 19:35 WIB
Diaspora Indonesia diharapkan  juga turut membantu meningkatkan kerjasama ekonomi bilateral RI-Turkiye melalui...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya